Mercedes Tampil Buruk di GP Brasil, Toto Wolff: Musim Terburuk Kami

Jadi performa terburuk Mercedes sejak 2011

Mercedes bisa dibilang tampil buruk di Formula 1 GP Brasil yang diadakan di Sirkuit Interlagos pada Senin (6/11/2023) dini hari tadi WIB. Lewis Hamilton hanya finis di urutan kedelapan setelah mengalami degradasi ban yang parah, yang membuat kecepatan mobilnya menurun drastis. Sementara, George Russell tidak dapat menyelesaikan balapan akibat masalah temperatur pada mobil.

Bos Mercedes, Toto Wolff, menyebut performa timnya di Sao Paulo sebagai penampilan terburuk Silver Arrows selama 2023. Saking kesalnya, ia bahkan menganggap timnya tampil hanya menggunakan 3 roda, bukan 4 roda. Penampilan Mercedes pada musim ini menjadi yang terburuk dalam 13 tahun terakhir di F1.

1. Toto Wolff dibuat gregetan dengan performa Mercedes di GP Brasil

Mercedes Tampil Buruk di GP Brasil, Toto Wolff: Musim Terburuk KamiToto Wolff (formula1.com)

Mercedes berharap bahwa GP Brasil mampu melanjutkan momentum yang telah mereka raih belakangan ini, tetapi kenyataan berkata lain. Performa mobil W14 bisa dibilang sangat payah, bahkan bisa dibilang balapan GP Brasil menjadi yang terburuk selama 2023. Setelah menyaksikan mobilnya gagal memberikan hasil terbaik di GP Brasil, Toto Wolff pun tidak bisa menyembunyikan kekecewaannya saat sesi wawancara.

"Performa yang tidak bisa diterima. Bahkan, tidak ada kata-kata untuk itu. Mobil itu finis kedua minggu lalu dan minggu sebelumnya, dan apa pun yang kami lakukan kepadanya (mobil Mercedes) itu amatlah buruk. Lewis (Hamilton) mampu bertahan di luar sana, tetapi George (Russell), saya hanya bisa merasakan apa yang dirasakan oleh mereka yang mengendarai mobil yang menyedihkan," ungkap Toto Wolff dilansir Sky Sports setelah balapan GP Brasil.

Baca Juga: Toto Wolff Nilai Red Bull Bisa Sapu Bersih Kemenangan di F1 2023

2. Lewis Hamilton dan George Russell juga kecewa dengan performa mereka di GP Brasil

Mercedes Tampil Buruk di GP Brasil, Toto Wolff: Musim Terburuk KamiToto Wolff (tengah) bersama dua pembalap Mercedes Lewis Hamilton (kiri) dan George Russell (kanan). (twitter.com/MercedesAMGF1)

Mercedes menjalani balapan dengan hasil yang tak memuaskan di Sirkuit Interlagos, dengan Lewis Hamilton finis di urutan kedelapan dan George Russell tidak mampu menyelesaikan balapan. Hamilton mengungkapkan bahwa kondisi mobilnya tidak bisa diprediksi dan tidak konsisten pada tiap lap. Dirinya juga mengeluhkan mobilnya yang makin melambat pada akhir balapan karena degradasi ban yang parah, sehingga harus disalip Lance Stroll, Carlos Sainz, dan Pierre Gasly.

Sementara, Russell sempat mampu merangkak ke lima besar dan membuntuti Hamilton pada awal-awal balapan. Namun, ia mulai melambat pada pertengahan balapan karena mengalami masalah pendinginan pada power unit  yang tidak mampu dikendalikan sebelum akhirnya masuk pit lane dan mengakhiri balapan pada lap ke-59. Pembalap berusia 25 tahun itu juga merasa kecewa dengan performa mobilnya dan menganggap mobil paling lambat pada 2023.

3. Performa Mercedes di Formula 1 2023 menjadi yang terburuk sejak 13 tahun terakhir

Mercedes Tampil Buruk di GP Brasil, Toto Wolff: Musim Terburuk KamiNico Rosberg (kiri) bersama Michael Schumacher (kanan) saat membalap bersama Mercedes. (formula1.com)

Kekesalan Toto Wolff juga disampaikan dengan sarkas dengan mengibaratkan performa mobil W14 seperti mobil dengan 3 roda, bukan 4 roda. Ia menambahkan bahwa performa Mercedes di Formula 1 2023 menjadi yang terburuk sejak 2010, di mana tahun tersebut menandai musim pertama sekaligus kembalinya mereka ke Formula 1.

Mercedes sendiri melakukan comeback sebagai tim F1 pada 2010 setelah terakhir tampil pada 1955. Pada musim tersebut, slot pembalap Mercedes diisi dua pembalap asal Jerman, yaitu juara dunia tujuh kali Michael Schumacher dan Nico Rosberg. Menjalani musim 2010 dan 2011 tanpa satu pun kemenangan, mereka akhirnya meraih kemenangan saat Rosberg berhasil finis pertama di GP China 2012.

Jika Mercedes gagal memenangi satu pun balapan pada 2023, ini akan menjadi musim terburuk mereka sejak 2011. Di sisa dua balapan, yaitu di GP Las Vegas dan GP Abu Dhabi, mampukah mereka bangkit dan meraih kemenangan? Patut kita nantikan kejutan dari Silver Arrows pada sisa musim 2023 ini!

Baca Juga: Toto Wolff Sebut Mick Schumacher Layak Tampil di Formula 1

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya