NBA Finals MVP 5 Musim Terakhir, Nikola Jokic Jadi yang Paling Baru!

Dipenuhi oleh para pemain berstatus bintang. Layak!

Finals Most Valuable Player merupakan penghargaan individu yang diberikan kepada pemain yang mampu tampil spektakuler sepanjang partai puncak NBA. Gelar ini pertama kali diadakan tahun 1969. Pada 2022/2023, Nikola Jokic menjadi bintang yang berhasil membawa pulang trofi bergengsi tersebut.

Nikola Jokic menunjukkan performa yang solid bersama Denver Nuggets dan sukses meraih juara pada NBA 2023. Dirinya mampu tampil mendominasi pada partai puncak tersebut. Termasuk Jokic, siapa saja pemain peraih NBA Finals Most Valuable Player dalam 5 musim terakhir? Berikut ini ulasannya!

1. Nikola Jokic (2023)

https://www.youtube.com/embed/d-HPQP9Itb8

Nikola Jokic menjadi tumpuan permainan dari Denver Nuggets dalam beberapa musim terakhir. Meski berposisi sebagai center, dirinya kerap menunjukkan performa layaknya seorang guard dalam tim. Pebasket 28 tahun ini pandai mengatur tempo karena memiliki visi permainan yang luar biasa.

Pada 2022/2023, pebasket berjuluk Joker ini sukses membawa Denver Nuggets untuk pertama kali dalam sejarah meraih gelar setelah mengalahkan Miami Heat pada partai final dengan agregat 4-1. Jokic mampu membuat rata-rata yang solid dengan 30,2 poin, 14, rebound, dan 1,4 steal dalam 5 pertandingan. Catatan cemerlang ini mengantarkannya meraih NBA Finals MVP 2023.

2. Stephen Curry (2022)

NBA Finals MVP 5 Musim Terakhir, Nikola Jokic Jadi yang Paling Baru!Stephen Curry dan Dell Curry (instagram.com/stephencurry30

Stephen Curry merupakan salah satu pemain terbaik yang masih aktif tampil di NBA. Dirinya telah bermain membela Golden State Warrirors sejak 2009. Pebasket yang berposisi point guard ini sukses bertransformasi menjadi kunci permainan paling penting untuk tim asal California tersebut.

Pada 2021/2022, pebasket berjuluk Chef Curry ini masih menunjukkan kontribusi penting terhadap performa Warriors. Dirinya membawa timnya tersebut mengalahkan Boston Celtics pada laga final dengan agregat 4-2. Pemain kelahiran Akron ini mencetak rata-rata 31,2 poin, 6 rebound, dan 5 assist dalam 6 pertandingan. Ini berhasil mengantarkannya untuk pertama kali meraih NBA Finals MVP.

Baca Juga: Penantian 56 Tahun Tuntas, Denver Nuggets Juara NBA 2023

3. Giannis Antetokounmpo (2021)

https://www.youtube.com/embed/rEx5sJEPDto

Giannis Antetokounmpo merupakan pebasket yang bisa berposisi sebagai small forward dan power forward dalam tim. Dirinya menjelma menjadi pemain yang paling berpengaruh terhadap performa Milwaukee Bucks. Dia memiliki kemampuan bertahan dan menyerang yang sama baiknya.

Musim 2020/2021, pebasket berjuluk Greek Freak ini makin menunjukkan kematangan dalam permainan sehingga sukses mengantar Bucks mengalahkan Phoenix Suns pada laga final dengan agregat 4-2. Giannis mencetak rata-rata yang luar biasa dengan 35 poin, 13,2 rebound, dan 5 assist dalam 6 pertandingan. Performa menakjubkan tersebut menjadikannya untuk pertama kali NBA Finals MVP 2021.

4. LeBron James (2020)

NBA Finals MVP 5 Musim Terakhir, Nikola Jokic Jadi yang Paling Baru!LeBron James (instagram.com/kingjames)

LeBron James adalah salah satu pebasket terhebat yang masih tampil di NBA. Meski sudah tidak muda lagi, pemain berjuluk King James ini masih menjadi tumpuan permainan dari Los Angeles Lakers. Dirinya memiliki kemampuan bertahan dan menyerang yang sama-sama baik.

Musim 2019/2020. LeBron James masih memberikan kontribusi luar biasa terhadap Lakers sehingga bisa melaju ke partai final dan mengalahkan Miami Heat dengan agregat 4-2. Pebasket yang bisa tampil di berbagai posisi ini mampu mengukir rata-rata hebat dengan 29,8 poin, 11,8 rebound, dan 8,5 assist dalam 6 pertandingan. Berkat permainan yang solid tersebut dia dianugerahi gelar NBA Finals MVP untuk yang keempat kali dalam karier profesionalnya.

5. Kawhi Leonard (2019)

https://www.youtube.com/embed/SndivsTI00E

Musim 2018/2019, Kawhi Leonard ditukar dari San Antonio Spurs menuju Toronto Raptors. Kedatangannya membawa harapan yang besar untuk performa tim asal Kanada tersebut di NBA. Benar saja, pebasket berjuluk The Claw ini mampu menjadi tumpuan permainan tim.

Kawhi Leonard bahkan sukses membawa Toronto Raptors untuk pertama kali dalam sejarah masuk ke partai final dan menghentikan dominasi Golden State Warriors dengan agregat 4-2. Small forward ini mampu menjadi faktor pembeda dengan membuat rata-rata luar biasa 28,5 poin, 9,8 rebound, dan 4,2 assist dalam 6 pertandingan. Berkat performa luar biasa tersebut dia berhasil menyabet gelar NBA Finals MVP untuk kedua kalinya.

Kelima pemain di atas berhasil menyabet gelar NBA Finals MVP. Mereka semua sukses mengemban peran masing-masing sehingga bisa berkontribusi terhadap performa tim saat partai puncak NBA. Menurut kalian, siapa lagi yang akan menyusul pencapaian gemilang tersebut?

Baca Juga: Perjalanan Denver Nuggets di Final Wilayah NBA 2023

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya