11 Bela Diri Paling Mematikan di Dunia, Ada dari Indonesia

Gak semua orang sanggup untuk ikut seni dan olahraga ini

Seni bela diri paling mematikan di dunia ternyata berasal dari berbagai negara. Sebab, seni bela diri sendiri sebenarnya memiliki banyak aliran yang tersebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Seni bela diri juga banyak dilombakan dalam kompetisi nasional maupun internasional. Ada beberapa bela diri yang paling mematikan, sehingga sebagian orang tidak mampu mengikutinya.

Mau tahu apa saja? Simak artikel ini sampai akhir, yuk!

1. Ninjutsu

11 Bela Diri Paling Mematikan di Dunia, Ada dari Indonesiailustrasi ninjutsu (kungfukingdom.com)

Melansir laman Kungfukingdom.com, ninjutsu pada awalnya dipraktikkan sebagai seni atau ilmu siluman dan bertarung atau membunuh dalam bayang-bayang. Mulanya bela diri ini dipraktikkan pada zaman Yamabushi, sebuah kelompok filsuf Tiongkok yang melarikan diri ke Jepang pada tahun 593.

Menggabungkan dengan kesenian dan bela diri lokal, unsur-unsur ninjutsu cenderung bebas dan mengutamakan efisiensi. Artinya, pada zaman dulu ilmu ini dipakai oleh para ninja (seseorang yang dibayar untuk tugas tertentu) untuk menyelesaikan misi secara efektif dan efisien tanpa banyak membuang tenaga.

Untuk saat ini, kesenian ninjutsu yang asli sudah sangat langka. Praktik-praktik ninjutsu modern lebih menitikberatkan pada teknik-teknik layaknya bela diri lainnya.

2. Silat

11 Bela Diri Paling Mematikan di Dunia, Ada dari Indonesiailustrasi silat (indonesia.go.id)

Silat merupakan kesenian bela diri yang sangat terkenal di Asia Tenggara, terutama di Indonesia. Silat mendunia bukan hanya karena sering tampil di layar Hollywood, melainkan juga merupakan salah satu seni bertahan yang sangat mematikan.

Selain Indonesia, silat juga dikenal baik di Malaysia, Brunei, Singapura, dan Filipina. Menurut laman Martialtribes.com, silat memang diakui sebagai salah satu seni bela diri paling mematikan di dunia.

Mungkin gerakannya mirip tarian, namun ada banyak kombinasi kuncian, pertahanan, serangan, dan juga penggunaan senjata dalam berbagai macam aliran silat. Seorang ahli silat berpengalaman bahkan mampu merubuhkan lima orang dewasa dengan waktu tak sampai 10 menit dalam pertarungan tangan kosong.

3. Muay Thai

11 Bela Diri Paling Mematikan di Dunia, Ada dari Indonesiaevolve-vacation.com

Muay Thai adalah seni bertarung keras yang berasal dari Thailand, yang juga salah satu bela diri paling mematikan di dunia. Ciri khas utama dari bela diri ini adalah penggunaan siku dan lutut. Tendangan dalam Muay Thai sangat berbahaya dan mematikan, apalagi jika mengenai organ yang rawan.

Olahraga ini telah diajarkan di kerajaan Thailand sekitar 2000 tahun lalu. Zaman dulu teknik Muay Thai banyak digunakan untuk berperang. Itulah sebabnya dalam latihan Muay Thai, dibutuhkan fisik yang sangat prima.

Tulang-tulang pada kaki dan tangan akan terus dilatih sampai batas maksimal, sehingga dapat menahan serangan musuh bahkan dari hantaman senjata tumpul.

4. Kyokushin Karate

11 Bela Diri Paling Mematikan di Dunia, Ada dari Indonesiakwunion.com

Kyokushin merupakan aliran bela diri karate yang diciptakan oleh Masutatsu Oyama. Memiliki filosofi sebagai kebenaran tertinggi, Kyokushin dianggap sebagai seni bela diri tangan kosong paling keras, sehingga dianggap bela diri paling mematikan di dunia.

Memiliki pukulan yang sama kuatnya dengan tendangan, membuat latihan fisik dalam kyokushin lebih berat daripada latihan bela diri lainnya.

Dalam kasus-kasus yang fatal, kyokushin dapat menyebabkan cedera serius dan bahkan kematian. Itu sebabnya tidak semua orang sanggup mengikuti dan menjalani seni bela diri ini.

5. Krav Maga

11 Bela Diri Paling Mematikan di Dunia, Ada dari Indonesiakravmagaunyted.com

Krav Maga merupakan seni bela diri militer yang dikembangkan dari Israel. Bela diri ini menekankan pada penguasaan situasi dalam dunia nyata. Itulah sebabnya Krav Maga banyak diaplikasikan di bidang militer.

Krav Maga sangat mematikan bukan hanya karena tekniknya, namun dalam bela diri ini juga diajarkan menggunakan berbagai macam senjata, dan bahkan granat militer.

Dalam laman Kravmaga.com, aliran bela diri yang ada sejak 1930 silam ini juga mengajarkan teknik-teknik detail bagaimana caranya menggunakan senjata tajam dan senjata api yang efektif dan efisien.

6. Eskrima

11 Bela Diri Paling Mematikan di Dunia, Ada dari IndonesiaSeni bela diri Eskrima (gmjohnmac.com)

Selanjutnya adalah eskrima, yaitu seni bela diri tradisional yang berasal dari Filipina. Ciri khas seni bela diri ini adalah berfokus pada penggunaan tongkat-tongkat tajam, seperti pisau. Namun, tetap mengutamakan jurus tangan kosong.

Pada tekniknya, bela diri ini memiliki jurus spesial saat bertarung dari jarak dekat, seperti gulat dan bisa dengan mudah melucuti senjata lawan.

Eskrima sebagai bela diri paling mematikan di dunia juga memiliki gerakan kuda-kuda kaki misterius yang bisa menyebabkan lawan terbunuh.

Baca Juga: 5 Keuntungan Belajar Ilmu Bela Diri, Bukan Buat Sok Jagoan!

7. Bacom

11 Bela Diri Paling Mematikan di Dunia, Ada dari IndonesiaMachu Picchu di Peru. (scitechdaily.com)

Bacom adalah seni bela diri asal Peru yang dikembangkan untuk para militer di sana. Namun, bela diri ini belum banyak dikenal oleh orang.

Bacom atau Vacon ini memiliki jurus rahasia yang mematikan dan bisa menyebabkan luka serius. Contohnya adalah menggunakan senjata tersembunyi dan pukulan kuat yang bisa membuat tubuh lawan menjadi tidak seimbang.

8. Gouging

11 Bela Diri Paling Mematikan di Dunia, Ada dari IndonesiaIlustrasi Gouging Martial Arts (www.vice.com/en/)

Seni bela diri paling mematikan di dunia berikutnya adalah Gouging yang asalnya dari Amerika Serikat dimulai pada abad 18 hingga 19. Gouging adalah seni bela diri yang serangannya berfokus untuk mencungkil mata lawan.

Selain itu, juga ada jurus menggigit lidah lawan yang dianggap paling mematikan. Kini, Gouging mulai mengalami perubahan menjadi semacam olahraga tinju modern.

Baca Juga: Sejarah Judo, Olahraga Bela Diri asal Jepang

9. Jiu-jitsu

11 Bela Diri Paling Mematikan di Dunia, Ada dari IndonesiaJiu-jitsu Brasil (www.jiujitsubrotherhood.com)

Seni bela diri Jiu-jitsu ini berasal dari Brasil. Beberapa jurus dari seni bela diri jarak dekat ini juga berasal dari teknik judo asal Jepang. Jiu-jitsu berfokus pada pertarungan yang mudah melumpuhkan lawan yang memiliki badan lebih besar.

Dalam teknik gulatnya, Jiu-jitsu juga termasuk yang paling mematikan karena bisa membunuh lawan dalam waktu yang tidak lama.

10. MCMAP

11 Bela Diri Paling Mematikan di Dunia, Ada dari IndonesiaMCMAP (www.marinesbootcamphq.com)

MCMAP atau Marine Corps Martial Arts Program merupakan seni bela diri jarak dekat yang khusus diciptakan untuk Korps Marinir Amerika Serikat. Teknik utamanya adalah untuk melucuti senjata musuh atau melawan musuh yang tidak bersenjata.

Namun, MCMAP diajarkan hanya untuk melumpuhkan lawan dan tidak menggunakan cara yang mematikan untuk membunuh lawan. MCMAP secara umum merupakan campuran dari beberapa seni bela diri. Misalnya, Jujutsu, Judo, Kung Fu, Tinju, Tae Kwon Do, karate Okinawa.

11. Sambo

11 Bela Diri Paling Mematikan di Dunia, Ada dari IndonesiaIlustrasi Sambo (en.odkb-csto.org)

Tak kalah mematikannya, seni bela diri asal Rusia ini merupakan teknik pertahanan diri yang masih memiliki kaitan dengan teknik Krav Mega. Sambo berkembang sudah cukup lama, yaitu sejak tahun 1920-an. Selain itu, jurus-jurus sambo juga diwarisi dari teknik bela diri yang lain, seperti Judo dan Jujutsu.

Nah, itulah tadi 11 seni bela diri paling mematikan di dunia. Jurus-jurus yang ada pada seni bela diri tersebut tentu tidak mudah untuk dipelajari. Perlu latihan-latihan khusus dan pelatih yang jago untuk bisa menguasai bela diri tersebut.

Baca Juga: Sejarah Sambo, Bela diri Jatuhkan Lawan Tanpa Senjata

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Tania Stephanie
  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya