5 Pemain Versatile dengan Performa Impresif Saat Ini, Serba Bisa!

Pemain yang jago bermain di beberapa posisi

Pencinta sepak bola mungkin sudah gak asing dengan istilah yang satu ini, yaitu versatile player. Singkatnya, istilah ini digunakan kepada pemain yang fasih dan mumpuni di beberapa posisi dalam permainan di luar dari posisi aslinya.

Kemampuan serbabisa ini dalam sepak bola modern begitu dibutuhkan karena menjadi strategi pelatih tersendiri serta adanya sistem rotasi. Apalagi menghadapi jadwal padat seperti sekarang, pelatih klub harus memutar otak menentukan pemain dalam susunan starting line up.

Nah, berikut ini kami sudah merangkum 5 pemain versatile dengan performa impresif saat ini. Penasaran siapa saja? Dibaca sampai tuntas ya!

Baca Juga: 5 Gelandang Bertahan dengan Banderol Termahal, Kimmich Tertinggi!

1. Joshua Kimmich

5 Pemain Versatile dengan Performa Impresif Saat Ini, Serba Bisa!fcbayern.com

Joshua Kimmich merupakan salah satu versatile player terbaik saat ini. Di awal musim debutnya bersama Bayern Munchen, Kimmich lebih banyak bermain di lini pertahanan, yaitu sebagai bek tengah dan bek kanan. Namun, tak jarang juga pemain berusia 25 tahun ini ditempatkan sebagai seorang gelandang bertahan.

Kemampuan serbabisa yang ia miliki tersebut tak lepas dari kualitas olah bola mumpuni yang Kimmich miliki, di antaranya adalah akurasi passing akurat serta pandai mengatur ritme permain yang menjadi modal utama. Kini, Kimmich lebih banyak bermain sebagai gelandang pengangkut air setelah kepergian Thiago Alcantara yang hijrah ke Liverpool.

2. Ashley Young

5 Pemain Versatile dengan Performa Impresif Saat Ini, Serba Bisa!goal.com

Pemain selanjutnya adalah Ashley Young. Mantan kapten Manchester United ini juga fasih bermain di beberapa posisi dalam permainan. Di masa mudanya, Young berposisi asli sebagai seorang winger. Seiring berjalannya waktu, terutama di United, Young tampil di sejumlah posisi berbeda, di antaranya gelandang sayap, gelandang serang, dan bek kanan.

Young dikenal karena memiliki kemampuan crossing andal serta kecepatan yang membuatnya bisa bermain di sisi kanan ataupun kiri permainan. Saat ini di Inter Milan, Young lebih banyak beroperasi di sektor bek sayap dan sesekali menjadi gelandang di lini tengah Nerazzuri.

3. Saul Niguez

5 Pemain Versatile dengan Performa Impresif Saat Ini, Serba Bisa!sportskeeda.com

Meski lebih dikenal sebagai seorang gelandang, Saul Niguez ternyata juga seorang pemain yang serbabisa. Sebelum membela Atletico, dulunya Saul menjadi bek tengah di Rayo Vallecano. Setelahnya, berbagai posisi pernah ia tempati hampir di setiap sektor permainan. Tercatat, Saul pernah bermain sebagai seorang bek kiri, gelandang serang, dan winger. 

Atribut yang dimiliki pemain berpaspor Spanyol ini hingga bisa menjadi seorang versatile player di antaranya akurasi passing yang mumpuni serta andal menjadi penghubung antara lini bertahan dengan lini serang. Di setiap kesempatan, Saul juga berkontribusi dalam proses gol untuk timnya saat ini.

4. Thomas Muller

5 Pemain Versatile dengan Performa Impresif Saat Ini, Serba Bisa!eurosport.com

Thomas Muller merupakan salah satu dari sekian pemain yang memiliki peran unik dalam permainan. Ia tak bisa dibilang sebagai seorang striker, second striker,  atau playmaker. Dalam tiap permainan, Muller fasih bermain di semua area lini tengah dan lini serang.

Kemampuan serbabisanya ini didukung sang pelatih yang memberi kebebasan pada Muller untuk mengeksploitasi hampir sepertiga area permainan. Ia akan terus bergerak untuk mencari ruang yang kosong dan bisa dimanfaatkan untuk celah dalam menyerang. Muller sendiri menyebut dirinya bermain sebagai seorang raumdeuter.

5. James Milner 

5 Pemain Versatile dengan Performa Impresif Saat Ini, Serba Bisa!thisisanfield.com

Bisa dibilang James Milner merupakan pemain yang memiliki kemampuan ciamik bermain di semua posisi, terkecuali kiper. Di awal perjalanan kariernya, Milner merupakan seorang winger yang sesekali menjadi gelandang. Hingga saat ia bermain untuk Manchester City, kemampuan multiposisinya kian terasah.

Mulai dari full back, gelandang serang, bahkan striker sudah pernah ia tempati sepanjang kariernya. Di bawah asuhan Jurgen Klopp di Liverpool saat ini, Milner lebih banyak bermain di lini tengah, baik sebagai gelandang pengangkut air maupun gelandang sayap.

 

Itulah 5 pemain versatile dengan performa impresif saat ini. Selain mereka, masih banyak pemain yang memiliki kemampuan serbabisa, di antaranya David Alaba, Daley Blind, Emre Can, dan Alessandro Florenzi.

Baca Juga: 6 Pemain Top Ini Pernah Berseragam Leeds United, Milner Salah Satunya!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya