5 Pemain Top Maroko yang Membela Klub Papan Atas Eropa

Dua di antaranya merupakan pemain Sevilla

Berada di benua Afrika, Maroko terus meningkatkan perkembangan sepak bolanya saat ini. Bukti teranyar bisa dilihat melalui kesuksesan timnas Maroko yang melaju ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar akhir tahun ini.

Hal tersebut tak terlepas dari kehadiran sederet pemain andalannya. Kendati tak sebanyak pemain top dari negara Afrika lainnya, aset berharga yang dimiliki Maroko jelas tak bisa diragukan.

Beberapa pemainnya bahkan mampu menembus tim utama klub-klub yang berkompetisi di lima liga top Eropa. Lantas, siapa sajakah pemain top asal Maroko tersebut? Berikut ulasannya.

1. Youssef En Nesyri

5 Pemain Top Maroko yang Membela Klub Papan Atas EropaYoussef En-Nesyri (instagram.com/nesyri15)

Youssef En-Nesyri telah berkembang menjadi salah satu pilar kunci Sevilla dalam dua musim terakhir. Ia menjadi bagian Los Nervionenses pada musim dingin 2020 lalu dan dengan cepat menyegel tempat utama di lini depan. Performanya juga sangat baik dalam menyumbangkan gol demi gol untuk Sevilla.

Secara keseluruhan, En Nesyri sudah mengemas 33 gol dari 107 penampilan bersama tim LaLiga itu. Usianya yang terhitung masih muda, yaitu 24 tahun, jelas menjadikan En Nesyri sebagai aset jangka panjang berharga milik Sevilla. Kendati demikian, ia harus berhati-hati dengan dua nama baru, yaitu Rafa Mir dan Anthony Martial.

2. Noussair Mazraoui

5 Pemain Top Maroko yang Membela Klub Papan Atas EropaNoussair Mazraoui (twitter.com/FabrizioRomano)

Berdarah campuran Maroko dan Belanda, Noussair Mazraoui menghabiskan sebagian besar kariernya di Negeri Kincir Angin. Ia juga dikenal sebagai pemain yang loyal lantaran berseragam Ajax dalam waktu yang cukup lama.

Mazraoui bergabung dengan tim akademi de Amsterdammers pada tahun 2006 silam. Puncaknya, ia sukses dipromosikan ke tim utama pada pertengahan musim 2017/2018.

Mazraoui berkembang pesat sebagai bek kanan utama Ajax yang sudah memainkan 134 penampilan di semua kompetisi. Tak ayal, namanya diincar dua klub ternama Eropa, Bayern Munchen dan Barcelona.

Baca Juga: 5 Pemain Sepak Bola Maroko yang Merumput di Serie A 2021/2022

3. Yassin Bono

5 Pemain Top Maroko yang Membela Klub Papan Atas EropaYassine Bounou (twitter.com/Squawka)

Karier Yassin Bono melambung tajam sewaktu dipinjam Sevilla dari Girona pada musim panas 2019 lalu. Tak butuh waktu lama baginya untuk merebut status kiper nomor satu Los Nervionenses. Musim debut Bono saat itu juga berjalan manis dengan kesuksesan timnya merengkuh titel Liga Europa.

Ia lantas dipermanenkan dan terus mendominasi sektor penjaga gawang Sevilla. Bono mampu tampil solid dengan statistik yang terbilang impresif. Dari 98 penampilan yang sudah ia jalani bersama Los Nervionenses, Bono sukses membukukan 50 clean sheet di berbagai kompetisi.

4. Hakim Ziyech

5 Pemain Top Maroko yang Membela Klub Papan Atas EropaHakim Ziyech (twitter.com/32Red)

Hakim Ziyech terus menyihir sepak bola Eropa lewat aksi gemilangnya bersama Ajax. Ia mampu membawa tim Eredivisie itu selalu konsisten di level tertinggi, baik di kancah domestik atau pun di benua Biru. Tak heran, klub sekaliber Chelsea tertarik dan resmi memboyongnya ke Stamford Bridge pada musim 2020/2021 lalu.

Namun, awal perjalanannya bersama The Blues sempat diliputi keraguan lantaran kesulitan beradaptasi. Kini hal tersebut mulai hilang dan Ziyech menjadi bagian penting Chelsea yang sudah mencatatkan 74 penampilan. Sayangnya, Ziyech memutuskan untuk pensiun dari Timnas Maroko pada awal Februari lalu.

5. Achraf Hakimi

5 Pemain Top Maroko yang Membela Klub Papan Atas EropaAchraf Hakimi (twitter.com/AchrafHakimi)

Usianya masih 23 tahun saat ini, tetapi perjalanan karier Achraf Hakimi bisa dibilang luar biasa. Ia telah membela sejumlah klub top Eropa, mulai dari Real Madrid, Borussia Dortmund, Inter Milan, dan kini bersama Paris Saint-Germain.

Tak hanya sekadar menghiasi skuad, Hakimi bahkan dipercaya tampil sebagai pemain inti. Khususnya bersama PSG, ia langsung didapuk menjadi bek kanan utama yang nyaris tak tersentuh.

Hakimi mampu tampil konsisten di posisinya dan telah mengoleksi 33 penampilan di semua kompetisi sejauh ini. Di level timnas, ia baru saja mengantarkan Maroko melaju ke putaran final Piala Dunia 2022 di Watar.

 

Kelima pemain di atas menjadi bukti bahwa Maroko sejatinya juga memiliki industri sepak bola yang tak kalah jauh dengan negara lain. Masih ada beberapa nama lagi yang berkarier di Eropa, seperti Imran Louza (Watford), Roman Saiss (Wolves), hingga Sofyan Amrabat (Fiorentina).

Baca Juga: 5 Pemain Top Maroko yang Dianggap Tak Mampu Maksimalkan Potensinya

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya