Medali Perdana Indonesia di SEA Games dari Cabor Tradisional Kamboja

Kun Bokator sumbang empat medali!

Jakarta, IDN Times - Indonesia sukses meraih medali perdananya di SEA Games 2023 Kamboja, Kamis (4/5/2023). Medali itu disumbangkan Alfadila Ramadhan, lewat cabang olahraga (cabor) Kun Bokator.

Alfadila tampil gemilang di nomor tunggal putra Bokator Spirit. Atlet 22 tahun itu sukses meraih perak, saat tampil di Hall C Chroy Changvar Convetion Center, Kamboja, Kamis (4/5/2023).

1. Kalah tipis dari tuan rumah

Medali Perdana Indonesia di SEA Games dari Cabor Tradisional KambojaSEA Games 2023 Kamboja (Instagram.com/cambodia_2023)

Medali perak dikalungkan Alfadila usai membukukan 7,67 poin. Sialnya, dia hanya kalah tipis dari atlet tuan rumah, Pichmorakoth Punleu yang memperoleh 8 poin. Sementara, medali perunggu direbut alet Myanmar, Hlaing Chit Oo.

Alfadila mengaku senang, meskipun ada sedikit rasa kecewa. Sebab, dirinya dibebankan target medali emas. Dia berjanji akan berlatih lebih keras, untuk mengharumkan nama Kun Bokator Indonesia di event lain.

"Alhamdulillah bisa dapat perak meskipun targetnya emas dan bersyukur semoga next event bokator bisa raih emas yang banyak," kata Alfadila dalam keterangan resmi NOC Indonesia.

Baca Juga: Total 579 Medali Bakal Diperebutkan di SEA Games 2023

2. Kun Bokator, cabor bela diri tradisional Kamboja

Medali Perdana Indonesia di SEA Games dari Cabor Tradisional KambojaSEA Games 2023. (Instagram/@Cambodia_2023).

Wajar Alfadila kalah dari atlet tuan rumah. Sebab, Kun Bokator merupakan cabor bela diri tradisional yang berasal dari Kamboja.

Melansir The Straits Times, Kun Bokator sudah lahir jauh sebelum Kekaisaran Khmer berkuasa. Seni bela diri ini mengombinasikan teknik sikutan, tendangan dan kuncian. Tak jauh beda dengan Muay Thai, yang sudah tak asing di telinga. 

3. Kun Bokator sumbang total lima medali!

Setelah itu, Kun Bakator juga menyumbang tiga medali perunggu. Medali itu hadir lewat nomor tunggal putra bamboo Shiled form (Gema Nur Arifin), tunggal putri bamboo shield form (Delsya Anggraini), tunggal putra bare hand form (Dzaky Fadlurahman), tunggal putri bare hand form (Dwi Djayanti), serta tunggal putri spirit form (Riana Oktavia). 

Penampilan gemilang Alfadila, Gema, Delsya, Dzaky, Dwi dan Riana disaksikan langsung Presiden NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari.

Baca Juga: Pemprov DKI Guyur Bonus ke 123 Atlet SEA Games Vietnam

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya