3 Nonkiper yang Memakai Nomor Punggung 25 di LaLiga 2023/2024

Nomor ini memang biasa dipakai kiper

Berbeda dengan liga top Eropa lainnya, LaLiga Spanyol punya regulasi khusus soal nomor punggung pemain. Hanya ada nomor 1—25 yang tersedia untuk pemain yang berada di skuad utama. Kiper juga hanya bisa memilih tiga nomor punggung, yaitu 1, 13, dan 25, untuk digunakan.

Dalam beberapa situasi, nomor punggung 25 di LaLiga tak selalu dipakai kiper. Pasalnya, ada pemain lain yang menggunakannya karena keterbatasan opsi nomor yang ingin dikenakan. Pada 2023/2024, ada tiga nonkiper di LaLiga yang memakai nomor punggung 25.

1. Eric Garcia dipinjam Girona pada musim panas 2023

3 Nonkiper yang Memakai Nomor Punggung 25 di LaLiga 2023/2024Eric Garcia (twitter.com/GironaFC)

Eric Garcia merupakan salah satu rekrutan anyar Girona pada musim panas 2023. Ia bergabung dengan status pinjaman dari klub sekota, Barcelona, selama semusim penuh. Kedatangannya itu tak terlepas dari keinginan Garcia yang ingin tampil reguler. Terbukti, ia mampu melakukannya bersama Girona.

Garcia menyegel satu tempat di lini belakang Girona. Ia sudah tampil dalam empat laga klubnya itu di semua kompetisi. Tak hanya itu, Garcia juga membawa Girona tampil sensasional pada awal musim 2023/2024. Mereka berhasil merangsek ke papan atas klasemen LaLiga.

Cerita perjalanan Garcia tak berhenti sampai di situ. Soal nomor punggungnya, ia memilih nomor punggung 25. Ia tak punya opsi lain sebab skuad Girona yang sudah padat. Menariknya, pemilik nomor tersebut sebelumnya juga bukan kiper, yaitu Manu Vallejo dan Alexander Callens.

Baca Juga: 6 Pemain Portugal yang Juara LaLiga Spanyol Bareng Barcelona

2. Adnan Januzaj mengubah nomor punggungnya menjadi 25 pada awal musim 2023/2024

3 Nonkiper yang Memakai Nomor Punggung 25 di LaLiga 2023/2024Adnan Januzaj (sevillafc.es)

Perjalanan karier Adnan Januzaj masih berlanjut. Ia kini memasuki musim keduanya bersama Sevilla. Meski begitu, petualangannya bersama Los Nervionenses justru tak berjalan mulus. Ia hanyalah pemain cadangan di Sevilla. Nasibnya pun tak jelas, bahkan nomor punggungnya diambil pemain lain.

Pada musim debutnya, Januzaj sejatinya memakai nomor punggung 11. Namun, ia hanya menggunakan nomor tersebut selama setengah musim. Sebab, pada paruh kedua 2022/2023, Januzaj dipinjamkan kepada klub Turki, Istanbul Basaksehir.

Usai masa pinjamannya berakhir, Januzaj kembali masuk ke skuad Sevilla. Sayangnya, ia harus mengubah nomor punggungnya menjadi 25. Hal itu terjadi sebab nomor lama miliknya, 11, dipakai rekrutan anyar Sevilla, Dodi Lukebakio.

3. Maxi Gomez kembali ke LaLiga usai sepakat bergabung dengan Cadiz

3 Nonkiper yang Memakai Nomor Punggung 25 di LaLiga 2023/2024Maxi Gomez (twitter.com/gomez_maxi9)

Satu pemain LaLiga lainnya yang memakai nomor punggung 25 adalah Maxi Gomez. Ia menggunakan nomor tersebut bersama klub barunya, Cadiz. Gomez bergabung ke Cadiz dengan status pinjaman dari Trabzonspor. Kehadirannya ditujukan untuk menambah daya serang Cadiz.

Meski begitu, performa pemain asal Uruguay itu masih belum maksimal. Ia masih membutuhkan lebih banyak waktu untuk beradaptasi dengan klub barunya tersebut. Pasalnya, dari enam laga yang sudah ia jalani, Gomez belum mampu mencetak gol mau pun assist.

Gomez sejatinya sudah tak asing dengan atmosfer LaLiga. Cadiz juga bukanlah klub Spanyol pertama yang dibelanya. Ia sempat berkarier di LaLiga bersama dua klub berbeda, Celta Vigo dan Valencia. Kiprahnya bersama kedua klub itu cenderung stagnan sehingga hijrah ke Turki pada musim panas 2022 lalu.

Nomor punggung 25 menjadi opsi satu-satunya bagi mereka karena skuad klubnya yang sudah padat. Apalagi sebagian besar dari mereka merupakan rekrutan anyar klubnya masing-masing.

Baca Juga: 3 Pemain Jepang Tersubur di LaLiga, Takefusa Kubo di Puncak!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya