5 Pemilik Nomor Punggung 21 Manchester United sebelum Antony

Performa Antony belum maksimal

Manchester United resmi memboyong Antony pada musim panas 2021. Ia datang ke Old Trafford dengan membawa beban berat. Pasalnya, Antony bergabung dari Ajax seharga 95 juta euro atau sekitar Rp1,6 triliun. Harga semahal itu membuatnya menjadi salah satu rekrutan termahal Manchester United.

Antony sendiri menggunakan nomor punggung 21 di Manchester United. Nomor tersebut sebenarnya tak terlalu ikonik dibandingkan nomor lain, seperti 7 dan 9. Terlebih lagi, pengguna nomor punggung 21 Manchester United juga tak bertahan lama di Old Trafford.

Inilah lima pemain Manchester United dengan nomor punggung 21 sebelum Antony.

1. Dong Fangzhuo

5 Pemilik Nomor Punggung 21 Manchester United sebelum AntonyDong Fangzhuo (uefa.com)

Manchester United membuat manuver mengejutkan pada awal 2004. The Red Devils menggaet pemain berusia 19 tahun dari China, Dong Fangzhuo. Dilansir Bleacher Report, itu menjadikannya sebagai pemain Asia Timur pertama yang membela Manchester United. Fangzhuo lalu diberikan nomor punggung 21.

Ia dinilai bisa berkembang pesat bersama Setan Merah. Sayangnya, kenyataan yang terjadi justru bertolak belakang. Fangzhuo kesulitan bersinar sebab banyak hambatan yang ia alami. Ia hanya bertahan selama 2 musim di Manchester United. Fangzhuo sempat dipinjamkan ke Royal Antwerp sebelum dilepas permanen pada 2008.

2. Rafael

5 Pemilik Nomor Punggung 21 Manchester United sebelum AntonySir Alex Ferguson dan Rafael (manutd.com)

Usai kepergian Fangzhuo, nomor punggung 21 beralih kepemilikan. Pemain berikutnya yang memakai nomor tersebut adalah Rafael. Ia mulai menggunakannya sejak baru bergabung pada awal 2008 silam. Rafael membela Manchester United hingga akhir musim 2014/2015, tetapi sempat berganti nomor punggung.

Pemain yang biasa beroperasi sebagai bek kanan ini mengubah nomor punggungnya menjadi nomor 2. Rafael menggantinya pada awal musim 2012/2013. Secara keseluruhan, kiprahnya bersama Manchester United berjalan mulus. Rafael mengantongi 170 penampilan serta meraih beberapa gelar juara, termasuk 3 titel juara English Premier League (EPL).

Baca Juga: Sofyan Amrabat Tanggapi Datar Rumor Transfer Ke Manchester United

3. Ander Herrera

5 Pemilik Nomor Punggung 21 Manchester United sebelum AntonyAnder Herrera (twitter.com/AnderHerrera)

Nomor punggung 21 sempat tak bertuan selama 2 musim usai dilepas Rafael. Ia baru dimiliki lagi oleh pemain anyar pada awal musim 2014/2015. Pemain yang memilih nomor punggung tersebut adalah Ander Herrera. Ia baru bergabung dengan skuad Setan Merah usai dibeli dari Athletic Bilbao.

Herrera sudah tak asing dengan nomor tersebut. Ia sudah memakainya sewaktu membela Athletic Bilbao. Alhasil, selama 5 musim berseragam Manchester United, Herrera tetap setia dengan nomor punggung 21. Ia akhirnya meninggalkan warisannya tersebut pada musim panas 2019 lalu.

4. Daniel James

5 Pemilik Nomor Punggung 21 Manchester United sebelum AntonyDaniel James (twitter.com/Daniel_James_97)

Nomor punggung 21 Manchester United langsung diambil Daniel James sejak bergabung pada musim panas 2019. Selama 3 musim bersama Setan Merah, ia tak sekali pun mengubah nomor punggungnya itu. Itu merupakan nomor ketiga yang ia pakai dalam kariernya setelah nomor 42 dan 20.

Kariernya bersama Manchester United tak berjalan dengan mulus. James kekurangan menit bermain sebab lini serang yang sudah gemuk. Ia hanya mampu mengantongi 74 penampilan di semua kompetisi. Oleh sebab itu, James memutuskan untuk pindah ke Leeds United pada musim panas 2021.

5. Edinson Cavani

5 Pemilik Nomor Punggung 21 Manchester United sebelum AntonyEdinson Cavani (twitter.com/OfficialFPL)

Edinson Cavani bergabung dengan Manchester United pada awal musim 2020/2021. Ia datang ke skuad Setan Merah dengan portofolio mentereng sebagai top skor sepanjang masa Paris Saint-Germain. Ia awalnya diberikan nomor punggung 7. Cavani memakai nomor punggung tersebut pada musim debutnya di Inggris.

Ia menggantinya menjadi nomor 21 pada musim kedua. Cavani memberikan nomor punggung 7 miliknya kepada Cristiano Ronaldo. Ia hanya memakai nomor punggung 21 selama semusim. Dalam kurun waktu itu, Cavani jarang dimainkan sehingga memilih hengkang ke Valencia.

Sebagian besar dari mereka hanya bertahan sebentar di Manchester United. Itu sebabnya nomor punggung 21 The Red Devils tak terlalu ikonik. Akankah Antony bernasib sama seperti mereka atau justru menjadi andalan Manchester United dalam waktu lama?

Baca Juga: Beban Berat Menanti Rasmus Hojlund di Manchester United

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya