Comscore Tracker

5 Pemain yang Dilepas FC Porto dengan Harga Mahal ke Klub Ligue 1

Vitinha menjadi pemain anyar Paris Saint-Germain

FC Porto dikenal sebagai salah satu penghasil talenta-talenta muda. Para pemainnya selalu menjadi incaran klub-klub besar Eropa.

Ada cukup banyak pemain yang akhirnya dilepas dengan harga yang mahal. Pada musim panas 2022, Porto juga baru saja melepas gelandang andalan mereka, Vitinha, ke Paris Saint-Germain.

Dalam beberapa musim terakhir, Porto memang kerap melepas para pemainnya ke klub Ligue 1 Prancis.

1. Lucho Gonzalez (Rp330 miliar)

5 Pemain yang Dilepas FC Porto dengan Harga Mahal ke Klub Ligue 1Lucho Gonzalez (skysports.com)

Lucho Gonzalez merupakan pesepak bola asal Argentina yang mulai memperkuat FC Porto pada 2005. Pemain berposisi gelandang ini didatangkan FC Porto dengan biaya 11 juta euro atau setara dengan Rp178 miliar.

Sang pemain menghabiskan waktu selama 4 musim lamanya (2005—2009) bersama Porto. Dalam periode tersebut, ia mampu menorehkan 58 gol dan 35 assist dalam 234 pertandingan. Pada 2009, ia dilepas ke Marseille dengan biaya 21 juta euro alias Rp330 miliar.

2. Lisandro Lopez (Rp417 miliar)

5 Pemain yang Dilepas FC Porto dengan Harga Mahal ke Klub Ligue 1Lisandro Lopez (skysports.com)

Lisandro Lopez didatangkan FC Porto pada musim yang sama dengan Lucho Gonzalez. Striker asal Argentina ini berhasil tampil apik di lini depan. Ia membukukan 63 gol dan 23 assist dalam 143 pertandingan bersama Porto.

Penampilan apiknya membuat ia dilirik klub Prancis, Olympique Lyon. Alhasil, sang pemain ditebus Lyon dengan mahar 26 juta euro atau setara dengan Rp417 miliar. Performa Lopez kian berkembang kala berseragam Olympique Lyon.

Baca Juga: 5 Pemain Liverpool Terakhir yang Dilepas ke Klub Ligue 1

3. Joao Moutinho (Rp434 miliar)

5 Pemain yang Dilepas FC Porto dengan Harga Mahal ke Klub Ligue 1Joao Moutinho (wolves.co.uk)

Berstatus sebagai lulusan akademi Sporting Lisbon, Joao Moutinho melanjutkan kariernya dengan bergabung ke Porto pada 2010. Pemain asal Portugal ini lalu bertahan selama 3 musim. 

Berposisi sebagai gelandang, Moutinho mampu mencatatkan 140 penampilan dengan mencetak 10 gol dan 31 assist bersama Porto. Pada 2013, ia akhirnya diboyong ke AS Monaco. Biaya transfernya mencapai 27 juta euro atau setara dengan Rp434 miliar.

4. Vitinha (Rp721 miliar)

5 Pemain yang Dilepas FC Porto dengan Harga Mahal ke Klub Ligue 1Vitinha (teamtalk.com)

Vitinha merupakan produk asli akademi FC Porto. Pemain berkebangsaan Portugal ini mulai naik kasta ke tim senior pada 2020 lalu. Sempat dipinjamkan ke Wolverhampton Wanderers untuk mendapatkan jam terbang, Vitinha berhasil tampil impresif pada 2021/2022.

Performa impresifnya ini membuat klub kaya raya Prancis, Paris Saint-Germain, tertarik mendatangkannya. PSG rela merogoh kocek sebesar 46 juta euro alias Rp721 miliar pada musim panas 2022.

5. James Rodriguez (Rp782 miliar)

5 Pemain yang Dilepas FC Porto dengan Harga Mahal ke Klub Ligue 1James Rodriguez (skysports.com)

Keputusan James Rodriguez untuk mengembangkan kemampuan bermainnya bersama FC Porto berbuah manis. Pemain berpaspor Kolombia ini sukses tampil apik di lini tengah. Ia mampu mencetak 32 gol dan 42 assist dalam 108 pertandingan.

Berhasil tampil impresif lantas membuat James menjadi incaran banyak klub besar Eropa. AS Monaco menjadi pilihan berkarier selanjutnya. Ia dilepas ke Monaco dengan harga 49 juta euro alias Rp782 miliar pada 2013.

Pada bursa transfer musim panas 2022, FC Porto telah kehilangan dua pemain muda andalannya, yakni Fabio Vieira dan Vitinha. Porto memang menjadi destinasi yang tepat untuk mengembangkan kualitas para pemain muda.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Dilepas Porto ke Klub Premier League

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya