Comscore Tracker

5 Seni Bela Diri Paling Mematikan di Dunia, Ada yang dari Indonesia

Gak semua orang sanggup untuk ikut seni dan olahraga ini

Di dunia ini ada banyak aliran atau seni bela diri, baik itu yang diperlombakan maupun yang tidak. Semua seni dan olahraga tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Namun di antara semua seni bela diri yang ada, terdapat beberapa seni atau olahraga bela diri yang dianggap sangat mematikan, sehingga tidak semua orang sanggup mengikutinya.

Inilah lima seni bela diri yang dianggap paling mematikan di dunia, apa saja? Disimak, yuk!

1. Ninjutsu

5 Seni Bela Diri Paling Mematikan di Dunia, Ada yang dari Indonesiakungfukingdom.com

Melansir laman Kungfukingdom.com, ninjutsu pada awalnya dipraktikkan sebagai seni atau ilmu siluman dan bertarung atau membunuh dalam bayang-bayang. Mulanya bela diri ini dipraktikkan pada zaman Yamabushi, sebuah kelompok filsuf Tiongkok yang melarikan diri ke Jepang pada tahun 593.

Menggabungkan dengan kesenian dan bela diri lokal, unsur-unsur ninjutsu cenderung bebas dan mengutamakan efisiensi. Artinya, pada zaman dulu ilmu ini dipakai oleh para ninja (seseorang yang dibayar untuk tugas tertentu) untuk menyelesaikan misi secara efektif dan efisien tanpa banyak membuang tenaga.

Untuk saat ini, kesenian ninjutsu yang asli sudah sangat langka. Praktik-praktik ninjutsu modern lebih menitik beratkan pada teknik-teknik layaknya bela diri lainnya.

2. Silat

5 Seni Bela Diri Paling Mematikan di Dunia, Ada yang dari Indonesiaindonesia.go.id

Silat merupakan kesenian bela diri yang sangat terkenal di Asia Tenggara, terutama di Indonesia. Silat mendunia bukan hanya karena sering tampil di layar Hollywood, melainkan silat juga merupakan salah satu seni bertahan yang sangat mematikan.

Selain Indonesia, silat juga dikenal baik di Malaysia, Brunei, Singapura, dan Filipina. Menurut laman Martialtribes.com, silat memang diakui sebagai salah satu seni bertarung yang paling mematikan di dunia.

Mungkin gerakannya mirip tarian, namun ada banyak kombinasi kuncian, pertahanan, serangan, dan juga penggunaan senjata dalam berbagai macam aliran silat. Seorang ahli silat berpengalaman bahkan mampu merubuhkan lima orang dewasa dengan waktu tak sampai 10 menit dalam pertarungan tangan kosong.

Baca Juga: Bukan Cuma Melawan Tindak Kejahatan, Ini 6 Manfaat Belajar Bela Diri

3. Muay Thai

5 Seni Bela Diri Paling Mematikan di Dunia, Ada yang dari Indonesiaevolve-vacation.com

Muay Thai adalah seni bertarung keras yang berasal dari Thailand. Ciri khas utama dari bela diri ini adalah penggunaan siku dan lutut. Tendangan dalam Muay Thai sangat berbahaya dan mematikan, apalagi jika mengenai organ yang rawan.

Olah raga ini telah diajarkan di kerajaan Thailand sekitar 2000 tahun lalu. Zaman dulu teknik Muay Thai banyak digunakan untuk berperang. Itulah sebabnya dalam latihan Muay Thai, dibutuhkan fisik yang sangat prima.

Tulang-tulang pada kaki dan tangan akan terus dilatih sampai batas maksimal, sehingga dapat menahan serangan musuh bahkan dari hantaman senjata tumpul.

4. Kyokushin Karate

5 Seni Bela Diri Paling Mematikan di Dunia, Ada yang dari Indonesiakwunion.com

Kyokushin merupakan aliran bela diri karate yang diciptakan oleh Masutatsu Oyama. Memiliki filosofi sebagai kebenaran tertinggi, Kyokushin dianggap sebagai seni bela diri tangan kosong paling keras dan mematikan di dunia.

Memiliki pukulan yang sama kuatnya dengan tendangan, membuat latihan fisik dalam kyokushin lebih berat daripada latihan bela diri lainnya.

Dalam kasus-kasus yang fatal, kyokushin dapat menyebabkan cedera serius dan bahkan kematian. Itu sebabnya tidak semua orang sanggup mengikuti dan menjalani seni bela diri ini.

5. Krav Maga

5 Seni Bela Diri Paling Mematikan di Dunia, Ada yang dari Indonesiakravmagaunyted.com

Krav Maga merupakan seni bela diri militer yang dikembangkan dari Israel. Bela diri ini menekankan pada penguasaan situasi dalam dunia nyata. Itulah sebabnya Krav Maga banyak diaplikasikan di bidang militer.

Krav Maga sangat mematikan bukan hanya karena tekniknya, namun dalam bela diri ini juga diajarkan menggunakan berbagai macam senjata, dan bahkan granat militer.

Dalam laman Kravmaga.com, aliran bela diri yang ada sejak 1930 silam ini juga mengajarkan teknik-teknik detail bagaimana caranya menggunakan senjata tajam dan senjata api yang efektif dan efisien.

Itulah lima jenis seni bela diri yang dianggap paling mematikan di dunia. Semoga dapat menambah wawasan kamu, ya!

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata di Indonesia bagi Kamu Si Pencinta Kopi, Mana Saja?

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya