Mobil F1 Lewis Hamilton Terjual Lebih dari 18 Juta Dolar AS

Mobil kemenangan pertama bersama Mercedes

Formula 1 2023 seri GP Las Vegas telah bergulir. Sempat dikritik berbagai kalangan, tak terkecuali para pembalap, GP Las Vegas ternyata menyajikan balapan yang seru. Max Verstappen keluar sebagai juara, diikuti Charles Leclerc yang meraih posisi kedua secara dramatis, dan Sergio Perez di posisi ketiga. 

Selain keseruan balapan yang tersaji di GP Las Vegas, lelang mobil F1 Mercedes W04 di Las Vegas pada Jumat (17/11/2023) lalu juga menjadi perhatian publik. Mobil W04 merupakan mobil yang ditunggangi Lewis Hamilton saat meraih kemenangan pertamanya di F1 bersama Mercedes pada 2013. Mobil tersebut berhasil terjual dengan harga 18,8 juta dolar AS atau setara Rp290,1 miliar.

1. Mobil W04 menandai awal kesuksesan Lewis Hamilton bersama Mercedes

Mobil F1 Lewis Hamilton Terjual Lebih dari 18 Juta Dolar ASMercedes W04 untuk musim balap 2013. (mercedesamgf1.com)

Pelelangan mobil Formula 1 yang dikendarai Lewis Hamilton pada 2013 diadakan oleh perusahaan lelang RM Sotheby's di Wynn Las Vegas pada Jumat (17/11/2023) waktu setempat. Mobil tersebut terjual seharga 17 juta dolar AS (Rp262 miliar) dan belum termasuk premi 10 persen. Jika ditotal, maka harga mobil Mercedes W04 ini seharga 18,8 juta dolar AS (Rp290,1 miliar).

Harga tersebut melebihi estimasi harga jual yang awalnya di kisaran 15 juta dolar AS (Rp231,8 miliar). Pemenang lelang tersebut tidak diungkapkan secara terbuka, tetapi diperkirakan merupakan seorang kolektor pribadi yang berasal dari Amerika Serikat. Mobil tersebut merupakan salah satu mobil F1 paling ikonis dalam sejarah, karena menandai awal kemitraan sukses antara Hamilton dan Mercedes.

Mobil W04 merupakan mobil pertama yang berhasil mengantarkan Hamilton meraih kemenangan pertamanya di GP Hungaria pada 2013. Mobil yang dikendarai pembalap berusia 38 tahun ini mengaspal selama 14 kali dari 19 balapan musim 2013. Meski hanya finis di urutan keempat klasemen konstruktor, mobil ini menjadi salah satu cerita perjalanan karier gemilang Lewis Hamilton meraih enam gelar juara dunia bersama Mercedes.

Baca Juga: Lewis Hamilton Kritik GP Las Vegas Imbas Keluhan dari Warga Lokal

2. Pelelangan ini juga menjadi ajang berburu bagi penggemar F1 dan pencinta mobil mewah

Mobil F1 Lewis Hamilton Terjual Lebih dari 18 Juta Dolar ASMichael Schumacher (formula1.com)

Tidak hanya menjual mobil F1 Lewis Hamilton bersama Mercedes, lelang tersebut juga menawarkan banyak barang mewah dan bersejarah. RM Sotherby's melelang baju balap Michael Schumacher saat bersama Ferrari, yang terjual seharga 102 ribu dolar AS (Rp1,5 miliar). Mereka juga menjual replika Lando Norris yang dilelang seharga 10.800 dolar AS (Rp166,8 juta). 

RM Sotherby's melelang Lamborghini Countach 5000 S 1984 milik Ralph Lauren, pengusaha terkenal asal Amerika Serikat, seharga 830 ribu dolar AS (Rp12,8 miliar). Ini juga menjadi ajang para kolektor yang memburu mobil-mobil lain, seperti Mercedes-Benz CLK DTM AMG Coupe 2005 dan Ferrari 812 Competizione 2022. Beberapa hasil dari lelang tersebut rencananya akan disumbangkan kepada St Jude Children's Research Hospital, salah satu rumah sakit dan lembaga riset kanker anak terkemuka di dunia.

3. Rekor lelang mobil balap F1 termahal di dunia dipegang Mercedes

Mobil F1 Lewis Hamilton Terjual Lebih dari 18 Juta Dolar ASMercedes W196 (redbull.com)

Meski mobil Mercedes W04 terjual sangat mahal dan melebihi estimasi, mobil tersebut bukanlah mobil Formula 1 termahal yang pernah dilelang. Dilansir Sports Illustrated, Mercedes W196 menjadi mobil F1 paling mahal yang pernah dijual. Mobil tersebut terjual seharga 29,6 juta dolar AS (Rp457,5 miliar) pada 2013.

Mercedes W196 merupakan mobil legendaris yang ditunggangi Juan Manuel Fangio, pemegang juara dunia F1 sebanyak lima kali. Bersama pabrikan asal Jerman itu, ia meraih gelar juara dunia pembalap dan konstruktor pada 1954 dan 1955. Mobil ini memiliki desain yang aerodinamis dan didukung mesin V8 yang bertenaga. Penjualan mobil Mercedes W196 merupakan bukti bahwa mobil-mobil F1 yang bersejarah masih memiliki nilai jual yang tinggi.

Pelelangan ini menjadi bukti Formula 1 masih menjadi olahraga populer dan menarik bagi para penggemarnya. Bahkan, mobil-mobil F1 yang telah lama tidak digunakan masih memiliki nilai jual yang tinggi.

Baca Juga: Lewis Hamilton Pesimis Mercedes Bisa Menang dengan Mobil W14

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya