5 Pemain Tertua RB Leipzig pada 2023/2024, Kaya Pengalaman

Punya mentalitas juara dan jam terbang yang melimpah

RB Leipzig dikenal sebagai salah satu klub Bundesliga Jerman yang penuh wajah-wajah muda. Dalam beberapa musim terakhir, RB Leipzig menjadi penghasil pemain muda bertalenta yang memberikan keuntungan besar. Klub berjuluk Die Roten Bullen ini mampu bersaing di papan atas dengan komposisi skuad yang potensial.

Di tengah dominasi para pemain muda tersebut, RB Leipzig juga memiliki pemain gaek dengan segudang pengalaman. Pada musim 2023/2024, beberapa pemain dengan usia tertua masih dipercaya untuk menjadi bagian dari skuad Die Roten Bullen. Kehadiran mereka masih dibutuhkan oleh tim. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Peter Gulacsi mulai tergantikan karena cedera panjang

5 Pemain Tertua RB Leipzig pada 2023/2024, Kaya PengalamanPeter Gulacsi (instagram.com/petergulacsi)

Status pemain tertua RB Leipzig pada musim 2023/2024 masih dipegang oleh Peter Gulacsi. Kiper sekaligus kapten utama Die Roten Bullen ini memegang peran penting di tubuh tim. Kiper berusia 33 tahun tersebut merupakan bagian penting di balik kejayaan RB Leipzig sebagai salah satu tim kuda hitam di Jerman.

Sayangnya, Gulacsi mulai tergantikan sebagai kiper utama sejak musim 2022/2023 lalu. Ia mengalami cedera panjang sehingga nyaris absen selama semusim. Posisinya pun digusur oleh kiper anyar, Janis Blaswich. Pada musim 2023/2024, Gulacsi baru diturunkan sekali saja di semua kompetisi.

2. Kevin Kampl bak nyawa permainan di lini tengah RB Leipzig

5 Pemain Tertua RB Leipzig pada 2023/2024, Kaya PengalamanKevin Kampl (twitter.com/RBLeipzig_EN)

Pemain selanjutnya adalah Kevin Kampl. Gelandang berusia 33 tahun ini juga merupakan salah satu pemain senior yang dimiliki oleh RB Leipzig. Sejak bergabung pada awal musim 2017/2018, Kampl selalu loyal dengan skuad Die Roten Bullen. Kesetiaannya itu terus berlanjut hingga musim 2023/2024 ini.

Kampl merupakan andalan utama di lini tengah RB Leipzig. Ia mampu bersaing dengan gelandang lain yang sebenarnya berusia jauh lebih muda, seperti Xavi Simons, Nicolas Seiwald, hingga Christoph Baumgartner. Pada musim 2023/2024 ini, Kampl sudah mengoleksi 11 penampilan dengan raihan 1 gol dan 1 assist.

Baca Juga: 5 Pemain dengan Harga Pasar Tertinggi di RB Leipzig pada 2023/2024

3. Janis Blaswich ditunjuk sebagai kiper utama RB Leipzig sejak musim 2022/2023

5 Pemain Tertua RB Leipzig pada 2023/2024, Kaya PengalamanJanis Blaswich (instagram.com/janis.bla1)

Selain Gulacsi, RB Leipzig juga memiliki kiper gaek lainnya di dalam diri Janis Blaswich. Ia sejatinya baru berseragam RB Leipzig sejak musim 2022/2023 lalu. Blaswich datang ke Red Bull Arena sebagai rekrutan darurat untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Gulacsi karena cedera.

Meski perjalanan kariernya hanya dihabiskan di beberapa klub semenjana Jerman, performa Blaswich cukup impresif. Ia mampu menjadi kiper utama RB Leipzig yang selalu tampil penuh. Pada musim 2023/2024, tren positif itu terus berlanjut. Ia sudah mengantongi 5 clean sheet dari 12 penampilan.

4. Emil Forsberg masih setia dengan RB Leipzig sejak bergabung pada 2015

5 Pemain Tertua RB Leipzig pada 2023/2024, Kaya PengalamanEmil Forsberg (instagram.com/eforsberg10)

Emil Forsberg merupakan pemain aktif RB Leipzig dengan masa bakti terlama. Pasalnya, ia sudah membela Die Roten Bullen sejak musim dingin 2015 lalu. Namanya dikenal luas bersama RB Leipzig. Hingga musim 2023/2024 ini, Forsberg masih setia dengan klub yang dimiliki oleh perusahaan Red Bull tersebut.

Kontribusi yang dicatatkan oleh Forsberg masih menjanjikan. Meski bersaing dengan nama-nama baru, ia tetap mampu tampil reguler di lini tengah. Pemain berusia 31 tahun tersebut sudah mengantongi 12 penampilan di semua kompetisi. Dari pertandingan itu, Forsberg berhasil mengemas dua gol.

5. Willi Orban masih dipertahankan untuk menambah opsi di sektor pertahanan

5 Pemain Tertua RB Leipzig pada 2023/2024, Kaya PengalamanWilli Orban (instagram.com/williorban4)

Pemain terakhir yang masuk ke dalam daftar ini adalah Willi Orban. Sama seperti kebanyakan pemain di atas, Orban juga tergolong sebagai sosok senior di skuad RB Leipzig. Ia punya masa bakti yang cukup lama karena sudah bergabung sejak awal musim 2015/2016 lalu.

Pemain berusia 30 tahun ini membawa RB Leipzig berjaya dalam beberapa musim terakhir. Sayangnya, Orban mulai tergusur dari lini belakang. Pada musim 2023/2024, ia baru diturunkan sebanyak empat kali saja. Orban harus bersaing dengan nama-nama muda, seperti Mohamed Simakan hingga Castello Lukeba.

Kelima pemain di atas memberikan keseimbangan di skuad RB Leipzig. Dengan segudang pengalaman yang mereka miliki, kelima nama di atas menjadi panutan bagi rekan-rekan setimnya yang jauh lebih muda.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif RB Leipzig dengan Masa Abdi Terlama, Wujud Loyalitas!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya