5 Pelatih Tersering Memainkan Eden Hazard di Level Klub

Eden Hazard akhirnya putuskan pensiun sebagai pesepak bola

Mantan bintang Timnas Belgia, Eden Hazard, secara mengejutkan umumkan gantung sepatu sebagai pemain sepak bola pada usia yang baru menginjak 32 tahun. Keputusan ini sepertinya buntut dari Hazard yang tak kunjung memiliki klub baru pada 2023/2024.

Praktis, Real Madrid menjadi klub terakhir yang ia bela. Sebelum Los Blancos, ia pernah menjadi andalan LOSC Lille dan Chelsea. Boleh dibilang Hazard memang mencapai puncak kariernya bersama dua klub tersebut.

Sebagai salah satu pemain papan atas, Eden Hazard tentu kerap menjadi andalan pelatih. Selama di level klub, berikut beberapa pelatih yang paling sering menurunkan Eden Hazard.

1. Rudi Garcia menemukan bakat Eden Hazard di LOSC Lille

5 Pelatih Tersering Memainkan Eden Hazard di Level KlubRudi Garcia (asroma.com)

Pelatih pertama yang paling sering mengandalkan Eden Hazard di level klub adalah Rudi Garcia. Pelatih asal Prancis itu cukup berjasa dalam karier Hazard karena Garcia tergolong sebagai sosok pelatih yang mengorbitkan bakat dan talenta besar Eden Hazard. Pada 2008/2009, Garcia yang ditunjuk sebagai pelatih LOSC Lille langsung mempromosikan Hazard ke tim utama. Hazard berkembang pesat di bawah asuhan Garcia. Kurang lebih 4 musim ditangani Garcia, Hazard bermain dalam 190 pertandingan. Penyerang sayap itu pun punya catatan 50 gol dan 57 assist selama terlibat dalam skema Rudi Garcia.

2. Jose Mourinho mengandalkan Eden Hazard pada periode kedua di Chelsea

5 Pelatih Tersering Memainkan Eden Hazard di Level KlubJose Mourinho (premierleague.com)

Perjalanan karier Eden Hazard berlanjut ke Chelsea. Di sana, ia merasakan ditangani beberapa pelatih papan atas, salah satunya Jose Mourinho. Bergabung dengan Chelsea pada 2012, Hazard mulai ditangani Mourinho pada 2013/2014.

Keduanya bekerja sama di Chelsea selama lebih kurang 2,5 musim. Menjelma jadi pemain bintang, Hazard jadi tumpuan lini serang The Blues era Mourinho. Di bawah asuhan pelatih asal Portugal itu, Hazard bermain dalam 125 pertandingan dengan torehan 36 gol dan 30 assist. Mereka sukses mengantarkan Chelsea meraih trofi Premier League.

3. Antonio Conte mengandalkan Hazard selama dua musim di Chelsea

5 Pelatih Tersering Memainkan Eden Hazard di Level KlubAntonio Conte (uefa.com)

Selain Jose Mourinho, Antonio Conte juga pernah begitu mengandalkan Eden Hazard di Chelsea. Conte pribadi ditunjuk sebagai pelatih Chelsea pada 2016/2017. Ia membesut klub London itu selama 2 musim.

Kerja sama Conte dan Hazard pun membuahkan trofi Premier League. Di bawah asuhan Conte, Hazard bermain dalam 94 pertandingan. Dari kesempatan tersebut, Hazard mengoleksi 34 gol dan 21 assist.

4. Maurizio Sarri menangani Hazard pada musim terakhir berseragam Chelsea

5 Pelatih Tersering Memainkan Eden Hazard di Level KlubMaurizio Sarri (uefa.com)

Maurizio Sarri menjadi pelatih yang ditunjuk Chelsea untuk menggantikan Antonio Conte. Namun, pelatih asal Italia itu hanya bertahan semusim di Chelsea. Meski begitu, ia sukses mengantarkan Chelsea meraih trofi Liga Europa.

Hazard pun jadi salah satu pemain kunci dalam kesuksesan Sarri membesut The Blues. Selama semusim ditangani Sarri, Hazard tampil dalam 52 pertandingan. Ia mengoleksi 21 gol dan 17 assist dari penampilannya tersebut. Itu menjadi musim terakhir Hazard berseragam Chelsea sebelum akhirnya hengkang ke Real Madrid.

5. Zinedine Zidane merekrut Eden Hazard le Real Madrid

5 Pelatih Tersering Memainkan Eden Hazard di Level KlubZinedine Zidane (uefa.com)

Perjalanan gemilang Eden Hazard bersama Chelsea berakhir pada 2018/2019. Ia kemudian hengkang ke Real Madrid. Zinedine Zidane menjadi sosok pelatih yang saat itu menginginkan jasa Hazard.

Digadang-gadang sebagai bintang Los Blancos, performa Hazard justru menurun drastis. Sekitar 2 musim ditangani Zidane, Hazard hanya tampil dalam 43 pertandingan. Tragisnya, pemain Belgia itu hanya menorehkan 5 gol dan 8 assist dari sedikit penampilan tersebut.

Patut disayangkan keputusan Eden Hazard gantung sepatu saat usianya baru 32 tahun. Performa yang semakin menurun akibat cedera menjadi salah satu alasan kuat. Momen apa yang paling mengingatkanmu tentang Eden Hazard di atas lapangan?

Baca Juga: 5 Rekrutan Mahal Real Madrid yang Dilepas Gratis, Tentu Ada Hazard!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya