5 Kesepakatan Transfer Terakhir antara PSG dan AS Roma

Termasuk Leandro Paredes dan Renato Sanches

Paris Saint-Germain (PSG) dan AS Roma merupakan klub-klub papan atas di Eropa. Keduanya juga sama-sama berbasis di ibu kota negara sehingga familier bagi sebagian besar orang. Meski berbeda negara, PSG dan AS Roma kerap memiliki hubungan yang erat, khususnya pada bursa transfer pemain.

Dalam beberapa musim terakhir, PSG dan AS Roma sering bertukar pemain. Pada musim panas 2023, misalnya. AS Roma menggaet dua gelandang PSG sekaligus, yaitu Leandro Paredes dan Renato Sanches. Kedua pemain menjadi kesepakatan transfer teranyar antara PSG dan AS Roma yang terealisasi.

1. Javier Pastore melanjutkan kariernya ke AS Roma usai panen gelar bersama PSG

5 Kesepakatan Transfer Terakhir antara PSG dan AS RomaJavier Pastore (twitter.com/ASRomaEN)

Javier Pastore meninggalkan PSG pada musim panas 2018. Ia pergi dari Parc des Princes karena tersingkir oleh gelandang Les Parisiens lainnya. Pastore memilih pulang ke Italia. Ia bergabung dengan AS Roma seharga 25 juta euro atau sekitar Rp419 miliar. Meski cukup mahal, karier Pastore di sana sebenarnya tak mulus.

Ia membela AS Roma selama 3 musim. Dalam kurun waktu itu, Pastore gagal tampil reguler. Ia hanya mengantongi 37 penampilan bersama I Giallorossi di semua kompetisi. Oleh sebab itu, AS Roma melepasnya secara gratis pada musim panas 2021. Pastore lalu melanjutkan kariernya ke klub LaLiga, Elche.

2. Alessandro Florenzi jadi andalan PSG di posisi bek kanan

5 Kesepakatan Transfer Terakhir antara PSG dan AS RomaAlessandro Florenzi (instagram.com/florenzi)

Nasib Alessandro Florenzi di AS Roma perlahan memburuk. Usai dipinjamkan ke Valencia, ia dilepas lagi ke PSG pada musim panas 2020. Florenzi dipinjam oleh Les Parisiens selama semusim penuh. Peminjaman ini ternyata sangat tepat. Pasalnya, Florenzi berhasil menjadi andalan di posisi bek kanan PSG.

Selama melakoni peran pinjaman, ia tampil reguler. Tercatat, Florenzi mengantongi 36 penampilan di semua kompetisi. Ia juga mempersembahkan gelar Piala Prancis. Meski begitu, PSG tak tertarik untuk menebusnya secara permanen. Florenzi dipulangkan dan PSG memilih Achraf Hakimi sebagai sosok anyar di posisi bek kanan.

Baca Juga: 5 Bek yang Pernah Berseragam AC Milan dan AS Roma, Florenzi Terbaru!

3. Georginio Wijnaldum jalani masa peminjaman di AS Roma dengan cedera panjang

5 Kesepakatan Transfer Terakhir antara PSG dan AS RomaGeorginio Wijnaldum (twitter.com/GWijnaldum)

Pindah ke PSG menjadi titik awal kemunduran dalam karier Georginio Wijnaldum. Alih-alih jadi gelandang utama, nasibnya justru tak jelas. Wijnaldum hanya bertahan semusim di kota Paris. Pada musim panas 2022, ia dipinjamkan ke AS Roma untuk mengembalikan performa terbaiknya.

Namun, masalah tak berhenti sampai di situ. Kiprah Wijnaldum bersama AS Roma tak berjalan dengan mulus. Ia mengalami cedera patah tulang kering di sesi latihan pada Agustus 2022. Alhasil, Wijnaldum sempat menepi selama 4 bulan. Ia pun hanya tampil 26 kali dan dikembalikan ke PSG pada musim panas 2022.

4. Leandro Paredes bergabung dengan AS Roma untuk kedua kalinya

5 Kesepakatan Transfer Terakhir antara PSG dan AS RomaLeandro Paredes (asroma.com)

AS Roma mendapatkan dua gelandang PSG sekaligus pada musim panas 2023. Salah satunya adalah Leandro Paredes. I Giallorossi menebusnya secara permanen dengan biaya 4 juta euro atau sekitar Rp67 miliar. Paredes bakal memperkuat lini tengah AS Roma yang berubah secara besar-besaran.

Pemain berpaspor Argentina itu bakal menggantikan posisi Nemanja Matic yang hijrah ke Rennes. Kehadiran Paredes bisa jadi suntikan tersendiri bagi AS Roma. Sebelumnya, Paredes sempat membela AS Roma selama 3 musim (2014--2017). Hal itu tentu jadi modal bagus baginya.

5. Renato Sanches dipinjam oleh AS Roma dengan opsi pembelian permanen

5 Kesepakatan Transfer Terakhir antara PSG dan AS RomaRenato Sanches (asroma.com)

Selain Paredes, AS Roma juga berhasil mendapatkan jasa Renato Sanches. I Giallorossi menggaetnya secara pinjaman dengan opsi pembelian permanen. Sanches bakal memberikan warna baru di lini tengah AS Roma. Permainannya yang spartan dinilai cocok dengan filosofi yang diterapkan oleh Jose Mourinho.

Sanches datang ke AS Roma dengan membawa pengalaman dan kualitas yang mumpuni. Ia pernah membela klub besar, seperti Bayern Munich dan PSG meski kariernya tak berjalan dengan mulus. Kini, Sanches bakal bertualang ke Italia. Kualitasnya diharapkan dapat membantu AS Roma untuk bersaing lebih jauh di papan atas klasemen Serie A.

PSG dan AS Roma punya hubungan erat pada tiap bursa transfer. Kepindahan Leandro Paredes dan Renato Sanches pada musim panas 2023 semakin memperkuat hal tersebut. Bisakah keduanya bersinar bersama I Giallorossi? Kita nantikan saja.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Gagal Diboyong AC Milan, Renato Sanches Terbaru!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya