10 Teknik Dasar Pencak Silat beserta Penjelasan Lengkapnya

Mulai dari teknik kuda-kuda sampai teknik kuncian

Teknik dasar pencak silat penting untuk kamu pelajari jika ingin menekuni seni bela diri ini. Ada banyak teknik-teknik dasar yang harus dikuasai setiap orang kalau ingin menang melawan lawan.

Untuk diketahui, pencak silat adalah seni bela diri asal Indonesia yang sudah ditetapkan oleh UNESCO. Kini, pencak silat sudah menjadi cabang olahraga resmi yang dikenal di beberapa negara Asia Tenggara, bahkan Eropa, Amerika, dan Australia.

Mau tahu teknik-teknik dasar pencak silat diri ini? Simak artikel ini sampai akhir, yuk!

1. Teknik kuda-kuda

10 Teknik Dasar Pencak Silat beserta Penjelasan LengkapnyaTeknik kuda-kuda sebagai teknik dasar judo (freepik.com)

Teknik kuda-kuda adalah teknik dasar pencak silat paling dasar dan utama. Teknik ini berguna untuk menjaga keseimbangan tubuh seseorang, baik saat menyerang maupun bertahan.

Cara melakukan teknik kuda-kuda adalah menapakkan kaki ke tanah. Lalu, posisikan tubuh dan kakimu seperti orang yang menunggangi kuda. Secara umum, ada enam jenis teknik kuda-kuda, yaitu sebagai berikut.

  1. Kuda-kuda depan
  2. Kuda-kuda tengah
  3. Kuda-kuda belakang
  4. Kuda-kuda samping
  5. Kuda-kuda depan belakang
  6. Kuda-kuda silang

2. Teknik delapan penjuru mata angin atau teknik arah

10 Teknik Dasar Pencak Silat beserta Penjelasan LengkapnyaTeknik delapan penjuru mata angin dalam pencak silat (www.youtube.com)

Teknik dasar pencak silat satu ini tujuannya untuk menentukan arah dalam bertanding dengan baik. Setiap pemain perlu menentukan arah yang tepat supaya bisa melakukan penyerangan dengan baik.

Untuk menguasai teknik ini, kamu perlu meletakkan titik tumpu berada di tengah. Lalu, pemain melangkah ke delapan arah mata angin, yaitu:

  • Barat
  • Barat laut
  • Utara
  • Timur laut
  • Timur
  • Tenggara
  • Selatan
  • Barat daya

3. Teknik sikap pasang

10 Teknik Dasar Pencak Silat beserta Penjelasan LengkapnyaTeknik sikap pasang dalam pencak silat (emodul.kemdikbud.go.id)

Teknik dasar yang harus kamu kuasai juga adalah teknik sikap pasang. Teknik sikap pasang adalah posisi yang mengombinasikan dengan teknik kuda-kuda. Teknik ini juga cenderung fleksibel menyesuaikan situasi menyerang atau bertahan.

4. Teknik pola langkah

10 Teknik Dasar Pencak Silat beserta Penjelasan LengkapnyaTeknik pola langkah dalam pencak silat (emodul.kemdikbud.go.id)

Teknik pola langkah merupakan salah satu teknik dasar pencak silat yang akan membantu pergerakan kamu tidak mudah ditebak oleh lawan.

Cara melakukan teknik ini adalah dengan mengubah pijakan kaki dari satu tempat ke tempat lain dengan pola yang disusun sendiri. Untuk melakukan teknik ini, kamu perlu memiliki koordinasi yang baik antara sikap badan, tangan, pola lantai, dan pola kaki.

5. Teknik pukulan

10 Teknik Dasar Pencak Silat beserta Penjelasan LengkapnyaPukulan melingkar sebagai teknik pukulan dalam pencak silat (pexels.com/rodnae-prod)

Teknik dasar seni bela diri ini bisa dilakukan dalam posisi menyerang maupun bertahan. Ada beberapa jenis dalam teknik pukulan ini, yaitu sebagai berikut.

1. Teknik pukulan depan

Teknik ini merupakan pukulan yang lintasannya lurus ke depan. Teknik ini juga bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu ketika posisi kaki di depan dengan tangan sejajar dan posisi kaki di depan, tetapi tangan tidak sejajar.

2. Teknik pukulan bandul

Sesuai namanya, gerakan teknik ini menyerupai gerakan bandul, yaitu tangan digerakkan dari bawah ke atas. Lalu, siku ditekuk 90 derajat dan bisa dengan kaki sejajar maupun tidak.

3. Teknik pukulan samping

Pukulan dalam teknik ini akan mengarah ke samping tubuh dan menggunakan bagian punggung tangan.

4. Teknik pukulan tegak

Teknik ini biasanya akan menyasar bagian bahu dan sendi lawan. Cara melakukannya adalah dengan memasang teknik kuda-kuda tengah, lalu letakkan kedua tangan di depan dada, kepalkan tangan, dan arahkan salah satu tanganmu dengan tegak ke arah lawan.

5. Teknik pukulan melingkar

Teknik pukulan ini umumnya menyasar pinggang. Cara melakukan pukulan ini adalah dengan menggerakkan tangan secara melingkar.

6. Teknik tendangan

10 Teknik Dasar Pencak Silat beserta Penjelasan LengkapnyaTendangan lurus sebagai tendangan dalam pencak silat (pexels.com/rodnae-prod)

Dalam melakukan penyerangan, kamu tidak hanya bisa melakukannya dengan pukulan. Namun, kamu juga bisa melakukan tendangan ke arah lawan. Teknik tendangan menjadi salah satu teknik dasar pencak silat yang perlu kamu kuasai.

Umumnya, ada lima jenis teknik tendangan pencak silat, yaitu:

  1. Tendangan lurus
  2. Tendangan belakang
  3. Tendangan melingkar
  4. Tendangan jejag
  5. Tendangan sabit
  6. Tendangan T

Baca Juga: Keren! Pencak Silat Diakui Jadi Warisan Tak Benda oleh UNESCO

7. Teknik tangkisan

10 Teknik Dasar Pencak Silat beserta Penjelasan LengkapnyaTangkisan satu lengan sebagai tangkisan dalam pencak silat (freepik.com)

Dalam pertandingan pencak silat, kamu tentu akan terus-terusan menyerang. Sesekali lawanmu akan ganti menyerang, sehingga kamu harus melakukan pertahanan.

Nah, teknik dasar pencak silat yang wajib kamu kuasai berikutnya adalah teknik tangkisan. Terdapat dua jenis teknik tangkisan, yaitu dengan satu lengan dan dua lengan.

Teknik tangkisan dengan satu lengan juga ada beberapa cara, yaitu tangkisan atas, tangkisan bawah, tangkisan dalam, dan tangkisan luar. Sedangkan teknik tangkisan dua lengan meliputi tangkisan dengan telapak tangan dan tangkisan dengan lengan bawah.

8. Teknik sikap berbaring

10 Teknik Dasar Pencak Silat beserta Penjelasan LengkapnyaTeknik sikap berbaring dalam pencak silat (repositori.kemdikbud.go.id)

Teknik sikap berbaring merupakan teknik dasar pencak silat yang bisa kamu lakukan ketika dalam kondisi terpojok. Walaupun dalam kondisi terjatuh, kamu tetap bisa membalikkan keadaan dengan membela diri.

Baca Juga: 6 Perguruan Pencak Silat di Indonesia, Tertua PSHT!

9. Teknik guntingan

10 Teknik Dasar Pencak Silat beserta Penjelasan LengkapnyaTeknik guntingan dalam pencak silat (emodul.kemdikbud.go.id)

Teknik guntingan ini termasuk teknik dasar menyerang dalam pencak silat yang cukup berbahaya dan mematikan. Teknik ini dilakukan dengan melakukan tendangan sekaligus jepitan pada tubuh atau kaki lawan.

Oleh karena itu, teknik ini dikenal sebagai teknik guntingan karena gerakannya menyerupai gunting. Tujuan teknik ini untuk mengunci dan menjatuhkan lawanmu.

10. Teknik kuncian

10 Teknik Dasar Pencak Silat beserta Penjelasan Lengkapnyailustrasi teknik kuncian dalam pencak silat (pexels.com/rodnae-prod)

Sesuai namanya, teknik dasar yang satu ini bertujuan untuk mengunci gerakan lawan. Biasanya gerakan mengunci ini akan mengarah ke bagian berbahaya, seperti pergelangan tangan, leher, dan dagu.

Nah, itulah tadi 10 teknik dasar pencak silat yang wajib kamu kuasai jika ingin menjadi atlet seni bela diri profesional. Carilah pelatih atau guru yang profesional, sehingga skill-mu akan terasah dengan baik.

Baca Juga: 11 Bela Diri Paling Mematikan di Dunia, Ada dari Indonesia

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Bayu Nur Seto
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya