Fantasy Premier League: Cara Bermain, Sistem Poin, dan Istilahnya

Pemula wajib tahu

Pencinta sepak bola Inggris tentu sudah tidak asing dengan game Fantasy Premier League atau FPL. Fantasy Premier League adalah game football manager di mana para pemainnya membangun tim sendiri dari pemain-pemain Liga Inggris menggunakan budget yang ditetapkan.

FPL adalah game resmi dari The Football Assosiation Premier League, sehingga hasil pertandingan Liga Inggris di dunia nyata akan berpengaruh pada poin setiap tim para pemain game ini.

Bagi pemula yang masih bingung cara bermain FPL, berikut pembahasan lengkap tentang cara bermain, cara membangun tim, sistem poin, dan istilah-istilah dalam game yang wajib diketahui.

1. Apa itu Fantasy Premier League?

Fantasy Premier League: Cara Bermain, Sistem Poin, dan IstilahnyaGame Fantasy Premier League (premierleague.com)

Seperti yang disinggung di awal, Fantasy Premier League adalah game untuk para pencinta sepak bola yang dimainkan dengan membangun tim versi mereka sendiri yang berisi pemain Liga Inggris.

Pemain akan membuat nama tim sendiri, membeli dan menyusun pemain, hingga merancang strategi agar mendapatkan poin sebanyak mungkin setiap pekannya. Secara garis besar, pemain game diminta menjadi seorang manajer klub sepak bola.

2. Cara bermain Fantasy Premier League

Fantasy Premier League: Cara Bermain, Sistem Poin, dan Istilahnyailustrasi tim Fantasy Premier League (Dok. IDN Times)

Cara bermain Fantasy Premier League bisa dimulai dengan membuat akun di fantasy.premierleague.com. Kamu bisa login menggunakan alamat email Google, akun Facebook, atau Twitter.

Kamu juga bisa mengakses game FPL melalui aplikasi Premier League yang tersedia gratis di Google Play Store atau App Store.

Setelah berhasil login, pemain game akan diminta membuat tim dan memilih pemain-pemain bola untuk timnya. Pemain akan diberikan modal 100 poundsterling dan memilih 15 pemain yang terdiri dari dua kiper, lima bek, lima gelandang, dan tiga striker.

Untuk mulai bermain, setiap pemain yang sudah memiliki tim harus mendaftar ke liga-liga yang dibuat oleh orang lain. Biasanya komunitas atau perkumpulan pertemanan membuat liga sendiri untuk mereka mainkan.

Tidak jarang penyelenggara liga akan menyiapkan hadiah menarik di akhir musim bagi para juara liga.

3. Sistem poin di Fantasy Premier League

Fantasy Premier League: Cara Bermain, Sistem Poin, dan Istilahnyailustrasi tim di Fantasy Premier League (twitter.com/officialfpl)

Berikut sistem poin di Fantasy Premier League yang patut diketahui:

  • +1 poin: Jika pemain bermain hingga 60 menit.
  • +2 poin Jika pemain bermain 60 menit atau lebih (tidak termasuk injury time)
  • +4 poin: Striker mencetak gol
  • +5 poin: Gelandang mencetak gol
  • +6 poin: Kiper atau bek mencetak gol
  • +3 poin: Jika pemain mencetak assist
  • +1 poin: Jika gelandang berhasil clean sheet
  • +4 poin: Jika kiper atua bek berhasil clean sheet
  • +1 poin: Jika kiper melakukan tiga saves atau lebih
  • +5 poin: Jika kiper melakukan saves penalti
  • +3 poin: Setiap pemain diberikan bonus poin jika menjadi pemain terbaik dalam pertandingan
  • +2 poin: Setiap pemain diberikan bonus poin jika menjadi pemain terbaik kedua dalam pertandingan
  • +1 poin: Setiap pemain diberikan bonus poin jika menjadi pemain terbaik ketiga dalam pertandingan
  • -2 poin: Jika pemain gagal penalti
  • -1 poin: Setiap kebobolan dua gol oleh kiper atau bek
  • -2 poin: Setiap pemain yang mencetak gol bunuh diri
  • -1 poin: Setiap pemain yang mendapat kartu kuning
  • -3 poin: Setiap pemain yang mendapat kartu merah

Baca Juga: 10 Pemain yang Cetak Hattrick di Pekan Perdana Premier League

4. Cara membangun tim FPL

Fantasy Premier League: Cara Bermain, Sistem Poin, dan Istilahnyailustrasi data pemain di Fantasy Premier League (twitter.com/officialfpl)

Cara membangun tim Fantasy Premier League yang perlu diperhatikan adalah dengan memilih komposisi pemain secara bijak. Sebagai penggemar sebuah klub Liga Inggris, kamu tidak dianjurkan menggunakan semua pemain dari klub idolamu.

Misalnya kamu adalah penggemar Arsenal. Maka kamu tetap perlu melihat potensi pemain dari klub lainnya, contohnya di posisi striker memasang Erling Haaland atau bek Virgil Van Dijk.

Oleh sebab itu, kamu perlu mengesampingkan ego sebagai fan klub sepak bola. Tujuannya agar dapat meraih poin sebanyak mungkin.

Selain itu, sebagai manajer FPL kamu juga harus pintar memprediksi dan menganalisis performa setiap pemain Liga Inggris di dunia nyata. Sebab setiap kekalahan klub, kartu kuning, hingga gol bunuh diri yang dilakukan pemain akan mengurangi poinmu di FPL.

Baca Juga: 5 Pemain yang Ciamik pada Pekan Pertama Premier League 2023/2024

5. Istilah-istilah dalam Fantasy Premier League

Fantasy Premier League: Cara Bermain, Sistem Poin, dan IstilahnyaGame Fantasy Premier League (premierleague.com)

Dalam Fantasy Premier League, ada beberapa istilah yang wajib dipahami setiap pemainnya. Berikut istilah-istilah penting dalam FPL yang wajib diketahui:

  • Wildcard FPL

Apa itu Wildcard FPL? Wildcard di FPL adalah fitur yang membuat pemain game bisa melakukan transfer tanpa batas. Wildcard bisa diaktifkan sebanyak dua kali dalam semusim.

  • Free Hit FPL

Free Hit FPL adalah chip bonus yang membuat pemain game bisa mengubah secara tak terbatas pada tim. Namun, fitur ini hanya berlaku pada satu pekan atau gameweek. Setelah itu, tim akan kembali seperti awal.

  • Bench Boost

Bench Boost di FPL adalah fitur yang memungkinkan pemain game mengumpulkan poin tidak hanya dari sebelas pemain utama atau starting XI, tapi juga empat pemain pengganti. Chip bonus ini hanya bisa diaktifkan sekali semusim.

  • Pemain pengganti di FPL

Pemain pengganti di FPL juga berperan penting untuk skuad. Misalnya untuk melapisi pemain yang cedera atau tidak bermain karena alasan lain. Namun, pemain pengganti tidak memberikan poin kalau Bench Boost tidak aktif.

Nah, demikianlah pembahasan lengkap tentang Fantasy Premier League atau FPL yang wajib diketahui sebelum bermain. Mulai dari pengertian, cara bermain, cara membangun tim, sistem poin, hingga istilah-istilah penting dalam game.

Baca Juga: Jadwal dan Hasil Pertandingan Premier League 2023/2024

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya