6 Pemain Jepang yang Membela Klub Inggris pada 2023/2024

Termasuk Wataru Endo di Liverpool

Salah satu negara di Asia yang memiliki industri sepak bola hebat saat ini adalah Jepang. Negeri Sakura ini mampu melahirkan sederet pemain top dan berkualitas. Bahkan, beberapa nama berhasil tampil di liga papan atas Eropa, khususnya di Inggris.

Pada 2023/2024, pemain sepak bola dari Jepang makin ramai berkarier di Inggris. Tercatat, ada enam pemain yang tengah membela klub di Negeri Raja Charles. Meski tak semuanya tampil di kasta tertinggi, kiprah mereka tentunya merupakan sebuah pencapaian tersendiri.

Inilah enam pemain Jepang yang membela klub Inggris pada 2023/2024.

1. Tatsuhiro Sakamoto membela klub Championship, Coventry City

6 Pemain Jepang yang Membela Klub Inggris pada 2023/2024Tatsuhiro Sakamoto (ccfc.co.uk)

Tatsuhiro Sakamoto berkarier di Inggris untuk pertama kalinya pada 2023/2024. Ia sepakat bergabung dengan klub Championship, Coventry City. Sakamoto merapat dari KV Oostende, kontestan Jupiler Pro League pada musim panas 2023 lalu.

Sakamoto tak kesulitan untuk beradaptasi di klub barunya tersebut. Ia langsung diandalkan sebagai salah satu pemain utama di lini tengah. Tercatat, Sakamoto sudah tampil dalam sebelas pertandingan di semua ajang. Apabila mampu konsisten, bukan mustahil rasanya Sakamoto bakal dilirik klub besar Inggris lainnya pada musim depan.

2. Yuta Nakayama menjadi andalan di lini belakang Huddersfield Town

6 Pemain Jepang yang Membela Klub Inggris pada 2023/2024Yuta Nakayama (htafc.com)

Musim 2023/2024 merupakan musim kedua Yuta Nakayama membela Huddersfield Town. Nakayama pun membuktikan kualitasnya sebagai pilar kunci di jantung pertahanan tim. Nakayama mampu menjalankan perannya sebagai bek tengah tangguh di klub Championship tersebut.

Pada 2023/2024, Nakayama sudah bermain sebanyak tujuh kali di semua ajang. Catatan ini tentunya bakal terus bertambah sebab peran Nakayama sangat krusial bagi Huddersfield Town. Terlebih lagi, ia masih berusia 26 tahun dan kesempatannya untuk bersinar terbuka lebar.

Baca Juga: Tentang Kaoru Mitoma dan Kecerdasan Memanfaatkan Ruang

3. Koji Miyoshi bergabung dengan Birmingham City pada awal musim 2023/2024

6 Pemain Jepang yang Membela Klub Inggris pada 2023/2024Koji Miyoshi (twitter.com/BCFC)

Tak hanya Sakamoto yang hijrah ke klub Championship pada musim panas 2023. Koji Miyoshi juga melakukan hal serupa. Ia menjadi milik Birmingham City usai direkrut secara gratis dari Royal Antwerp. Kedatangannya sangat menguntungkan sebab Miyoshi langsung tampil impresif.

Ia dengan cepat menjadi gelandang serang yang diandalkan oleh Birmingham City. Kualitas Miyoshi berkembang pesat di klub barunya itu. Tercatat, ia sudah tampil dalam 15 pertandingan di semua kompetisi. Dari laga itu, Miyoshi sukses mengemas 2 gol dan 2 assist.

4. Takehiro Tomiyasu diandalkan di sisi sayap pertahanan Arsenal

6 Pemain Jepang yang Membela Klub Inggris pada 2023/2024Takehiro Tomiyasu (instagram.com/tomiyasu.t)

Takehiro Tomiyasu masih menjadi bagian dari skuad Arsenal pada 2023/2024. Meski kerap bermain di luar posisi aslinya sebagai bek kanan, kehadiran Tomiyasu sangat penting dalam strategi sang manajer, Mikel Arteta. Itu sebabnya Tomiyasu masih dipertahankan hingga sekarang.

Pada 2023/2024, Tomiyasu menjelma jadi salah satu pemain The Gunners yang fleksibel. Ia kerap bermain di beberapa posisi berbeda, seperti bek kiri. Tak ayal, Tomiyasu sudah diturunkan dalam sebelas pertandingan di semua kompetisi pada musim ini.

5. Kaoru Mitoma tampil sensasional bersama Brighton & Hove Albion

6 Pemain Jepang yang Membela Klub Inggris pada 2023/2024Kaoru Mitoma (instagram.com/officialbhafc)

Nama Kaoru Mitoma makin meledak di Brighton & Hove Albion. Usai bersinar pada musim debutnya, Mitoma terus melaju bersama The Seagulls. Ia menjadi salah satu tumpuan utama Brighton dalam merusak barisan pertahanan lawan. Mitoma juga dikenal sebagai sosok yang mumpuni di sisi kiri penyerangan Brighton.

Ketajaman Mitoma terlihat pada awal musim 2023/2024. Ia sudah mencetak 3 gol dan 4 assist dari 12 pertandingan. Performa impresif yang ia tunjukkan membuat Mitoma menjadi incaran klub-klub besar. Manchester City hingga Liverpool dikabarkan siap memburu Mitoma pada bursa transfer berikutnya.

6. Wataru Endo berkelana ke Inggris dengan balutan jersey Liverpool

6 Pemain Jepang yang Membela Klub Inggris pada 2023/2024Wataru Endo (liverpoolfc.com)

Pemain Jepang terakhir yang berkarier di Inggris adalah Wataru Endo. Ia merupakan pemain debutan di EPL 2023/2024. Endo bergabung dengan Liverpool untuk memperkuat barisan lini tengah. Kehadirannya juga dinilai sebagai pelipur lara The Reds yang gagal mendapatkan Romeo Lavia dan Moises Caicedo.

Endo menjadi salah satu gelandang anyar yang direkrut Liverpool. Ia belum mampu tampil maksimal untuk klub barunya tersebut. Endo memang sudah diturunkan dalam delapan pertandingan di semua kompetisi. Meski begitu, kebanyakan laga dijalaninya sebagai pemain pengganti.

Perkembangan sepak bola Jepang makin maju dengan banyaknya pemain mereka yang berkarier di Eropa. Keenam pemain di atas, misalnya. Tak menutup kemungkinan bakal ada pemain lain yang menyusul jejak mereka ke Inggris nantinya.

Baca Juga: Menilik Kiprah Wataru Endo, Gelandang Anyar Liverpool asal Jepang

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya