5 Eks Bayern Munich yang Hijrah ke Luar Eropa, Mane Terbaru!

Sadio Mane hijrah ke Al-Nassr dari Bayern Munich

Hubungan kerja sama di antara Bayern Munich dan Sadio Mane dipastikan berakhir pada musim panas 2023. Die Roten melepas Sadio Mane ke klub Arab Saudi, Al-Nassr. Hal ini mengakhiri kolaborasi keduanya yang berjalan sangat singkat, yaitu hanya semusim.

Mane bakal memulai petualangan barunya di Asia. Di sisi lain, kepergian Mane menambah deretan mantan pemain Bayern Munich yang melanjutkan karier ke luar Eropa. Kebanyakan dari mereka sudah melewati puncak performanya. Inilah lima eks Bayern Munich yang hijrah ke luar Eropa.

1. Julio dos Santos

5 Eks Bayern Munich yang Hijrah ke Luar Eropa, Mane Terbaru!Julio dos Santos saat membela Vasco da Gama (vasco.com.br)

Julio dos Santos tak bersinar di Bayern Munich. Selama 2 musim (2006--2008), namanya hanya jadi pelapis di skuad Die Roten. Julio bahkan pernah dipinjamkan ke Gremio. Puncaknya, ia dilepas secara permanen ke Athletico Parainaense pada musim panas 2008 lalu secara gratis.

Ia membela klub barunya itu hingga 2015. Meski cukup lama, Julio sebenarnya tak menjadi pilihan utama. Beroperasi sebagai gelandang, Julio hanya dipercaya tampil sebanyak 26 kali. Ia lalu dilepas dengan status bebas transfer. Kariernya masih berlanjut di Brasil bersama Vasco da Gama.

2. Sandro Wagner

5 Eks Bayern Munich yang Hijrah ke Luar Eropa, Mane Terbaru!Sandro Wagner (twitter.com/FCBayernEN)

Sandro Wagner memutuskan untuk hengkang dari Bayern Munich pada musim dingin 2019. Ia memilih untuk hijrah ke China pada usia yang sudah tak muda lagi. Wagner sepakat untuk bergabung ke Tianjin Teda. Kehadirannya ternyata mampu menambah daya serang klub barunya tersebut.

Jebolan akademi Die Roten itu berhasil mengemas 12 gol dari 26 penampilan di China. Tianjin Teda pun menjadi klub terakhir yang ia bela sewaktu aktif sebagai pemain. Pasalnya, Wagner memutuskan untuk pensiun pada Juli 2020. Ia lalu menekuni bidang yang lebih tinggi sebagai asisten pelatih.

Baca Juga: 4 Pemain Aktif Borussia Dortmund yang Pernah Memperkuat Bayern Munich

3. Rafinha

5 Eks Bayern Munich yang Hijrah ke Luar Eropa, Mane Terbaru!Rafinha (twitter.com/Flamengo)

Rafinha menikmati kariernya bersama Bayern Munich. Selama 8 musim (2011--2019), Rafinha sukses bergelimang gelar. Ia lalu meninggalkan Bayern Munich demi pulang ke Brasil. Ia sepakat untuk pindah ke Flamengo pada musim panas 2019. Namun, Rafinha hanya bertahan semusim.

Ia sempat berkelana ke Olympiacos dan Gremio. Meski begitu, Flamengo tetap berkesan untuknya. Rafinha lantas kembali ke klub yang pernah dibelanya itu pada awal 2022. Sejak saat itu, ia terus bertahan hingga kini serta dipercaya sebagai kapten. Rafinha sudah tampil sebanyak 45 kali.

4. Javi Martinez

5 Eks Bayern Munich yang Hijrah ke Luar Eropa, Mane Terbaru!Javi Martinez (twitter.com/Javi8martinez)

Javi Martinez memutuskan untuk hengkang dari Bayern Munich pada musim panas 2021. Hal itu sekaligus menyudahi masa baktinya yang sudah terjalin selama 9 tahun. Martinez memilih untuk pergi ke Asia, tepatnya Qatar demi mencoba suasana baru. Ia bergabung dengan Qatar SC secara gratis.

Dengan kualitas yang dimilikinya, Martinez tak kesulitan untuk beradaptasi. Ia langsung dipercaya sebagai jenderal lapangan tengah di klub barunya itu. Martinez sudah diturunkan dalam 47 pertandingan di semua ajang. Catatan itu bisa bertambah sebab dirinya masih aktif bermain.

5. Sadio Mane

5 Eks Bayern Munich yang Hijrah ke Luar Eropa, Mane Terbaru!Sadio Mane (instagram.com/championsleague)

Sadio Mane akhirnya meninggalkan Bayern Munich pada musim panas 2023. Kepastian ini diperoleh usai dirinya sepakat untuk hijrah ke klub Arab Saudi, Al-Nassr. Biaya transfer Mane itu mencapai 37 juta euro atau sekitar Rp617 miliar. Mane menambah suntikan berharga di lini serang Al-Nassr.

Mane menyusul kepindahan sederet bintang Eropa yang hijrah ke Liga Arab Saudi. Sementara bagi Al-Nassr, kehadiran Mane sangat dibutuhkan. Ia menjadi rekrutan keempat pada musim panas 2023. Sebelumnya, Al-Nassr sudah merekrut Marcelo Brozovic, Seko Fofana, dan Alex Telles.

Kelima pemain di atas meninggalkan Bayern Munich pada usia yang sudah tak muda lagi. Itu sebabnya mereka pergi ke tempat yang jauh. Mereka ingin menghabiskan sisa kariernya tanpa tekanan sebesar di Eropa.

Baca Juga: Sadio Mane dan Roberto Firmino Bakal Reuni di Al Ahli?

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya