6 Pemain Portugal yang Juara LaLiga Spanyol Bareng Barcelona

Joao Felix dan Joao Cancelo bisa menyusul

Barcelona kedatangan dua pemain top asal Portugal pada musim 2023/2024. Mereka adalah Joao Felix yang berposisi winger serta Joao Cancelo sang bek sayap lincah. Meski hanya berstatus pinjaman, keduanya sukses tampil apik bersama Blaugrana pada awal musim.

Bukan mustahil, duo Portugal itu bakal membawa Barcelona meraih sukses. Salah satu incaran utama Barca tentu mempertahankan gelar juara LaLiga Spanyol. Jika berhasil, duo Joao tersebut bakal menyusul enam pemain Portugal berikut yang terlebih dahulu menjuarai LaLiga bareng Barcelona.

1. Luis Figo sukses bersama Barcelona tetapi kemudian berkhianat

6 Pemain Portugal yang Juara LaLiga Spanyol Bareng BarcelonaLuis Figo (fcbarcelona.com)

Pertama, ada Luis Figo, salah satu pemain Portugal terbaik dalam sejarah. Figo pernah membela Barcelona pada 1995–2000. Ia menjadi salah satu pemain kunci Barca dalam memenangi tujuh trofi. Itu termasuk dua gelar LaLiga pada musim 1997/1998 dan 1998/1999.

Alih-alih menjadi pahlawan dan legenda, Figo berubah jadi musuh yang dibenci fans Barcelona. Pasalnya, ia berkhianat ketika pindah ke Real Madrid, bahkan lebih sukses bersama mereka. Nama Figo pun akhirnya terus dikenang tak hanya karena kualitasnya, tetapi juga karena kontroversi kepindahan tersebut.

Baca Juga: 5 Transfer Terakhir antara Barcelona dan Atletico Madrid

2. Fernando Couto raih enam trofi dalam 2 musim di Barcelona

6 Pemain Portugal yang Juara LaLiga Spanyol Bareng BarcelonaFernando Couto (fcbarcelona.com)

Pada era yang sama dengan Figo, ada Fernando Couto, bek tengah legendaris Portugal. Couto paling dikenal berkat suksesnya saat bermain di Serie A Italia. Namun, ia juga punya prestasi hebat di Spanyol bersama Barcelona.

Couto hanya berseragam Barcelona selama 2 musim pada 1996–1998. Ia mencatat 60 penampilan di semua ajang dan menyumbang dua gol. Meski singkat, Couto turut memenangi enam trofi bareng Barcelona, termasuk 1 gelar LaLiga dan 2 trofi Eropa.

3. Vitor Baia sempat membela Barcelona bareng Figo dan Couto

6 Pemain Portugal yang Juara LaLiga Spanyol Bareng BarcelonaVitor Baia (fcbarcelona.com)

Sama dengan Couto, Vitor Baia juga berseragam Barcelona pada 1996–1998. Maka, pada periode tersebut skuad Barcelona diisi tiga pemain top asal Portugal. Baia sendiri adalah salah satu penjaga gawang terbaik yang pernah dimiliki Portugal.

Baia merupakan kiper andalan pada musim pertamanya di Barcelona. Ia tersisih jadi pelapis pada musim kedua, tetapi turut mengangkat trofi LaLiga 1997/1998. Total, Baia bermain 54 kali bagi Barcelona dan membuat 18 clean sheet.

4. Deco bawa Barcelona juara LaLiga dan Liga Champions

6 Pemain Portugal yang Juara LaLiga Spanyol Bareng BarcelonaDeco (fcbarcelona.com)

Ada pula Deco, gelandang Portugal kelahiran Brasil. Deco mulai bersinar berkat suksesnya bersama FC Porto, termasuk saat menjuarai Liga Champions 2003/2004. Segera, ia jadi incaran banyak klub besar Eropa. Akhirnya Barcelona yang beruntung mendapatkannya.

Karier Deco bersama Barcelona pun langsung diwarnai sukses. Ia membawa Blaugrana juara LaLiga 2004/2005 dan 2005/2006. Deco juga meraih trofi Liga Champions keduanya pada 2005/2006 bersama Barcelona.

5. Nelson Semedo juara LaLiga dua kali beruntun bersama Barcelona

6 Pemain Portugal yang Juara LaLiga Spanyol Bareng BarcelonaNelson Semedo (fcbarcelona.com)

Lebih dari 1 dekade setelah Deco, ada lagi pemain Portugal yang juara LaLiga bersama Barcelona. Momen itu terjadi pada 2017/2018 dan 2018/2019. Barca juara LaLiga dua kali beruntun berkat peran bek kanan asal Portugal, Nelson Semedo.

Selain itu, Semedo juga turut memenangi Copa del Rey 2017/2018 dan Piala Super Spanyol bareng Barcelona. Semedo sendiri membela Barcelona pada 2017–2020. Meski tak selalu jadi andalan, ia bisa melakoni total 124 penampilan di semua ajang.

6. Andre Gomes turut menangi LaLiga 2017/2018

6 Pemain Portugal yang Juara LaLiga Spanyol Bareng BarcelonaAndre Gomes (instagram.com/aftgomes21)

Saat menjuarai LaLiga 2017/2018, skuad Barcelona juga dihuni Andre Gomes. Ia adalah gelandang Portugal yang memperkuat El Barca pada 2016–2019. Namun, Andre Gomes tak ikut mengangkat trofi LaLiga 2018/2019 karena saat itu sedang dipinjamkan ke Everton. Selain trofi LaLiga, Gomes juga meraih 2 trofi Copa del Rey dan 1 Piala Super Spanyol di Barcelona. Gomes meninggalkan Barcelona pada 2019 setelah dipermanenkan Everton.

Joao Felix dan Joao Cancelo punya kans menyusul enam pemain di atas. Mereka bisa menjuarai LaLiga bersama Barcelona pada 2023/2024. Bahkan, mereka mungkin akan menjadi pemain kunci Blaugrana dalam melakukannya.

Baca Juga: 5 Pemain Barcelona 2023 yang Direkrut dari Sesama Klub LaLiga

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya