Profil Ernanda Putra, Desainer Jersey Timnas yang Viral

Dihujat warganet di X

Timnas Indonesia resmi meluncurkan jersey terbaru menggunakan apparel lokal Erspo pada Senin (18/3/2024) di Bengkel Space, SCBD. Jersey baru ini bahkan sudah dipakai pada laga kemenangan timnas Indonesia atas Vietnam 1-0 di Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Kamis (21/3/2024) malam.

Namun, di balik perilisannya, jersey ini menuai banyak hujatan dari warganet di media sosial. Banyak yang menilai desainnya terlalu simpel, siluet petir dianggap copy-paste dari pattern Premier League, font yang tidak presisi, hingga filosofi seakan baru dibuat setelah jersey didesain.

Pihak yang jadi sasaran hujatan adalah salah satu desainernya, Ernanda Putra. Dia merupakan founder Makna Group, agensi yang mendesain jersey timnas Indonesia ini.

Ernanda semakin menjadi pusat perhatian dan sorotan publik sepanjang Sabtu (30/3/2024) hingga Minggu dini hari WIB. Itu karena sikapnya yang dinilai arogan, tak mau menerima kritik dari pengamat sepak bola, Justinus Lhaksana alias Coach Justin, hingga menyinggung salah satu fans klub tertentu di Premier League.

Kontroversi tersebut berujung pada kampanye #BoikotMakna hingga #BoikotErspo. Bahkan, tema Ernanda menjadi trending topic sejak Sabtu malam sampai sekarang.

Sebenarnya, siapa sih Ernanda Putra? Berikut profil Ernanda Putra, desainer jersey Timnas.

1. Profil Ernanda Putra

Profil Ernanda Putra, Desainer Jersey Timnas yang ViralErnanda Putra, founder Makna Group yang mendesain jersey baru timnas Indonesia (instagram.com/ernandaputra)

Ernanda Putra merupakan seorang kreatif di bidang desain grafis, fotografi, dan media sosial di Indonesia. Dia merupakan lulusan jurusan Desain Grafis di Universitas Pelita Harapan pada 2006.

Sebelum dikenal seperti sekarang, Ernanda atau akrab disapa Nanda sempat menjabat sebagai Creative Director di FullFill Artplication dari 2010 hingga 2013. Lalu, dia juga pernah menjadi pengajar di almamaternya, Universitas Pelita Harapan selama tujuh tahun mulai dari 2015 hingga 2022. Ernanda menikah dengan Ellyse Sinsilia dan kini telah dikaruniai dua orang anak.

2. Mendirikan Makna Group

Profil Ernanda Putra, Desainer Jersey Timnas yang ViralErnanda Putra, founder Makna Group yang mendesain jersey baru timnas Indonesia (instagram.com/ernandaputra)

Ernanda Putra merupakan pendiri Makna Group, perusahaan yang bergerak di berbagai bidang kreatif. Ernanda mendirikan Makna Group pada 2013 bersama co-founder, Keenan Pearce.

Melansir situs resmi maknagroup.com, Makna Group menyediakan jasa conceptual advertisement, creative and art direction, branding, concept and content development, dan social media activation.

Tak hanya itu, Makna Group juga menyediakan jasa desain editorial, grafis, situs web, exhibition, interactive design, brand collaboration, dan sebagainya. 

Saat ini, Makna Group memiliki beberapa lini bisnis, yaitu Makna Creative yang berfokus pada agensi, Makna Coffee berupa kafe, dan Makna Talks yang merupakan konten siniar eksklusif.

Baca Juga: 25 Jersey Timnas Indonesia dari Masa ke Masa, Mana Favoritmu?

3. Perjalanan membangun Makna Group

Profil Ernanda Putra, Desainer Jersey Timnas yang ViralSitus resmi Makna Group (maknagroup.com)

Makna Group didirikan bermula dari Ernanda Putra yang ingin para desainer grafis di Indonesia lebih dipandang lebih dan bisa 'naik kelas'. Maksudnya, Ernanda ingin project-project yang dihasilkan Makna Group bisa mendorong orang-orang di industri kreatif agar lebih berani mencoba ke segala lini.

Ernanda tidak ingin mengerjakan project yang biasa-biasa saja, melainkan project besar yang bisa memengaruhi banyak orang.

Hingga saat ini, Makna Group lewat lini bisnis Makna Creative sudah mengerjakan sejumlah project dari brand-brand besar di Indonesia. Mulai dari Bukalapak, AXE, The Matter Halo, Tiket.com, Superga, Telkom Indonesia, AIA, Tokopedia, Our Daily Dose, hingga kolaborasi dengan Timex.

Ernanda Putra tak sendirian. Dia dibantu oleh orang-orang kreatif di Makna Group. Mulai dari Ellyse Sinsilia, Jordy Yohannes, Alexander Averil, Stephen Oei, Iyas Lawrence, Nadira Ramadhani, Emma Montez, Feisa Nindis, Samuel, Satrio Tutuko, dan Gilang Prabu.

Baca Juga: Profil Erspo, Apparel Jersey Baru Timnas Indonesia

4. Dipercaya jadi desainer jersey timnas Indonesia

Profil Ernanda Putra, Desainer Jersey Timnas yang ViralJersey baru Timnas Indonesia dari Erspo. (Dok. Istimewa)

Ernanda Putra dan tim di Makna Creative diajak berkolaborasi oleh Erspo untuk mendesain jersey baru timnas Indonesia. Erspo merupakan apparel sportswear milik Erigo yang baru didirikan pada 2023. Erspo berhasil berhasil memenangkan tender sebagai apparel baru timnas Indonesia setelah menyingirkan 19 brand lainnya.

Dalam proyek jersey timnas Indonesia oleh Erspo, Makna Creative bertanggung jawab atas desain branding dan konsep logo Erspo. Selain itu, Makna Creative juga bertugas menentukan konsep filosofi dan desain jersey timnas Indonesia.

Ernanda dan tim bertanggung jawab menyiapkan filosofi dan pesan dalam pattern design, eksekusi detail, warna, material, hingga desain nameset.

Nah, itulah profil Ernanda Putra, pendiri Makna Creative yang mendapat banyak hujatan warganet di media sosial.

Baca Juga: Siapa Pemilik Erspo? Apparel Baru Jersey Timnas Indonesia

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Satria Permana
  • Fahreza Murnanda

Berita Terkini Lainnya