4 Opsi Penyerang yang Dipakai PSG pada 2023/2024, Deretan Nama Muda!

Regenerasi usai ditinggal nama-nama senior

Paris Saint-Germain tidak mengawali musim 2023/2024 dengan mulus. Klub kaya raya asal Paris ini masih kesulitan untuk bersaing di papan atas klasemen Ligue 1 Prancis. Sementara, di Liga Champions Eropa, PSG baru saja dipermalukan Newcastle United dengan skor telak 1-4 pada pekan kedua.

Inkonsistensi yang dialami PSG ini sebenarnya sangat aneh. Pasalnya, mereka memiliki skuad bertabur bintang di tiap posisi, terkhusus di lini serang. PSG memiliki sederet penyerang haus gol dengan kualitas mumpuni.

Lantas, seperti apa opsi penyerang yang dipakai PSG pada 2023/2024?

1. Kylian Mbappe bertahan di PSG meski diselimuti berbagai drama pada musim panas 2023

4 Opsi Penyerang yang Dipakai PSG pada 2023/2024, Deretan Nama Muda!Kylian Mbappe (instagram.com/k.mbappe)

Kylian Mbappe masih menjadi andalan utama di lini depan PSG. Usai kepergian Lionel Messi dan Neymar Jr, ia dipercaya sebagai pemimpin di sektor penyerangan Les Parisiens. Ketajaman Mbappe menjadi senjata utama PSG. Hal itu terlihat pada awal musim 2023/2024. Mbappe mampu tampil produktif meski performa timnya masih inkonsisten.

Dalam 8 pertandingan yang sudah ia jalani, Mbappe sukses membukukan 8 gol. Hal itu membuatnya masuk ke dalam kandidat top skor Ligue 1. Sayangnya, ketajaman Mbappe tak diikuti performa impresif timnya. Alih-alih bersaing di papan atas klasemen, PSG kesulitan untuk tampil konsisten.

2. Goncalo Ramos bergabung dari Benfica dengan modal bagus

4 Opsi Penyerang yang Dipakai PSG pada 2023/2024, Deretan Nama Muda!Goncalo Ramos (psg.fr)

Lini depan PSG mengalami perubahan besar-besaran pada musim panas 2023. Kepergian nama-nama senior ditutupi dengan pemain muda bertalenta, termasuk Goncalo Ramos. Ia direkrut dari Benfica dengan skema pinjaman disertai kewajiban membeli pada akhir musim. Ramos diplot sebagai penyerang utama Les Parisiens.

Ia sudah menunjukkan ketajamannya saat membela Benfica dan Timnas Portugal. Meski begitu, awal petualangannya bersama PSG tak berjalan dengan mudah. Ramos masih kesulitan untuk tampil produktif sebagai mesin gol Les Parisiens. Dari 8 pertandingan di semua kompetisi, ia baru mengemas 2 gol.

Baca Juga: 4 Pemain Aktif PSG yang Pernah Membela Klub Premier League

3. Randal Kolo Muani menambah aura kental Prancis di lini depan PSG

4 Opsi Penyerang yang Dipakai PSG pada 2023/2024, Deretan Nama Muda!Randal Kolo Muani (psg.fr)

Selain Goncalo Ramos, PSG juga merekrut penyerang muda yang tengah naik daun, Randal Kolo Muani. Biaya sebesar 95 juta euro atau sekitar Rp1,6 triliun dikeluarkan PSG untuk merekrutnya dari Eintracht Frankfurt. Kehadirannya juga menambah opsi penyerang Prancis di lini depan PSG.

Kolo Muani datang dengan membawa catatan mentereng bersama Frankfurt. Ia bersinar di klub Bundesliga Jerman tersebut meski hanya semusim. Namun, sama seperti Ramos, Kolo Muani masih perlu waktu untuk beradaptasi. Pasalnya, ia baru mengemas 1 gol dan 2 assist dari 5 pertandingan di semua kompetisi.

4. Hugo Ekitike hanya menjadi pelapis di lini depan

4 Opsi Penyerang yang Dipakai PSG pada 2023/2024, Deretan Nama Muda!Hugo Ekitike (twitter.com/hekitike9)

Satu opsi lain yang dipakai PSG di posisi penyerang adalah Hugo Ekitike. Ia sebenarnya sudah membela PSG sejak 2022/2023 lalu. Ekitike bergabung dari Stade Reims dengan opsi pinjaman dan kini sudah dipermanenkan. Meski begitu, ia bukanlah pilihan utama di lini serang karena hanya menjadi cadangan.

Pada awal musim 2023/2024, Ekitike bahkan baru bermain sekali. Itu pun sebagai pemain pengganti selama 8 menit. Walaupun bermain di klub sebesar PSG, Ekitike tetap membutuhkan menit bermain reguler untuk bisa berkembang. Terlebih lagi, ia masih berusia 21 tahun sehingga perlu jam terbang yang banyak.

Keempat penyerang di atas belum bisa membawa PSG tampil konsisten. Dengan opsi yang sangat melimpah, PSG sebenarnya punya kedalaman skuad yang kompetitif. Mereka bisa mendominasi Ligue 1 dan membuat kejutan di Liga Champions.

Baca Juga: Kylian Mbappe Mati Kutu saat PSG Dibantai Newcastle

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya