6 Gelandang Terbaik Premier League pada 2022/2023

Kevin De Bruyne mendapatkan banyak trofi

Peran gelandang sangat vital dalam sebuah kesebelasan. Pasalnya, gelandang harus memberikan kontribusi yang lebih. Mulai dari ketangkasan, kreativitas, dan dominasi di atas lapangan.

Sepanjang 2022/2023, banyak gelandang English Premier League (EPL) yang memukau dan berkontribusi banyak bagi timnya masing-masing. Berikut gelandang terbaik Premier League pada 2022/2023. Ada Kevin De Bruyne hingga Declan Rice.

1. Kevin De Bruyne 

6 Gelandang Terbaik Premier League pada 2022/2023Twitter Kevin De Bruyne (twitter.com/KevinDeBruyne)

Nama pertama adalah Kevin De Bruyne. Pemain Manchester City ini diplot sebagai gelandang terbaik di kasta tertinggi Liga Inggris. Ia juga salah satu pemain terbaik dunia saat ini. Pemain berpaspor Belgia tersebut telah memberikan 7 gol dan 18 assist dari 32 penampilannya di Premier League pada 2022/2023.

De Bruyne sukses membawa Manchester City meraih treble winners musim ini. Ia membantu mereka mendapatkan trofi EPL, Piala FA, dan Liga Champions Eropa. Jadi, tidak salah jika pemain berumur 31 tahun itu disebut sebagai salah satu yang terbaik, tidak hanya di Inggris, tetapi juga Eropa.

2. Martin Odegaard  

6 Gelandang Terbaik Premier League pada 2022/2023Instagram Martin Odegaard (instagram.com/odegaard.98/)

Penampilan apik Arsenal pada 2022/2023 ini tidak lepas dari sang kapten, Martin Odegaard. Pemain asal Norwegia tersebut sangat konsisten di Premier League. Andalan Mikel Arteta ini tidak tergantikan posisinya di gelandang serang. 

Dalam 37 penampilannya di EPL, Odegaard telah memberikan 15 gol dan 8 assist. Eks pemain Real madrid ini juga mendapatkan penghargaan pemain terbaik Arsenal pada 2022/2023. Ia bisa lebih berkembang lagi musim depan jika terus diberi kesempatan.

3. Bruno Fernandes 

6 Gelandang Terbaik Premier League pada 2022/2023Twitter Manchester United (twitter.com/ManUtd)

Sejak bergabung dengan Manchester United pada transfer musim dingin 2020, Bruno Fernandes merupakan salah satu pemain andalan. Ia sangat berguna dalam 3 tahun terakhir. Meski bergonta-ganti pelatih, penampilan Bruno Fernandes cukup meningkat tiap musim.

Contohnya pada Premier League 2022/2023 ini. Bruno Fernandes sudah mencatatkan 8 gol dan 8 assist dari 37 pertandingan. Selain itu, ia juga mengantarkan Manchester United meraih gelar jaura Piala Liga Inggris.

Baca Juga: Segini Jumlah Trofi Manchester City, Baru Dapat Treble Winners!

4. James Maddison

6 Gelandang Terbaik Premier League pada 2022/2023Twitter James Maddison (twitter.com/Madders10)

Leicester City harus terdegradasi dari Premier League pada 2022/2023 ini. Namun, James Maddison menjadi salah satu pemain yang tampil menonjol di lini tengah tim. Ia menunjukkan kualitasnya saat timnya sendiri melempem.

Dalam 30 penampilannya di EPL, pemain berumur 26 tahun tersebut telah memberikan 10 gol dan 9 assist untuk The Foxes. Tentu hal tersebut adalah capaian yang cukup apik. Pemain asal Inggris itu pun diincar beberapa klub di EPL, seperti Arsenal, Newcastle, dan Tottenham Hotspur pada bursa transfer musim panas 2023 ini.

5. Alexis Mac Allister  

6 Gelandang Terbaik Premier League pada 2022/2023Twitter Brighton Hove Albion (twitter.com/OfficialBHAFC)

Alexis Mac Allister ramai diperbincangkan setelah Piala Dunia 2022 Qatar lalu. Hal tersebut tidak lepas dari penampilannya yang impresif. Ia mampu membawa Timnas Argentina menjuarai turnamen 4 tahunan tersebut.

Mac Allister juga tampil konsisten di lini tengah Brighton & Hove Albion. Dalam 35 pertandingan, ia mencatatkan 10 gol dan 2 assist. Pemain satu ini dapat mengisi posisi gelandang serang atau gelandang bertahan sehingga kerap menjadi andalan manajer Brighton, Roberto De Zerbi. Namun, Mac Allister tidak lagi akan berada di bawah sang pelatih musim depan karena pindah ke Liverpool.

6. Declan Rice 

6 Gelandang Terbaik Premier League pada 2022/2023Twitter Declan Rice (twitter.com/_DeclanRice)

Pemain satu ini sering diperbincangkan dalam 2 tahun terakhir. Pada 2022/2023 ini, Declan Rice cukup konsisten dengan bermain di semua pertandingan Premier League. Ia telah menorehkan 4 gol dan 2 assist serta memberikan gelar juara Liga Konferensi Eropa untuk West Ham United. 

Tidak heran jika pemain berkebangsaan Inggris ini mempunyai peran yang sangat vital di skuad The Hammers. Namun, Rice kini menjadi incaran klub-klub top Eropa, seperti Bayern Munich, Chelsea, Manchester City, dan Manchester United. Arsenal yang kehilangan Granit Xhaka pun mengincarnya. Rice mungkin saja hengkang pada musim panas ini.

Keenam gelandang terbaik Premier League pada 2022/2023 di atas memiliki peran penting bagi klubnya masing-masing. Apakah performa mereka akan konsisten pada musim berikutnya atau justru mengalami penurunan? Kita nantikan saja, ya!

Baca Juga: 5 Legenda Manchester City, Ada yang Jadi Top Skor 5 Musim

Arief Budiman Photo Writer Arief Budiman

Undergraduate Communication Science Student at UTA45 Jakarta, someone who has an interest in the world of writing.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya