Comscore Tracker

5 Tujuan Permainan Bola Besar, Latih Kekuatan Fisik dan Mental!

Berlaku untuk olahraga di darat maupun di air

Jakarta, IDN Times - Salah satu jenis olahraga yang cukup populer dimainkan di seluruh dunia adalah permainan bola besar. Cabang olahraga ini dilakukan secara beregu dengan jumlah pemain yang disesuaikan dengan jenis permainan.

Sesuai namanya, permainan ini menggunakan bantuan alat berupa bola berukuran besar, tepatnya berdiameter lebih dari 50 cm. Beragam permainan bola besar yang sering dimainkan yaitu sepak bola, basket, voli, dan masih banyak lagi.

Tujuan permainan bola besar tidak hanya sebatas menjaga kebugaran jasmani. Tak sedikit yang memilih cabang olahraga ini sebagai sarana hiburan dan beragam tujuan lainnya. Lima tujuan permainan bola besar di bawah ini membuktikan cabang olahraga ini patut dimainkan secara rutin.

Baca Juga: 7 Perbedaan Bola Tangan dan Bola Basket yang Mencolok, Apa Saja?

1. Melatih fisik

5 Tujuan Permainan Bola Besar, Latih Kekuatan Fisik dan Mental!Melatih fisik sebagai tujuan permainan bola besar (pexels.com/expressivestanley)

Setiap aktivitas sejatinya berpengaruh terhadap kondisi fisik, termasuk menjalani olahraga bola besar. Tujuan permainan bola besar ini dapat berupa menjaga stamina dan memelihara daya tahan tubuh. Alhasil, kamu tidak mudah terserang penyakit.

Selain itu, permainan besar mengharuskanmu bergerak aktif, mulai dari berlari, memukul, dan melompat. Dengan melakukan latihan fisik ini, kamu juga berkesempatan melatih kekuatan otot, membakar lemak berlebih, memperbaiki postur tubuh, dan meningkatkan tinggi tubuh.

2. Melatih mental

5 Tujuan Permainan Bola Besar, Latih Kekuatan Fisik dan Mental!Melatih mental sebagai tujuan permainan bola besar (unsplash.com/chuttersnap)

Selain melatih fisik, permainan bola besar juga berfungsi sebagai sarana latihan mental. Berpartisipasi dalam permainan bola besar membantu membentuk mental dan karakter individu menjadi lebih matang. Kekuatan mental yang dimiliki pemain individu mempengaruhi performa permainan tim.

Pemain yang mudah patah semangat cenderung uring uringan saat bermain dan sulit menerima kekalahan sehingga berdampak buruk pada kerja sama tim. Sebaliknya, pemain dengan mental yang kuat tak segan menyemangati pemain setimnya. Kekuatan mental inilah yang menjadi penentu faktor kesuksesan tim.

3. Melatih kerja sama

5 Tujuan Permainan Bola Besar, Latih Kekuatan Fisik dan Mental!Melatih kerjasama sebagai tujuan permainan bola besar (pexels.com/olly)

Seperti yang diketahui, permainan bola besar dimainkan dalam tim sehingga kerja sama antar pemain menjadi faktor penentu kesuksesan tim dalam mengalahkan tim lawan dan memenangkan permainan. Tujuan permainan bola besar ini juga berkaitan dengan kekuatan mental dan karakter setiap pemain.

Saat bermain bola besar, tentunya kamu membutuhkan bantuan pemain lain untuk mengoper bola dan mencetak angka. Dengan bekerja sama, performa tim menjadi semakin kuat dan nuansa kebersamaan menjadi lebih kental. Alhasil, pemain pun menjadi akrab baik di dalam maupun di luar lapangan.

Baca Juga: 5 Merk Bola Basket yang Bagus dengan Daya Pantul Apik

4. Melatih konsentrasi

5 Tujuan Permainan Bola Besar, Latih Kekuatan Fisik dan Mental!Melatih konsentrasi sebagai tujuan permainan bola besar (pexels.com/jim-de-ramos-395808)

Saat mengikuti permainan bola besar, setiap pemain dituntut untuk fokus pada jalannya permainan. Tujuan permainan bola besar ini mempengaruhi performa tim dalam menjuarai cabang olahraga ini.

Dengan konsentrasi yang terlatih, kamu mampu memberikan pertahanan dan penyerangan di saat yang tepat tanpa harus diberi petunjuk. Ketepatan berpikir pun meningkat sehingga kamu cepat dalam mengambil keputusan. Tak cuma itu, koordinasi antar anggota tubuh dapat diatur dengan stabil.

5. Melatih kedisiplinan

5 Tujuan Permainan Bola Besar, Latih Kekuatan Fisik dan Mental!Melatih kedisiplinan sebagai tujuan permainan bola besar (pexels.com/case-originals)

Tujuan permainan bola besar selanjutnya adalah melatih kedisiplinan. Pemain yang disiplin mampu mengenali perannya masing-masing dalam tim. Kedisiplinan juga mendidik pemain untuk menghargai waktu dan tidak menyiakan waktu untuk melakukan hal yang tidak seharusnya, misalnya datang terlambat saat latihan.

Itulah lima tujuan permainan bola besar yang perlu kamu ketahui. Tujuan ini tidak hanya berpengaruh pada kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental.

Baca Juga: 5 Merk Bola Voli Terbaik, Hasilkan Operan Tepat Sasaran!

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya