6 Pemain Termahal yang Pernah Dijual oleh Girona FC

Oriol Romeu salah satu pemain Girona yang dijual mahal

Spanyol dihuni oleh sederet klub sepak bola yang punya popularitas besar. Sebut saja Barcelona, Real Madrid, dan Atletico Madrid. Ketiga klub ini rutin mewakili Spanyol di kompetisi top Eropa. Namun, selain klub-klub tersebut, masih ada klub asal Spanyol lain yang mampu mengancam, termasuk Girona FC.

Klub berjuluk Blanquivermells ini memang tak punya prestasi yang mencolok. Girona bahkan belum pernah menjuarai LaLiga. Meski begitu, Girona merupakan salah satu penghasil bakat-bakat potensial. Beberapa pemain berhasil berkembang di klub ini kemudian dijual mahal ke klub lain. Inilah enam pemain termahal yang pernah dijual oleh Girona.

1. Pedro Porro

6 Pemain Termahal yang Pernah Dijual oleh Girona FCpotret Pedro Porro (gironafc.cat)

Pedro Porro menyelesaikan kepindahannya dari Girona ke Manchester City pada musim panas 2019. Dalam kesepakatan transfer ini, ia ditebus dengan mahar 12 juta euro atau sekitar Rp199 miliar. Namun, pemain asal Spanyol itu belum pernah mencatatkan penampilan bersama The Citizens.

Pemain berusia 23 tahun tersebut justru dipinjamkan ke klub lain selama beberapa musim. Ia kemudian dipermanenkan Sporting CP pada 2022 dengan biaya 8,77 juta euro atau Rp145 miliar. Saat ini Porro bermain untuk salah satu raksasa EPL, yaitu Tottenham Hotspur.

2. Portu

6 Pemain Termahal yang Pernah Dijual oleh Girona FCpotret Portu (gironafc.cat)

Pemain bernama lengkap Cristian Portugues Manzanera ini menghabiskan seluruh kariernya di Spanyol. Beberapa klub pernah dibelanya, termasuk Girona. Portu memperkuat Girona selama 3 musim pada 2016 hingga 2019. Kiprahnya saat itu cukup impresif sehingga mampu menarik perhatian Real Sociedad.

Portu kemudian bergabung dengan Real Sociedad pada musim panas 2019. Real Sociedad rela mengeluarkan biaya 10 juta euro atau sekitar Rp166 miliar untuk merekrutnya. Penyerang sayap 31 tahun itu telah tampil dalam 137 pertandingan bersama Los Txuri-Urdin dengan mencatatkan 18 gol dan 16 assist.

3.  Yassine Bono

6 Pemain Termahal yang Pernah Dijual oleh Girona FCpotret Yassine Bono (gironafc.cat)

Sejak kedatangannya pada musim panas 2016, Yassine Bono berhasil mengamankan satu tempat di skuad Girona. Selama membela Blanquivermells, penjaga gawang asal Maroko itu mencatatkan 84 penampilan dengan torehan 25 clean sheet. Setelah 3 musim berkostum Girona, Bono dipinjamkan ke klub Spanyol lainnya, Sevilla.

Tidak butuh waktu lama, Bono langsung dipercaya untuk berada di bawah mistar gawang Sevilla. Ia akhirnya dipermanenkan Sevilla dengan mahar 4 juta euro atau Rp66 miliar. Pemain 32 tahun itu berperan besar dalam mengantarkan Los Nervionenses meraih dua gelar juara Liga Europa.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Berseragam Barcelona dan Girona, Ada Oriol Romeu

4.  Oriol Romeu

6 Pemain Termahal yang Pernah Dijual oleh Girona FCpotret Oriol Romeu (twitter.com/GironaFC)

Barcelona cukup aktif pada bursa transfer musim panas 2023. Beberapa nama anyar berhasil diboyong, salah satunya adalah Oriol Romeu. Barca mengeluarkan 3,4 juta euro atau Rp56 miliar untuk merekrut Romeu dari Girona. Ia sendiri merupakan jebolan akademi Barcelona, La Masia. Namun, persaingan ketat di lini tengah Blaugrana membuat dirinya hengkang.

Romeu sempat berkarier cukup lama di Inggris dengan memperkuat Chelsea dan Southampton. Pada 2022/2023, dirinya kembali ke Spanyol dengan bergabung bersama Girona. Romeu mampu tampil apik dengan membukukan 34 penampilan di semua kompetisi.

5.  Ramon Terrats

6 Pemain Termahal yang Pernah Dijual oleh Girona FCpotret Ramon Terrats (gironafc.cat)

Ramon Terrats menjadi pemain lainnya yang dijual Girona pada musim panas 2023. Pemain 22 tahun itu dipermanenkan Villarreal dengan biaya 2,5 juta euro atau Rp41 miliar. Terrats telah bergabung dengan Villarreal sejak musim dingin 2023 dengan status pinjaman. Ia mampu tampil reguler dengan mencatatkan 18 penampilan.

Pemain asal Spanyol itu menyepakati kontrak berdurasi 3 musim yang berlaku hingga 2026 mendatang. Dengan usia yang masih muda, Terrats dianggap sebagai salah satu aset berharga bagi Villarreal. Dirinya dapat bermain di berbagai posisi, yakni gelandang bertahan, gelandang tengah, dan bek tengah.

6. Anthony Lozano

6 Pemain Termahal yang Pernah Dijual oleh Girona FCpotret Anthony Lozano (gironafc.cat)

Anthony Lozano merupakan pesepak bola asal Honduras yang telah lama berkarier di Spanyol. Ia bergabung dengan Girona pada musim dingin 2018. Setelah 1,5 musim memperkuat Girona, Lozano berlabuh ke Cadiz dengan status pinjaman selama semusim.

Selama masa peminjamannya, penyerang 30 tahun itu mampu tampil cemerlang. Cadiz memutuskan untuk mempermanenkan Lozano seharga 2,5 juta euro atau Rp41 miliar. Lozano telah mencatatkan 124 penampilan bersama Cadiz dengan kontribusi 20 gol dan 9 assist. Pada musim panas 2023, Lozano resmi meninggalkan Cadiz dan bergabung dengan klub Spanyol lainnya, Getafe.

Girona mampu meraup keuntungan dari penjualan pemain-pemain di atas. Dana segar tersebut dimanfaatkan untuk pengembangan pemain mudanya agar dapat berkembang. Akankah ada nama lain yang mampu memecahkan rekor transfer para pemain di atas?

Baca Juga: Tak Hanya Lozano, 5 Pemain Meksiko ini juga Pernah Bermain di Serie A

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya