5 Klub Terakhir yang Sukses Menjuarai Piala Dunia Antarklub, Superior!

Real Madrid jadi yang tersukses

Real Madrid kembali menahbiskan diri sebagai klub terbaik di dunia. Itu tak lepas dari keberhasilan mereka menjuarai Piala Dunia Antarklub 2022. Dalam laga final yang digelar pada Minggu (12/2/2023) dini hari WIB, Real Madrid sukses menaklukkan wakil Asia, Al Hilal.

Real Madrid meneruskan kedigdayaan wakil Eropa di ajang tahunan ini. Dalam beberapa edisi sebelumnya, wakil Eropa hampir selalu sukses menjadi juara. Lantas, klub mana saja yang menjadi klub terakhir yang sukses menjuarai Piala Dunia Antarklub?

1. Real Madrid

5 Klub Terakhir yang Sukses Menjuarai Piala Dunia Antarklub, Superior!Real Madrid (fifa.com)

Keberhasilan tahun ini membuat Real Madrid menjadi klub tersukses dalam sejarah Piala Dunia Antarklub. Total lima trofi Piala Dunia Antarklub telah diraih klub asal Spanyol tersebut.

Hebatnya, sebelum kesuksesan tahun ini, 3 trofi terakhir mereka raih dalam 3 musim beruntun. Tepatnya pada 2016, 2017, dan 2018.

Khasima Antlers, Gremio, dan Al Ain FC berturut-turut menjadi korban keganasan El Real di partai final. Sementara, satu trofi lainnya mereka raih pada 2014.

2. Chelsea

5 Klub Terakhir yang Sukses Menjuarai Piala Dunia Antarklub, Superior!Chelsea menjuarai Piala Dunia Antarklub 2021. (fifa.com)

Chelsea menjadi klub terakhir sebelum Real Madrid mengangkat trofi Piala Dunia Antarklub. Pada edisi 2021 lalu, The Blues berhasil menjuarai ajang ini untuk pertama kalinya.

Sebelumnya, klub asal London itu pernah main di partai final Piala Dunia Antarklub pada 2012. Sayangnya, Chelsea harus mengakui keunggulan wakil Amerika Selatan, Corinthians.

Pada final keduanya, Chelsea sendiri mengempaskan perlawanan Palmeiras di partai final dengan skor 2-1. Thomas Tuchel menjadi sosok di balik kesuksesan Chelsea tersebut.

Baca Juga: 5 Kapten Real Madrid yang Tidak Pensiun di Real Madrid

3. Bayern Munich

5 Klub Terakhir yang Sukses Menjuarai Piala Dunia Antarklub, Superior!Bayern Munich menjuarai Piala Dunia Antarklub. (fifa.com)

Sebelum Chelsea, Bayern Munich menjadi klub yang berjaya di Piala Dunia Antarklub. Momen tersebut terjadi pada 2020 lalu. Kala itu, Piala Dunia Antarklub sendiri digelar di Uni Emirat Arab.

Di partai final, wakil Eropa ini menantang wakil Concacaf, Tigres UANL. Skor 1-0 sudah cukup bagi Die Bayern untuk menjuarai Piala Dunia Antarklub. Keberhasilan itu menjadi yang kedua kali bagi Bayern Munich dalam menjuarai Piala Dunia Antarklub.

4. Liverpool

5 Klub Terakhir yang Sukses Menjuarai Piala Dunia Antarklub, Superior!Liverpool juara Piala Dunia Antarklub. (uefa.com)

Liverpool juga menjadi salah satu klub terakhir yang mengangkat trofi Piala Dunia Antarklub. Sama seperti Chelsea, The Reds baru sekali menjuarai Piala Dunia Antarklub. Momen tersebut mereka terjadi pada 2019.

The Reds menantang wakil Amerika Selatan, Flamengo, di partai final yang digelar pada 22 Desember 2019. Sempat kesulitan mencetak gol, Liverpool akhirnya sukses menjebol gawang Flamengo pada masa perpanjangan waktu. Pertandingan berakhir dengan skor 1-0.

5. Barcelona

5 Klub Terakhir yang Sukses Menjuarai Piala Dunia Antarklub, Superior!Barcelona menjuarai Piala Dunia Antarklub 2011. (fifa.com)

Klub elite Eropa lainnya, Barcelona, menjadi klub yang sukses mengangkat trofi Piala Dunia Antarklub. Blaugrana meraih trofi Piala Dunia Antarklub ketiga pada 2015. Saat itu, Barca yang diarsiteki Luis Enrique mengandaskan perlawanan River Plate di partai puncak.

Keberhasilan itu belum bisa diulangi Barcelona hingga saat ini. Sementara, dua trofi lainnya mereka raih pada 2009 dan 2011.

Wakil Eropa memang masih mendominasi gelaran Piala Dunia Antarklub. Hingga saat ini, baru tiga klub non-Eropa yang pernah juara, yakni Corinthians, Sao Paulo, dan Internacional.

Baca Juga: 5 Wakil Eropa yang Gagal Juara di Piala Dunia Antarklub

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya