5 Catatan Menarik tentang Grup F Piala Dunia 2022 Qatar

Ada Belgia, Maroko, Kanada, dan Kroasia

Piala Dunia 2022 berlangsung di Qatar pada November—Desember 2022 mendatang. FIFA sudah merilis pembagian grup dengan masing-masing grup terdiri dari empat tim sejak dini. Dari delapan grup yang ada, Grup F tak lepas dari perhatian publik.

Pasalnya, terdapat Belgia yang berstatus negara dengan peringkat FIFA terbaik sejauh ini. Ada juga tiga negara lain yang tidak kalah menarik, seperti Kanada, Kroasia, dan Maroko.

1. Piala Dunia pertama bagi Kanada sejak 1986

5 Catatan Menarik tentang Grup F Piala Dunia 2022 QatarAlphonso Davies bersama Kanada (dailyhive.com)

Kanada berhasil lolos ke Piala Dunia 2022 setelah menjuarai grup kualifikasi CONCACAF. Ini merupakan yang pertama kalinya bagi Kanada setelah terakhir kali di turnamen tersebut pada 1986. Piala Dunia 1986 sendiri dilaksanakan di Meksiko kala itu.

Sejak mengikuti Piala Dunia 1986, Kanada tak pernah mengikuti ajang ini akibat selalu tersingkir di ajang kualifikasi. Sebelum lolos ke Piala Dunia 2022, Kanada kalah saing dengan Amerika Serikat, Meksiko, hingga Kosta Rika.

2. Tak ada tim di Grup F yang pernah menjuarai Piala Dunia

5 Catatan Menarik tentang Grup F Piala Dunia 2022 QatarKevin De Bruyne bersama Belgia (fotmob.com)

Dari empat tim di Grup F, tak ada negara yang pernah menjuarai Piala Dunia. Walau berstatus tim dengan peringkat FIFA terbaik, Belgia belum pernah mengangkat trofi turnamen tersebut. Belgia sendiri menjadi tim yang paling sering tampil di Piala Dunia di antara anggota Grup F lainnya.

Kroasia dan Maroko sendiri sudah tampil di lima edisi Piala Dunia. Sedangkan, Kanada baru tampil sekali pada 1986 lalu di Meksiko. Dapat dikatakan peluang untuk lolos ke babak enam belas besar sama rata di grup ini.

Baca Juga: 5 Catatan Menarik tentang Grup H Piala Dunia 2022 Qatar

3. Setiap tim diisi para pemain top yang bermain di Eropa

5 Catatan Menarik tentang Grup F Piala Dunia 2022 QatarLuka Modric bersama Kroasia(total-croatia-news.com)

Peluang untuk lolos ke babak enam belas besar bagi para anggota Grup F dapat dikatakan sama rata. Pasalnya, semua tim memiliki beberapa pemain andalan yang diyakini mampu mendorong performa mereka di ajang ini.

Belgia memiliki Kevin De Bruyne dan Romelu Lukaku. Kroasia memiliki Ivan Perisic dan Luka Modric. Maroko juga memiliki Achraf Hakimi dan Sofaine Boufal. Sedangkan, Kanada memiliki Jonathan David hingga Alphonso Davies. Laga-laga di Grup F akan diisi oleh para pemain top Eropa.

4. Deretan pemain termahal di Grup F

5 Catatan Menarik tentang Grup F Piala Dunia 2022 QatarAchraf Hakimi bersama Paris Saint-Germain (football-espana.net)

Di Grup F, Achraf Hakimi menjadi pemain termahal. Pemain Paris Saint-Germain itu dibanderol dengan harga 70 juta euro atau setara Rp1,1 triliun. Ada juga nama Youri Tielemans yang berada di posisi kedua dengan banderol 55 juta euro atau Rp874 miliar.

Jonathan David yang membela LOSC Lille juga menempati posisi ketiga dengan banderol 50 juta euro atau setara RpRp795 miliar. Dalam daftar sepuluh besar, terdapat beberapa nama lain, seperti Mateo Kovacic dan Charles De Ketelaere.

5. Jadwal pertandingan Grup F Piala Dunia 2022 Qatar

5 Catatan Menarik tentang Grup F Piala Dunia 2022 Qatarpotret Romelu Lukaku bersama Timnas Belgia (sempreinter.com)

Berikut jadwal pertandingan Grup F Piala Dunia 2022 Qatar waktu Indonesia barat:

Rabu, 23 November 2022

Maroko vs Kroasia (16.00)

Kamis, 24 November 2022

Belgia vs Kanada (01.00)

Minggu, 27 November 2022

Belgia vs Maroko (19.00)

Kroasia vs Kanada (22.00)

Kamis, 1 Desember 2022

Kroasia vs Belgia (21.00)

Kanada vs Maroko (21.00)

Setiap tim di Grup F diyakini memiliki peluang sama rata untuk lolos ke babak enam belas besar Piala Dunia 2022. Menurutmu, tim mana yang akan lolos dari Grup F?

Baca Juga: 5 Hal Menarik tentang Grup G Piala Dunia 2022

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya