3 Kiper Utama EPL yang Kehilangan Posisinya pada 2023/2024

Berpotensi hengkang pada musim dingin 2023?

English Premier League (EPL) 2023/2024 telah berlangsung sejak Agustus 2023. Berbagai keseruan hadir di dalamnya, khususnya persaingan tiap tim yang saling sikut demi menjadi yang teratas. Tak hanya itu, persaingan antarpemain untuk mendapatkan tempat utama juga menambah daya tarik tersendiri.

Menjadi andalan utama klub EPL merupakan sebuah prestasi besar. Namun, tingkat persaingannya sangat ketat. Hal ini dirasakan oleh sederet kiper yang pernah menjadi andalan klub-klub EPL. Beberapa kiper berikut ini kehilangan posisinya karena faktor persaingan dengan nama-nama lain. Siapa saja mereka?

1. Porsi bermain Lukasz Fabianski berkurang karena faktor usia

3 Kiper Utama EPL yang Kehilangan Posisinya pada 2023/2024Lukasz Fabianski (instagram.com/lukasz.fabianski)

Manajer West Ham United, David Moyes, melakukan sedikit perubahan di struktur kiper untuk musim 2023/2024. Alphonse Areola yang awalnya menjadi kiper cadangan dipercaya sebagai kiper utama The Hammers. Ia mengambil alih posisi dari Lukasz Fabianski yang berganti menjadi kiper pelapis.

Perubahan ini dilakukan karena faktor usia. Fabianski sudah menginjak 38 tahun sehingga perlu regenerasi. Selain itu, Areola juga menunjukkan kapasitas terbaiknya sebagai kiper utama. Alhasil, pergantian ini membuat menit bermain yang diperoleh Fabianski menurun drastis daripada musim-musim sebelumnya.

Secara keseluruhan, Fabianski baru dipercaya untuk tampil sebanyak 3 kali dengan koleksi 1 clean sheet. Semuanya ia jalani di ajang Piala FA dan Liga Europa. Sementara di kompetisi English Premier League, jatah bermain diberikan kepada Areola yang belum tergantikan hingga sekarang.

Baca Juga: 10 Pemain Belanda yang Pernah Berseragam Tottenham Hotspur

2. Hugo Lloris mengakhiri petualangannya di Tottenham Hotspur dengan cara yang berbeda

3 Kiper Utama EPL yang Kehilangan Posisinya pada 2023/2024Hugo Lloris (premierleague.com)

Masa depan Hugo Lloris di Tottenham Hotspur terjawab. Musim 2023/2024 bakal menjadi musim terakhirnya bersama klub berjuluk The Lilywhites tersebut. Lloris meninggalkan Tottenham Hotspur setelah mengabdi selama 12 tahun. Ia pergi dengan catatan mentereng sebagai salah satu pemain loyal The Lilywhites.

Meski berstatus sebagai pemain senior, musim terakhir yang dijalani oleh Lloris sangat berbeda. Pasalnya, ia benar-benar dikesampingkan dari skuad. Lloris tak pernah tampil pada musim 2023/2024 sejauh ini. Tottenham Hotspur lebih memilih Gugliermo Vicario dan Fraser Forster sebagai dua kiper utama.

Lloris sebenarnya sempat dikabarkan bakal hijrah pada musim panas 2023 lalu. Ia menjadi buruan dari Lazio hingga klub Arab Saudi. Namun, kesepakatan transfer gagal terealisasi. Tawaran juga datang dari klub kota kelahirannya, OGC Nice. Namun, tawaran tersebut dinilai terlalu lama karena bursa transfer nyaris ditutup.

3. Posisi Aaron Ramsdale sebagai kiper utama Arsenal goyah karena kehadiran nama baru

3 Kiper Utama EPL yang Kehilangan Posisinya pada 2023/2024Aaron Ramsdale (instagram.com/aaronramsdale)

Dari segi kedalaman skuad, Arsenal memiliki komposisi tim yang merata pada musim 2023/2024. Di sektor kiper, misalnya, The Gunners memiliki dua kiper berkualitas, yaitu Aaron Ramsdale dan David Raya. Ramsdale merupakan kiper utama Arsenal, sementara Raya berstatus pinjaman dari Brentford.

Sayangnya, kehadiran Raya ke Emirates Stadium menjadi alarm bahaya bagi Ramsdale. Hal itu sudah terlihat pada awal musim 2023/2024. Ramsdale mulai kehilangan posisinya sebagai kiper nomor satu Arsenal. Ia dicadangkan dalam beberapa laga terakhir The Gunners.

Total, Ramsdale baru mengoleksi 6 penampilan dengan raihan 2 clean sheet. Menit bermain yang kian berkurang bakal memengaruhi performanya di atas lapangan. Terlebih lagi, Raya punya kans yang besar untuk dipermanenkan oleh Arsenal sebab dirinya tampil menjanjikan sejauh ini.

Ketiga kiper EPL di atas tergusur sebagai kiper utama karena alasan yang beragam. Namun, nasib mereka yang harus menelan pil pahit saat ini menjadi sebuah bukti nyata. EPL merupakan kompetisi yang sangat kompetitif, bahkan dari segi persaingan posisi utama di klub masing-masing.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Perpanjang Kontrak di Arsenal, Loyal!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya