Anthony Elanga Pelan-pelan Jadi Wonderkid Manchester United

Dapat sorotan usai tampil gemilang untuk Setan Merah

Anthony Elanga tidak seterkenal wonderkid lain ketika diangkat ke tim utama Manchester United. Reputasinya memang tidak cukup meyakinkan. Namun, baru-baru ini Elanga mendapat sorotan usai tampil gemilang.

Elanga mencetak gol penentu kemenangan ketika Manchester United menghadapi Leeds United di English Premier League (EPL) pekan ke-26. Ia juga pecah telur di Liga Champions Eropa dalam laga imbang menghadapi Atletico Madrid pada babak 16 besar.

1. Anthony Elanga merupakan pemain berdarah Afrika yang lahir di Eropa

Anthony Elanga Pelan-pelan Jadi Wonderkid Manchester UnitedAnthony Elanga (instagram.com/anthonyelanga)

Lahir dengan nama Anthony David Junior Elanga, pemain berusia 19 tahun ini memiliki darah Afrika. Namun, ia lahir di Hyllie, Malmo, Swedia, 27 April 2002. Elanga memulai karier sepak bolanya di tim junior asal Swedia, IF Elfsborg dan Malmo FF.

Meskipun baru berusia 19 tahun, Anthony Elanga memiliki tinggi badan mencapai 1,87 cm. Ia awalnya bermain di posisi gelandang, tetapi kini lebih dikenal sebagai sayap kiri. Menurut mantan pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, Elanga memiliki akselerasi dan kecepatan yang cukup konsisten sebagai pemain sayap.

2. Anthony Elanga memiliki darah atlet dari ayahnya

Anthony Elanga Pelan-pelan Jadi Wonderkid Manchester UnitedAnthony Elanga (instagram.com/anthonyelanga)

Darah Afrika milik Anthony Elanga tidak lain dan tidak bukan diwarisi dari ayahnya, Joseph Elanga, yang berasal dari Kamerun, sebuah negara di kawasan Afrika Tengah. Ayahnya ternyata merupakan mantan pesepak bola profesional.

Ketika Anthony Elanga lahir, ayahnya masih bermain di Malmo FF. Itu sebabnya bocah satu ini dilahirkan di Swedia, bukan di Kamerun. Joseph Elanga juga membela tim nasional Kamerun pada putaran final Piala Dunia 1998 di Prancis.

Baca Juga: 10 Fakta Anthony Elanga, Bintang Masa Depan Manchester United

3.Karier Elanga sampai diangkat ke tim utama Setan Merah

Anthony Elanga Pelan-pelan Jadi Wonderkid Manchester UnitedAnthony Elanga saat menandatangani kontrak untuk Manchester United. (instagram.com/anthonyelanga)

Anthony Elanga masuk ke akademi Manchester United setelah usianya menginjak 13 tahun pada musim panas 2015. Secara bertahap, ia bermain di Manchester United U-18 pada 2018, bermain untuk tim U-23 pada 2020, dan akhirnya diangkat ke tim utama pada 2021 lalu.

Debut Elanga terjadi dalam laga pramusim Liga Inggris 2020/2021 melawan Aston Villa di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer. Kala itu, sang pemain menggantikan Marcus Rashford pada menit ke-75. Namun, klub kalah 0-1 dari lawan.

Solskjaer kemudian resmi memberi kontrak untuk Elanga pada musim panas 2021. Ia melakoni laga debut kompetitifnya ketika klub mengalami kekalahan 1-2 oleh Leicester City pada 11 Mei 2021. Elanga hanya bermain selama 66 menit karena Edinson Cavani masuk menggantikannya.

4. Gol debut Elanga untuk Manchester United sampai pecah telur di Liga Champions

Anthony Elanga Pelan-pelan Jadi Wonderkid Manchester UnitedAnthony Elanga (instagram.com/anthonyelanga)

Sepekan setelah melakoni laga debut, dalam pertandingan keduanya pada 23 Mei 2021, Anthony Elanga langsung mencetak gol untuk The Red Devils. Ia bahkan sukses membuka keunggulan dengan cepat ketika pertandingan baru berjalan 13 menit. 

Saat itu, Manchester United menang 2-1 atas Wolverhampton Wanderers dalam lanjutan Premier League 2020/2021 pekan ke-38. Elanga bermain sejak awal laga dan mencetak golnya lewat sundulan setelah mendapat umpan terobosan dari Daniel James. Satu gol lainnya dicetak Juan Mata lewat penalti. 

Elanga juga mencetak gol penentu kemenangan ketika klub membantai Leeds United dengan skor 4-2 di Premier League 2021/2022 pekan ke-26. Nama Elanga mencuat lagi lantaran pecah telur di Liga Champions. Ia menjebol gawang Atletico Madrid pada babak 16 besar. Meskipun hasil pertandingan imbang, sang pemain tetap mendapat sorotan khusus.

5. Statistik lengkap Elanga sejauh ini

Anthony Elanga Pelan-pelan Jadi Wonderkid Manchester UnitedAnthony Elanga (instagram.com/anthonyelanga)

Tampaknya Anthony Elanga muncul pada momen yang tepat usai kasus Mason Greenwood heboh. Elanga bisa menjadi wonderkid baru Manchester United. Ia saat ini merupakan pemain termuda dalam skuad Setan Merah 2021/2022.

Sejauh ini, Elanga menorehkan 4 gol dalam 16 penampilan di Premier League, FA Cup, Carabao Cup, dan Liga Champions. Namun, secara keseluruhan, jika dihitung dengan tim junior, sang pemain telah mencetak 30 gol 16 assist dalam 85 penampilan di semua kompetisi.

Anthony Elanga bisa dibilang tidak punya saingan yang cukup berarti dari deretan pemain muda di Manchester United. Ia berpotensi berkembang dengan baik bersama Manchester United jika penampilannya konsisten. Elanga juga terikat kontrak hingga 2026.

Baca Juga: 9 Fakta Anthony Gordon, Wonderkid Everton yang Kian Bersinar

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya