Yuk, Kenali 5 Posisi Pemain di Basket

Setiap posisi punya peran masing-masing

Jakarta, IDN Times - Sama seperti sepak bola, basket memiliki pembagian posisi untuk setiap pemainnya. Mereka memiliki tugas tersendiri dalam sebuah pertandingan dengan peran yang bervariasi.

Ada posisi yang berperan buat bertahan, sementara beberapa merupakan penyerang. Berikut ini posisi-posisi serta tugas pemain bola basket selama permainan yang bisa kamu ketahui seperti dirangkum IDN Times.

1. Center

Yuk, Kenali 5 Posisi Pemain di Baskettwitter.com/mrrightten

Para pemain yang berpostur tinggi biasanya menempati posisi ini. Posisi ini banyak bergerak di dalam kotak dan menuntut untuk sering berkontak fisik.

Center biasanya menerima bola dan menembak dari jarak dekat dengan keranjang. Mereka juga berfungsi sebagai garis pertahanan terakhir yang memblok tembakan lawan dan melakukan rebound.

Baca Juga: Langkah Kecil Berdampak Besar di NBA 2021/22

2. Point Guard

Yuk, Kenali 5 Posisi Pemain di BasketMike Tobey (kiri) melakukan 11 rebound untuk membawa Slovenia mengalahkan Jepang. (fiba.basketball).

Posisi ini dikenal sebagai yang pertama dalam permainan basket. Biasanya posisi ini ditempati oleh pemain dengan postur tubuh paling pendek di dalam tim. Posisi point guard ditempati oleh pemain yang memiliki kemampuan menggiring bola dan mengumpan dengan cermat.

Tugas yang paling utama dari posisi ini adalah mengatur serangan dengan mengontrol bola serta memberikan umpan kepada pemain lain pada saat yang tepat untuk mencetak poin. Dalam situasi bertahan, posisi ini bertugas sebagai lapisan pertama pertahanan. Selain itu point guard memiliki tugas untuk mencuri bola dari lawan.

3. Shooting Guard

Yuk, Kenali 5 Posisi Pemain di BasketPexels/Pixabay

Posisi selanjutnya dikenal dengan lini kedua dalam bola basket. Posisi ini diisi oleh pemain dengan kemampuan menembak mumpuni. Biasanya pemain dalam posisi ini bisa menembak dengan baik dari garis perimeter.

Postur shooting guard juga sebisa mungkin lebih tinggi dari point guard. Selain itu posisi ini harus dimiliki oleh pemain yang memiliki kreativitas dan kemampuan menembak yang baik dari berbagai posisi.

4. Small Forward

Yuk, Kenali 5 Posisi Pemain di Basketgoogle.co.id

Posisi ini diisi oleh pemain serbabisa dan sangat atletis. Selain itu posisi small forward diisi oleh pemain yang agresif dalam menyerang pertahanan dengan melakukan manuver dan lincah. Pemain ini juga harus memiliki tembakan tiga poin yang baik.

5. Power Forward

Yuk, Kenali 5 Posisi Pemain di BasketAndre Ingram (ocregister.com)

Posisi selanjutnya adalah pemain yang memiliki postur tinggi dan fisik yang kuat. Salah satu tugas utama power forward adalah menangkap bola yang memantul dari ring baik dalam keadaan bertahan maupun menyerang. Pemain ini juga banyak bergerak di bawah ring untuk menembak dari jarak dekat atau memaksa lawan membuat pelanggaran.

Baca Juga: Waspada, Ketahui Jenis Pelanggaran dalam Basket

Topik:

  • Bella Manoban
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya