10 Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani dan Bentuk Latihannya

Penting untuk meningkatkan kebugaran dan daya tahan tubuh

Sebagai manusia yang selalu beraktivitas, kamu perlu mengetahui unsur-unsur kebugaran jasmani agar kesehatan tubuh selalu terjaga. Sebab, kesehatan jasmani seseorang akan memengaruhi setiap kegiatan yang dilakukannya.

Apabila kamu tidak menjaganya, mungkin saja daya tahan tubuhmu akan melemah, sehingga mudah sakit dan tidak bergairah dalam menjalani hari-hari. Kamu perlu menerapkan beberapa bentuk latihan jasmani dari unsur-unsur tersebut.

Unsur-unsur kebugaran jasmani mulai dari kekuatan, daya tahan, hingga koordinasi. Mau tahu penjelasan lengkapnya? Simak di artikel sampai tuntas, yuk!

1. Kekuatan (strength)

10 Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani dan Bentuk Latihannyailustrasi push-up (unsplash.com/Fortune Vieyra)

Kekuatan adalah salah satu unsur-unsur dalam kebugaran jasmani yang paling utama. Kekuatan atau strength adalah kondisi ketika otot digunakan secara maksimal untuk melakukan suatu kegiatan.

Untuk melatih kekuatan tubuh, kamu bisa melakukan beberapa latihan fisik di bawah ini.

  • Angkat beban bisa melatih kekuatan otot lengan.
  • Push up juga bisa menjadi gerakan latihan untuk otot lengan.
  • Sit up akan melatih kekuatan otot perut menjadi lebih maksimal.
  • Back up juga menjadi latihan untuk otot perut.
  • Squad jump akan melatih kekuatan ototmu pada bagian tungkai dan perut.

2. Kecepatan (speed)

10 Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani dan Bentuk Latihannyainstagram.com/ryujiutomo

Kecepatan juga menjadi unsur-unsur kebugaran jasmani yang penting bagi tubuh. Kecepatan atau speed adalah kemampuan untuk melakukan suatu gerakan secara cepat atau dalam waktu yang singkat.

Kecepatan juga diartikan sebagai waktu yang dibutuhkan seseorang untuk melakukan suatu gerakan yang berkesinambungan. Makin sedikit waktu yang dibutuhkan seseorang dalam melakukan sebuah gerakan, maka makin bagus kecepatan yang dimilikinya.

Unsur kecepatan juga terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  1. Kecepatan reaksi
  2. Kecepatan sprint
  3. Kecepatan bergerak

Sedangkan unsur kecepatan biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti elastisitas otot, teknik, keturunan, konsentrasi, waktu reaksi, dan kemampuan menahan faktor dari luar.

Kamu bisa melakukan beberapa latihan fisik untuk mengasah kecepatan. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Lari jarak dekat 40-60 meter.
  2. Lari naik turun tangga atau dari tempat tinggi ke rendah dan sebaliknya.
  3. Lari multistage.

3. Kelincahan (agility)

10 Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani dan Bentuk Latihannyaunsplash.com/@bruno_nascimento

Hampir mirip dengan kecepatan, unsur kelincahan atau agility adalah kemampuan seseorang untuk melakukan penyesuaian gerakan dari satu posisi ke posisi lainnya. Misalnya, dari posisi kanan ke kiri, depan ke belakang, dan lainnya.

Unsur kelincahan penting dimiliki oleh seseorang karena menandakan kamu mempunyai jasmani yang sehat. Latihan yang bisa kamu lakukan untuk mengasah kelincahan, misalnya dengan melakukan lari zigzag atau lari naik turun tangga.

4. Daya tahan (endurance)

10 Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani dan Bentuk Latihannyailustrasi jogging (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Unsur-unsur kebugaran jasmani tidak hanya soal melakukan gerakan fisik yang berat. Namun, kamu juga harus memiliki daya tahan atau endurance yang baik pula.

Daya tahan adalah kemampuan seseorang untuk menggerakkan tubuhnya dalam tempo yang beragam secara efektif dan efisien tanpa merasa sakit atau kelelahan yang berlebih. Unsur ini bahkan wajib dimiliki oleh setiap atlet agar memiliki performa bagus sepanjang pertandingan.

Latihan daya tahan yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan olahraga yang sifatnya ringan. MIsalnya, lari atau jogging secara konsisten sekitar 20-30 menit setiap hari.

5. Kelenturan (flexibility)

10 Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani dan Bentuk Latihannyapexels.com/theformfitness

Kelenturan merupakan kemampuan seseorang untuk meleluasakan otot-otot tubuh, khususnya bagian sendi-sendi. Tanpa unsur ini, seseorang akan cenderung memiliki gerakan yang kaku. Hal itu jika dibiasakan bisa-bisa berakibat fatal, seperti cedera.

Meski begitu, kelenturan dalam cabang olahraga memiliki porsi pemakaian yang berbeda-beda. Latihan yang bisa kamu lakukan untuk melatih kelenturan adalah melakukan yoga, berenang, dan senam.

6. Ketepatan (accuracy)

10 Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani dan Bentuk Latihannyailustrasi orang melempar bola (pixabay.com/KeithJJ)

Dalam banyak cabang olahraga, unsur ketepatan atau accuracy ini sangat dibutuhkan. Misalnya dalam bola basket, sepak bola, dan sebagainya. Maka dari itu, ketepatan termasuk dalam unsur-unsur kebugaran jasmani yang tak bisa dilewatkan.

Ketepatan adalah kemampuan seseorang untuk melakukan gerakan tertentu agar bisa mencapai target sasaran yang diinginkan. Latihan sederhana yang bisa dilakukan, misalnya memasukkan bola ke dalam keranjang atau melempar bola ke botol dan kaleng yang disusun.

7. Koordinasi (coordination)

10 Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani dan Bentuk Latihannyainstagram.com/gianluigibuffon

Nah, selain dibutuhkan latihan untuk melakukan gerakan-gerakan fisik tertentu, kamu juga harus bisa mengoordinasikan beragam gerakan tersebut. Hal ini disebut sebagai unsur koordinasi.

Koordinasi adalah kemampuan seseorang untuk menggabungkan beberapa gerakan yang berbeda menjadi gerakan yang efektif dan efisien. Unsur koordinasi juga tidak bisa berdiri sendiri, melainkan harus dibarengi dengan kemampuan konsentrasi dan insting yang baik. 

Untuk melatih koordinasi, kamu bisa melakukan latihan, seperti memantulkan bola ke dinding dengan salah satu tangan dan menangkapnya kembali dengan tangan lainnya.

8. Daya ledak (explosive power)

10 Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani dan Bentuk LatihannyaIlustrasi latihan vertical jump (success.spartascience.com)

Unsur-unsur kebugaran jasmani yang tidak kalah penting adalah daya ledak atau explosive power. Daya ledak adalah kemampuan seseorang dalam melakukan gerakan dengan kekuatan maksimal, tetapi dengan waktu yang sangat singkat.

Terlihat sangat sulit, tetapi unsur ini bisa dilatih dengan melakukan beberapa gerakan fisik sederhana. Contohnya, vertical jump, side jump, dan front jump.

Baca Juga: 11 Cara Melatih Otot Kaki agar Kuat, Bisa Dicoba di Rumah

9. Keseimbangan (balance)

10 Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani dan Bentuk LatihannyaSikap lilin sebagai macam-macam senam lantai (freepik.com)

Berikutnya adalah unsur keseimbangan atau balance yang juga harus dikuasai oleh seseorang untuk menjaga kesehatan jasmaninya. Dengan memiliki keseimbangan yang bagus, kamu bisa melakukan berbagai gerakan lain dengan bagus pula.

Keseimbangan adalah kemampuan seseorang untuk mengendalikan semua gerakan tubuh supaya berjalan dengan baik. Untuk melatihnya, kamu bisa melakukan beberapa latihan simpel. Contohnya, sikap lilin, berdiri di sebuah balok, dan sebagainya.

Baca Juga: 12 Contoh Gerakan Lokomotor, Jaga Tubuh Tetap Bugar

10. Reaksi (reaction)

10 Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani dan Bentuk Latihannyapotret penjaga gawang menangkap bola (pixabay.com/phillipkofler)

Unsur terakhir yang juga penting adalah reaksi. Unsur reaksi adalah kemampuan tubuh dalam merespons stimulus, rangsangan, atau gerakan yang berasal dari luar tubuh. Bisa dari orang lain atau kondisi tertentu.

Latihan yang digunakan untuk mengasah unsur ini adalah melempar dan menangkap bola. Oleh sebab itu, unsur ini wajib dikuasai oleh kiper atau penjaga gawang.

Nah, itulah tadi 10 unsur-unsur kebugaran jasmani beserta bentuk latihannya yang wajib kamu ketahui. Tujuannya supaya badanmu tetap sehat dan bugar dalam menjalani berbagai aktivitas.

Baca Juga: 8 Contoh Gerakan Non Lokomotor, Lengkap beserta Pengertiannya

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya