5 Pemilik Nomor Punggung 10 Borussia Monchengladbach sebelum Neuhaus

Aset berharga yang dimiliki oleh Gladbach

Borussia Monchengladbach tak terlalu aktif dalam berburu pemain pada musim panas 2023. Klub berjuluk Die Fohlen ini lebih berfokus kepada perbaikan di dalam skuadnya. Sederet pemain andalan diamankan jasanya dalam waktu lama, termasuk Florian Neuhaus.

Gladbach baru saja memperpanjang kontrak Neuhaus hingga Juni 2027 mendatang. Gelandang berusia 26 tahun itu juga diberikan nomor punggung baru, yaitu 10. Nomor tersebut sejatinya lebih sering dipakai oleh penyerang dibandingkan pemain lain di Gladbach.

Sebelum Neuhaus, inilah lima pemain Borussia Monchengladbach yang memakai nomor punggung 10.

1. Raul Bobadilla

5 Pemilik Nomor Punggung 10 Borussia Monchengladbach sebelum NeuhausRaul Bobadila (twitter.com/borussia_en)

Raul Bobadilla punya perjalanan karier yang panjang bersama Borussia Monchengladbach. Ia pun kerap berganti-ganti nomor punggung di sana. Kiprahnya di Gladbach berawal pada musim panas 2009. Bobadilla bergabung ke Gladbach untuk menambah ketajaman di lini serang.

Ia sempat memakai nomor punggung 10 pada musim debutnya. Setelah itu, Bobadilla mengubahnya menjadi nomor 9 hingga musim 2011/2012. Bobadilla sempat berkelana ke klub lain. Ia lalu kembali ke Gladbach pada musim 2017/2018. Tak seperti sebelumnya, Bobadilla justru memakai nomor punggung 26.

2. Igor de Camargo

5 Pemilik Nomor Punggung 10 Borussia Monchengladbach sebelum NeuhausIgor de Camargo (twitter.com/borussia_en)

Keputusan Bobadilla mengubah nomor punggungnya pada awal musim 2010/2011 menjadi berkah tersendiri bagi pemain lain. Igor de Camargo yang baru bergabung dengan Gladbach langsung dipercaya sebagai pengguna nomor punggung 10. Ia memakainya selama 3 musim beruntun.

Camargo menjadi tumpuan di lini serang Die Adler. Ia mampu mengemas 19 gol dan 6 assist dari 74 penampilan di semua kompetisi. Ia bertahan di Gladbach hingga pertengahan musim 2012/2013. Camargo lalu dipinjamkan ke Hoffenheim dan ditebus permanen pada musim berikutnya.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Didatangkan Galatasaray dari Bundesliga

3. Max Kruse

5 Pemilik Nomor Punggung 10 Borussia Monchengladbach sebelum NeuhausMax Kruse (twitter.com/borussia_en)

Setelah Camargo, pemilik nomor punggung 10 Borussia Monchengladbach selanjutnya adalah Max Kruse. Ia bergabung dengan skuad Die Adler pada musim panas 2013. Kruse langsung memakai nomor tersebut hingga akhir kariernya bersama Gladbach. Ia membela Die Adler selama 2 musim.

Meski kiprahnya berjalan singkat, kontribusi Kruse terbilang cukup menjanjikan. Ia mampu mencetak 25 gol dan 22 assist dari 77 penampilan. Catatan itu membuat sejumlah klub Bundesliga lain tertarik dengan aksinya. Kruse akhirnya hengkang ke Wolfsburg pada musim panas 2015 lalu.

4. Thorgan Hazard

5 Pemilik Nomor Punggung 10 Borussia Monchengladbach sebelum NeuhausThorgan Hazard (bundesliga.com)

Thorgan Hazard menikmati kariernya di Borussia Monchengladbach. Ia membela Die Fohlen sejak musim 2014/2015. Awalnya, Hazard hanya berstatus pinjaman dari Chelsea. Ia memakai nomor punggung 26 pada musim debutnya. Namun, jasanya dipermanenkan karena tampil impresif.

Usai kepergian Kruse, Hazard mengambil alih nomor punggung 10 Gladbach. Momentum tersebut dimanfaatkannya dengan baik. Ia mampu membuktikan kualitas terbaiknya. Hazard sukses mengemas 46 gol dan 44 assist dari 182 laga. Ia pun direkrut oleh Borussia Dortmund pada musim panas 2019.

5. Marcus Thuram

5 Pemilik Nomor Punggung 10 Borussia Monchengladbach sebelum NeuhausMarcus Thuram (twitter.com/ChampionsLeague)

Marcus Thuram menjadi pemilik nomor punggung 10 Gladbach setelah Thorgan Hazard. Ia mulai mengenakan nomor tersebut sejak bergabung pada musim 2019/2020. Marcus setia dengan nomor tersebut selama membela Dia Fohlen. Hal itu sejalan dengan performanya yang produktif di lini serang.

Marcus merupakan figur penting Gladbach soal produktivitas gol. Ketajamannya sudah teruji bersama Die Fohlen. Marcus sukses mencetak 44 gol dan 29 assist dari 134 penampilan. Kontraknya habis pada Juni 2023. Marcus hengkang ke Inter Milan sebagai pengganti Edin Dzeko dan Romelu Lukaku.

Florian Neuhaus sebenarnya pernah mendapatkan sejumlah tawaran dari klub lain, termasuk Bayern Munich. Namun, ia masih tetap setia bersama Gladbach. Akankah ia menjadi legenda Die Fohlen suatu saat nanti?

Baca Juga: 5 Eks Borussia Monchengladbach yang Hengkang ke Klub Besar Eropa

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya