Resep Timnas Basket Putri Cetak Sejarah di Asia

Basket putri promosi ke Divisi A Asia

Jakarta, IDN Times - Timnas Basket Putri Indonesia berhasil promosi ke Divisi A usai menjadi kampiun Piala Asia FIBA Putri 2023 Divisi B, akhir pekan kemarin. Hasil itu membuat Srikandi Indonesia mencetak sejarah di Asia.

Manajer tim, Christopher Tanuwidjaja mengungkapkan sejumlah faktor keberhasilan dari Kimberley Pierre-Louis dkk. Mereka promosi ke berkat soliditas tim yang kuat.

"Chemistry tim jadi salah satu kunci suksesnya. Tim kami memang saat ini lagi di posisi yang solid," kata Christopher dalam jumpa pers.

1. Pemain dan pelatih sudah padu

Resep Timnas Basket Putri Cetak Sejarah di AsiaTimnas basket putri Indonesia dapat promosi ke divisi A Asia (instagram.com/fibaasiacupwomen)

Manajer yang karib disapa Itop itu merasa suasana ruang ganti begitu harmonis. Tidak ada kesenjangan antara pemain dan pelatih. Suasana ini yang membuat Srikandi Indonesia tampil spartan di Piala Asia FIBA Putri 2023 Divisi B.

"Bekerja dalam tim itu gak gampang. Saya bersyukur saat ini dari atas sampai bawah dalam kondisi solid. Saling dukung satu sama lain. Terkadang ada situasi pemainnya sudah solid, tapi pelatihnya enggak, begitu juga sebaliknya," ujar Itop.

Baca Juga: Agustin Cerita Perjuangan Timnas Basket Putri hingga Bisa Ukir Sejarah

2. Berkat TC jangka panjang

Resep Timnas Basket Putri Cetak Sejarah di AsiaKonferensi pers Perbasi, Senin (21/8/2023). (IDN Times/Tino).

Itop juga bersyukur Perbasi meneruskan pemusatan latihan (TC) jangka panjang di tengah kompetisi basket putri yang mati suri. Cara ini ampuh dalam menyiasati hal tersebut.

"Ini juga berhubungan dengan adanya persiapan TC jangka panjnag. Jadi hasilnya bisa maksimal," ujar Itop.

3. Dua kali cetak sejarah dalam setahun

Resep Timnas Basket Putri Cetak Sejarah di AsiaTimnas basket putri Indonesia dapat promosi ke divisi A Asia (instagram.com/fibaasiacupwomen)

Indonesia menjadi juara setelah mengalahkan Iran di partai final. Srikandi Indonesia menang secara dramatis, lewat skor 55-54 di Nimibutr Stadium, Thailand pada Sabtu (19/8/2023) malam.

Ini menjadi kedua kalinya Basket Putri mencatat sejarah baru. Sebelumnya, mereka meraih medali emas SEA Games 2023 untuk pertama kalinya.

Baca Juga: Timnas Basket Putri Cetak Sejarah, Tembus Divisi A Asia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya