5 Pemain Barcelona 2023 yang Direkrut dari Sesama Klub LaLiga

Jules Kounde salah satunya

Barcelona masih menjadi salah satu unggulan di LaLiga Spanyol 2023/2024. Juara bertahan LaLiga ini mampu menunjukkan performa yang konsisten. Kekuatan di dalam komposisi skuad La Blaugrana juga bertambah dengan kedatangan beberapa pemain anyar pada musim panas 2023 lalu.

Dari keseluruhan nama di dalam skuad Barcelona, sebagian besar direkrut dari luar LaLiga. Hanya ada lima pemain yang didatangkan langsung dari sesama klub asal Spanyol.

1. Barcelona memoles bakat Pedri sebagai salah satu gelandang muda terbaik saat ini

5 Pemain Barcelona 2023 yang Direkrut dari Sesama Klub LaLigaPedri (twitter.com/Pedri)

Potensi Pedri sewaktu membela Las Palmas mencuri perhatian Barcelona. Alhasil, La Blaugrana merekrutnya pada musim panas 2019. Pedri ditebus dengan biaya 17,5 juta euro atau sekitar Rp287 miliar. Ia tak langsung bermain di tim utama, tetapi terlebih dahulu dipinjamkan ke Las Palmas selama semusim.

Pedri baru bermain reguler di Barcelona pada 2020/2021. Meski usianya masih 18 tahun, Pedri mampu membuktikan kualitas terbaiknya. Ia menyegel satu tempat di lini tengah La Blaugrana. Pedri sudah mengantongi 111 penampilan di semua kompetisi. Ia bahkan meraih penghargaan Golden Boy pada 2021.

2. Inigo Martinez direkrut secara gratis dari Athletic Bilbao

5 Pemain Barcelona 2023 yang Direkrut dari Sesama Klub LaLigaInigo Martinez (instagram.com/inigomartinez)

Barcelona merekrut sejumlah pemain anyar pada musim panas 2023. Salah satunya adalah Inigo Martinez. Ia diboyong dengan status bebas transfer dari Athletic Bilbao. Kehadiran Inigo diproyeksikan untuk menambah kekuatan di lini belakang Barcelona. Apalagi La Blaugrana melepas sejumlah beknya, termasuk Eric Garcia.

Martinez dinilai bakal menjadi pelapis di jantung pertahanan Barcelona. Hal itu bukan tanpa alasan. Ia harus bersaing dengan sejumlah bek berkualitas lainnya, seperti Jules Kounde hingga Ronald Araujo. Usia Martinez juga sudah memasuki 32 tahun. Ia cocok untuk proyek jangka pendek La Blaugrana.

Baca Juga: Di Barcelona, Joao Felix Temukan Sentuhannya Lagi

3. Oriol Romeu pulang ke Barcelona pada musim panas 2023

5 Pemain Barcelona 2023 yang Direkrut dari Sesama Klub LaLigaOriol Romeu (twitter.com/FCBarcelona)

Oriol Romeu menjadi didikan La Masia teranyar yang pulang ke Barcelona. Ia kembali ke klub masa kecilnya itu pada musim panas 2023. Barcelona merekrutnya dari klub sekota, Girona, seharga 3 juta euro atau sekitar Rp49 miliar. Romeu menambah opsi di lini tengah Barcelona menjadi lebih kuat.

Kepulangan ini bisa menjadi ajang pembuktian baginya. Pasalnya, Romeu sempat hengkang secara permanen dari Camp Nou karena kesulitan untuk tampil reguler. Kini, Romeu bakal bersaing dengan sederet gelandang lain untuk mendapatkan tempat utama. 

4. Joao Felix mewujudkan impiannya untuk membela Barcelona

5 Pemain Barcelona 2023 yang Direkrut dari Sesama Klub LaLigaJoao Felix (twitter.com/FCBarcelona)

Masa depan terkait klub selanjutnya yang dibela Joao Felix terjawab pada musim panas 2023. Ia akhirnya merapat ke Barcelona dengan status pinjaman. Felix mengisi kekosongan posisi Ansu Fati yang tengah dipinjamkan kepada Brighton & Hove Albion. Kedatangannya sangat menguntungkan La Blaugrana.

Meski performa Felix tak terlalu gemilang di Atletico Madrid, hal itu bukan masalah besar. Bersama Barcelona, ia langsung menunjukkan ketajamannya. Felix tampil moncer dalam 4 laga awal yang sudah ia jalani di LaLiga. Jebolan akademi Benfica itu mampu membukukan 3 gol dan 2 assist.

5. Jules Kounde membuat lini belakang Barcelona kian kokoh

5 Pemain Barcelona 2023 yang Direkrut dari Sesama Klub LaLigaJules Kounde (twitter.com/jkeey4)

Satu lagi pemain aktif Barcelona yang direkrut dari sesama klub LaLiga. Dia adalah Jules Kounde. Kepastian ini diperoleh usai dirinya merapat dari Sevilla pada musim panas 2022 lalu. Saat itu, Barcelona harus menebusnya seharga 50 juta euro atau sekitar Rp819 miliar. Pembelian ini pun sepenuhnya berbuah manis.

Kounde langsung menjadi andalan di lini belakang Barcelona. Tak hanya beroperasi sebagai bek tengah, ia juga kerap diturunkan di sisi kanan pertahanan. Kounde sudah bermain dalam 48 laga di semua ajang. Ia sukses mempersembahkan gelar juara LaLiga pada musim debutnya.

Kelima pemain di atas tak membutuhkan waktu lama untuk bersinar di Barcelona. Mereka sudah tak asing dengan atmosfer LaLiga sebab punya rekam jejak yang cukup menjanjikan bersama klub asal Spanyol lainnya.

Baca Juga: Jules Kounde dan 4 Pemain Muda yang Dibeli Mahal Barcelona

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya