5 Gelandang Termahal Liverpool Era Juergen Klopp

Tiga di antaranya baru bergabung

Juergen Klopp telah membawa banyak perubahan di Liverpool. Sejak ditunjuk sebagai pelatih pada 2015 lalu, ia mengembalikan kejayaan The Reds yang sempat hilang. Aktivitas transfer Liverpool juga makin mumpuni dengan kedatangan sederet pemain bintang ke Anfield.

Selama memimpin The Reds, Klopp sendiri sudah merekrut banyak pemain untuk memperkuat tiap lini, khususnya di lini tengah. Beberapa nama bahkan diboyong Liverpool dengan harga mahal. Siapa sajakah gelandang termahal Liverpool era Juergen Klopp.

1. Dominik Szoboszlai direkrut dengan harga tinggi dari RB Leipzig

5 Gelandang Termahal Liverpool Era Juergen KloppDominik Szoboszlai (instagram.com/liverpoolfc)

Liverpool melakukan regenerasi di lini tengah pada musim panas 2023. Usai kehilangan beberapa gelandang andalannya, The Reds merekrut pengganti yang lebih muda dan bertenaga. Salah satu nama yang sukses didatangkan ke Anfield itu adalah Dominik Szoboszlai. 

Ia direkrut dari RB Leipzig seharga 70 juta euro atau sekitar Rp1,1 triliun. The Reds memberikannya kontrak dengan durasi selama 5 musim. Kehadiran Szoboszlai bakal memberikan warna baru di lini tengah Liverpool. Ia disebut-sebut sebagai penerus Steven Gerrard dan mengenakan nomor punggung 8.

2. Naby Keita kesulitan bersinar karena masalah cedera

5 Gelandang Termahal Liverpool Era Juergen KloppNaby Keita (twitter.com/LFC)

Sebelum Szoboszlai, Liverpool sebenarnya pernah merekrut gelandang lain dari RB Leipzig. Hal itu terealisasi pada musim panas 2018. Saat itu, The Reds mendatangkan Naby Keita ke Anfield dengan biaya 60 juta euro atau sekitar Rp1 triliun. Ia menambah variasi di lini tengah tim.

Meski datang dengan harga mahal, Keita justru kesulitan untuk bersinar. Selama 5 musim di Liverpool, kiprah Keita lebih banyak dihantam badai cedera. Ia kerap menepi dan absen dalam banyak pertandingan. Tercatat, Keita hanya tampil 129 kali bersama Liverpool. Ia pun dilepas secara gratis pada musim panas 2023.

Baca Juga: Liverpool Tanpa Sadar Sudah Punya Pengganti Salah

3. Fabinho menghabiskan kariernya selama 5 musim di Liverpool

5 Gelandang Termahal Liverpool Era Juergen KloppFabinho (liverpoolfc.com)

Liverpool merekrut Fabinho pada bursa transfer musim panas 2018 lalu. Gelandang asal Brasil itu digaet dari AS Monaco seharga 45 juta euro atau sekitar Rp740 miliar. Pembelian ini sepenuhnya tepat. Pasalnya, Fabinho mampu menjelma jadi gelandang jangkar andalan The Reds.

Ia berseragam Liverpool selama 5 musim. Dalam kurun waktu tersebut, Fabinho nyaris tak tergantikan di posisinya. Ia membuat 219 penampilan serta meraih beberapa gelar, termasuk 1 titel juara English Premier League dan 1 gelar juara Liga Champions Eropa. Pada musim panas 2023, Fabinho hijrah ke Al-Ittihad.

4. Alexis Mac Allister direkrut dari sesama klub EPL, Brighton & Hove Albion

5 Gelandang Termahal Liverpool Era Juergen KloppAlexis Mac Allister (instagram.com/liverpoolfc)

Alexis Mac Allister merupakan rekrutan perdana Liverpool pada musim panas 2023. Untuk mendapatkan jasanya dari Brighton, The Reds harus membayar 42 juta euro atau sekitar Rp691 miliar. Mac Allister dikontrak dengan durasi selama 5 musim ke depan.

Kehadiran pemain berpaspor Argentina itu jadi suntikan berharga di lini tengah Liverpool. Kualitasnya bisa meningkatkan sistem permainan tim. Tak hanya itu, Mac Allister juga sudah menunjukkan rekam jejaknya yang gemilang, baik bersama Brighton maupun Timnas Argentina.

5. Ryan Gravenberch menambal lubang yang ada di lini tengah The Reds

5 Gelandang Termahal Liverpool Era Juergen KloppRyan Gravenberch (liverpoolfc.com)

Kegagalan mendapatkan Romeo Lavia dan Moises Caicedo memaksa Liverpool menjadi opsi lain. Dari beberapa nama, The Reds akhirnya sepakat untuk memboyong Ryan Gravenberch pada musim panas 2023. Gravenberch ditebus dari Bayern Munich seharga 40 juta euro atau sekitar Rp658 miliar.

Gelandang muda asal Belanda itu diikat kontrak dengan durasi selama 5 musim hingga Juni 2028. Liverpool bakal menempatkannya sebagai pengganti Fabinho sebagai gelandang bertahan. Terlebih lagi, kualitas Gravenberch tentu bisa berkembang sebab masih berusia 20 tahun.

Dari kelima nama di atas, tiga pemain bergabung pada musim panas 2023. Mereka sama-sama masih berusia muda sehingga jadi aset potensial bagi Liverpool. Bisakah mereka membawa The Reds kembali berjaya di kancah domestik dan Eropa?

Baca Juga: 4 Pemain Top Gagal Direkrut Liverpool pada Musim Panas 2023

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya