5 Pemain Muda yang Sempat Dipinjam West Bromwich Albion, Potensial!

Jeremy Sarmiento resmi dipinjam dari Brighton

West Bromwich Albion bukanlah klub yang rutin bersaing di papan atas klasemen. Sebaliknya, performa klub berjuluk The Baggies ini cenderung naik turun. West Bromwich bahkan terjebak di Championship setelah terdegradasi pada akhir musim 2020/2021 lalu.

Performanya cenderung inkonsisten. Meski begitu, The Baggies merupakan klub yang kerap dihuni para pemain muda berbakat. Mereka sering meminjam pemain muda dari klub English Premier League (EPL) yang kekurangan menit bermain. Seperti lima pemain muda yang sempat dipinjam West Bromwich Albion ini.

1. Serge Gnabry

5 Pemain Muda yang Sempat Dipinjam West Bromwich Albion, Potensial!Serge Gnabry (twitter.com/WBA)

Karier Serge Gnabry mulai harum sewaktu membela Bayern Munich. Namun, jauh sebelum itu, perjalanannya cukup berliku. Gnabry pernah bertualang ke Inggris. Gnabry bergabung ke tim muda Arsenal. Sayangnya, karier Gnabry justru tak berjalan mulus karena masalah adaptasi.

Ia sempat dipinjamkan ke West Bromwich Albion pada musim panas 2015. Alih-alih bisa berkembang, performa Gnabry justru stagnan. Ia hanya tampil sebanyak tiga kali karena sulitnya mendapatkan tempat utama. Alhasil, Gnabry dipulangkan lebih awal pada musim dingin 2016.

2. Tosin Adarabioyo

5 Pemain Muda yang Sempat Dipinjam West Bromwich Albion, Potensial!Tosin Adarabioyo (twitter.com/TosinAdarabioyo)

Tosin Adarabioyo menimba ilmu di tim akademi Manchester City. Perjalanannya cukup panjang. Apalagi sewaktu menuju skuad utama. Adarabioyo kesulitan untuk mendapatkannya karena lini pertahanan The Citizens yang sudah gemuk. Opsi terbaiknya hanyalah dipinjamkan ke klub lain.

Adarabioyo lalu dilepas ke West Bromwich Albion pada 2018/2019. Peminjaman ini berbuah manis. Adarabioyo menikmati sensasi tampil reguler dengan catatan 32 penampilan. Meski begitu, jasanya tak dipermanenkan. Ia pun kembali ke Manchester City pada musim berikutnya.

Baca Juga: 8 Pemain Terkenal yang Pernah Merumput dengan West Bromwich Albion

3. Harvey Barnes

5 Pemain Muda yang Sempat Dipinjam West Bromwich Albion, Potensial!Harvey Barnes (wba.co.uk)

Harvey Barnes bersinar di Leicester City. Ia merupakan jebolan akademi The Foxes yang naik kasta ke skuad utama pada 2018. Namun, sebelum menikmati pencapaian berharga itu, Barnes sempat dipinjamkan. Ia dilepas ke West Bromwich Albion pada musim panas 2018 lalu.

Peminjamannya ke West Bromwich sangat tepat. Bagaimana tidak, performa Barnes meningkat dan tampil produktif. Ia sukses mencetak 9 gol dan 8 assist dari 28 penampilan. Leicester City terkesan dengan aksinya sehingga memulangkan Barnes lebih awal pada musim dingin 2018.

4. Conor Gallagher

5 Pemain Muda yang Sempat Dipinjam West Bromwich Albion, Potensial!Conor Gallagher (twitter.com/WBA)

Conor Gallagher merupakan salah satu jebolan akademi Chelsea. Sebelum promosi ke skuad utama, ia harus menempuh jalur berliku. Gallagher dipinjamkan beberapa ke klub lain, termasuk West Bromwich Albion. Hal itu terjadi pada 2020/2021 lalu. Ia dipinjamkan untuk menambah jam terbang.

Bersama The Baggies, Gallagher mampu mendapatkan banyak menit bermain. Ia tampil dalam 32 laga dengan koleksi 2 gol dan 2 assist. Gallagher lantas kembali ke Chelsea pada musim panas 2021. Meski begitu, ia langsung dipinjamkan. Kali itu, Gallagher dilepas ke Crystal Palace.

5. Jeremy Sarmiento

5 Pemain Muda yang Sempat Dipinjam West Bromwich Albion, Potensial!Jeremy Sarmiento (twitter.com/WBA)

West Bromwich Albion berhasil mendapatkan jasa gelandang muda Brighton & Hove Albion, Jeremy Sarmiento. Sang pemain dipinjam The Baggies hingga akhir musim 2022/2023 mendatang. Peminjaman ini diharapkan menjadi momen yang tepat bagi Sarmiento agar dapat berkembang.

Sejak membela Brighton pada 2021, karier Sarmiento tak terlalu berkembang. Berbeda dengan nama-nama lain macam Kaoru Mitoma dan Julio Enciso, performa Sarmiento malah tak meningkat. Ia juga dihadapkan dengan masalah cedera sehingga kesulitan untuk bersinar di Inggris.

West Bromwich Albion menjadi tempat yang ideal bagi para pemain muda. The Baggies bisa mengasah kemampuannya yang belum keluar sepenuhnya. Tampil tanpa beban juga membuat mereka bisa berkembang dengan baik. 

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Membela West Bromwich Albion dengan Status Pinjaman

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya