Mengenal Pista di Fiorano, Sirkuit Uji Privat Ferrari

#ANGPOIN Dianggap sebagai "taman bermain" Ferrari, nih!

Ferrari adalah nama yang beken di dunia otomotif. Bagaimana tidak? Ferrari merupakan perusahaan di balik berbagai mobil sport mewah populer, misalnya Ferrari 488 Spider, 458 Speciale, LaFerrari, California T, dan masih banyak lagi. Perusahaan yang bermarkas di Maranello, Italia, ini menampung 4.919 karyawan yang dipimpin oleh Benedetto Vigna.

Dalam menguji mobil racikan mereka, Ferrari mengandalkan sebuah sirkuit privat bernama Pista di Fiorano, yang juga dikenal sebagai Arena Balap Fiorano. Sirkuit ini adalah aset yang sangat vital bagi Ferrari. Berbagai jenis mobil, baik untuk keperluan balapan ataupun penggunaan umum, telah diuji di lintasan balap ini.

Baca Juga: Bos Mercedes dan Ferrari Ditegur FIA Imbas Komentar Kasar kepada Media

1. Perintah didirikannya Sirkuit Fiorano berasal dari pendiri Ferrari

Mengenal Pista di Fiorano, Sirkuit Uji Privat FerrariSirkuit Fiorano (commons.wikimedia.org/Arnaud 25)

Sirkuit Fiorano dibangun di Fiorano Modenese, Italia, pada 1971 atas permintaan Enzo Ferrari, tokoh utama di balik keberadaan Ferrari. Sirkuit sepanjang nyaris 3 kilometer ini dibangun di atas sebidang tanah milik Ferrari yang berada hampir bersebelahan dengan pabrik perusahaan ini di Maranello. Sirkuit dengan lebar lintasan maksimal 8,4 meter ini dibuka pada 8 April 1972.

Enzo Ferrari biasanya mengandalkan Sirkuit Modena untuk menguji mobil racikannya sepanjang era 1960-an. Akan tetapi, Sirkuit Modena menerapkan peraturan ekstensif yang menghalangi aktivitas pengujian Ferrari di sirkuit ini. Oleh karena itu, Enzo memutuskan membangun sirkuit pengujiannya sendiri.

Tata letak Sirkuit Fiorano didasarkan pada beberapa tikungan Formula 1 yang paling terkenal saat itu. Sebut saja tikungan Tarzan di Sirkuit Zandvoort, lompatan Brunnchen di Sirkuit Nuerburgring, dan tikungan Gasometer di Sirkuit Monako. Hingga artikel ini ditulis, sirkuit dengan pintu masuk di Via Gilles Villeneuve ini telah mengalami berbagai perubahan, salah satunya disebabkan masukan Michael Schumacher, pembalap Scuderia Ferrari tersukses saat ini.

Sirkuit Fiorano adalah fasilitas di mana beragam kendaraan Ferrari diuji dan dikalibrasi. Selain itu, sirkuit ini juga dimanfaatkan untuk pelatihan pembalap, mekanik, dan tim olahraga. Sesuai peruntukannya, Sirkuit Fiorano tertutup untuk umum. Sirkuit ini hanya dapat diakses masyarakat umum melalui program khusus, seperti layanan antarjemput dengan tur yang dikelola Museum Ferrari Maranello.

2. Catatan waktu tercepat di Sirkuit Fiorano dipegang Michael Schumacher

Mengenal Pista di Fiorano, Sirkuit Uji Privat FerrariAntonio Giovinazzi di Sirkuit Fiorano (twitter.com/pirrelisport)

Dilansir ROSSOautomobili, catatan waktu tercepat di Sirkuit Fiorano ditorehkan Michael Schumacher pada 2004 di balik kemudi Ferrari F2004. Di sirkuit privat ini, Schumacher dengan piawainya mencetak waktu tidak lebih dari 56 detik. Posisi kedua pada daftar ini dipegang oleh Ferrari F2003-GA yang berhasil melumat Sirkuit Fiorano dalam waktu 56 sepersekian detik.

Di luar Formula 1, mobil balap dengan catatan waktu tercepat di Sirkuit Fiorano adalah Maserati MC12 Competizione yang dikemudikan Andrea Bartolini, di mana ia finis dalam waktu 1 menit 11 sepersekian detik. Sementara itu, mobil jalan raya tercepat di sirkuit yang pada awalnya genap sepanjang tiga kilometer ini adalah Ferrari SF90 Stradale. Catatan waktunya sanggup mencapai 1 menit 19 detik.

Meskipun Ferrari adalah produsen mobil yang sangat dipuja-puja di Italia, perusahaan ini tetap tak dapat luput dari potensi masalah. Mereka dilarang berisik di sirkuit mereka sendiri. Pernah suatu ketika, seorang pengunjung yang sedang mengendarai Ferrari 488 di Sirkuit Fiorano diminta untuk tidak terlalu cepat agar terhindar dari masalah dengan penduduk setempat dan pihak berwenang.

Baca Juga: 6 Pembalap Ferrari yang Pernah Menjuarai Formula 1 GP Amerika Serikat

3. Rumah lama Enzo Ferrari berada di dalam Sirkuit Fiorano

https://www.youtube.com/embed/ac8o3yRoFIo

Di dalam area lintasan dari Sirkuit Fiorano, berdiri rumah bekas keperluan pertanian dengan tembok berwarna putih. Rumah ini adalah tempat tinggal lama mendiang Enzo Ferrari yang meninggal dunia pada 14 Agustus 1988 lalu. Dikabarkan, dirinya sering duduk di rumahnya, atau bahkan di Sirkuit Fiorano, untuk menonton dan mendengarkan raungan mobil yang melaju di sirkuit ini.

Banyak pembalap yang mengungkapkan kecintaan mereka terhadap Sirkuit Fiorano, mulai dari pembalap-pembalap era klasik, seperti Niki Lauda dan Gilles Villeneuve, hingga pembalap-pembalap era modern, seperti Carlos Sainz dan Sebastian Vettel. Sirkuit ikonik Ferrari ini telah muncul pada macam-macam gim, termasuk Project CARS 2, rFactor, dan F1 Challenge 99-02.

Sebagai sebuah perusahaan raksasa, Ferrari pada dasarnya memiliki beragam aset untuk memaksimalkan kinerja mereka. Ketentuan yang sama turut berlaku kepada tim Formula 1 perusahaan ini. Akan tetapi, sampai artikel ini ditulis, 2008 adalah terakhir kalinya Scuderia Ferrari mendominasi Formula 1.

Baca Juga: 3 Pembalap Ferrari yang Pernah Menjuarai Formula 1 GP Jepang

Written by IRIZU Photo Verified Writer Written by IRIZU

Selamat datang di Written by IRIZU, sebuah bisnis individual yang bercerita tentang apa pun dari sudut pandang data yang dikoleksi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya