Respect! 6 Stadion Ini Diberi Nama Legenda Sepak Bola!

Nama Diego Maradona dipakai di dua stadion, lho!

Stadion merupakan arena pertandingan sepak bola yang sekaligus menjadi indetitas penting sebuah tim. Hampir semua tim sepak bola profesional memiliki stadion, baik menyewa maupun milik pribadi. Pentingnya sebuah stadion membuat pengelola stadion tak sembarangan dalam memberi nama.

Salah satunya adalah dengan menggunakan nama legenda sepak bola, khususnya yang berkaitan dengan tim pemilik stadion. Terbaru ada Napoli yang mengganti nama stadionnya dengan legenda sepak bola dunia, Diego Armando Maradona.

Sebelum apa yang dilakukan oleh Napoli, ada beberapa stadion yang sudah diberi nama dengan nama legenda sepak bola mereka. Penasaran stadion mana saja? Berikut kami sajikan 6 di antaranya.

Baca Juga: 6 Kejuaraan Mayor yang Pernah Dimenangkan Diego Maradona, Sang Legenda

1. Giuseppe Meazza (Inter Milan)

Respect! 6 Stadion Ini Diberi Nama Legenda Sepak Bola!unsplash.com/@elimirana

Salah satu stadion ternama di Eropa yang menggunakan nama legenda sepak bola adalah Giuseppe Meazza. Stadion yang diresmikan pada 1926 itu menjadi kandang duo klub Milan, Inter dan AC Milan. Namun, uniknya stadion ini memiliki dua nama, yakni San Siro untuk AC Milan dan Giuseppe Meazza untuk Inter.

Nama asli stadion ini adalah San Siro, nama Giuseppe Meazza mulai digunakan pada tahun 1980, enam bulan setelah sang legenda meninggal. Sosok Giuseppe Meazza merupakan legenda sepak bola Italia yang pernah membela Milan dan juga Inter.

2. Santiago Bernabeu (Real Madrid)

Respect! 6 Stadion Ini Diberi Nama Legenda Sepak Bola!realmadrid.com

Berikutnya ada stadion di ibukota Spanyol yang menjadi kandang Real Madrid. Diresmikan pada tahun 1947, stadion ini bernama Estadio Real Madrid Club de Futbol hingga tahun 1955. Santiago Bernabeu adalah sosok yang sangat berjasa dalam sejarah Los Blancos.

Tak main-main, sosok berkebangsaan Spanyol ini pernah menjadi pemain, pelatih hingga, presiden klub. Ia menjabat sebagai presiden El Real sejak 1943 hingga akhir hayatnya pada tahun 1978. Saat ini stadion Santiago Bernabeu sedang dalam tahap renovasi.

3. Puskas Arena (Hungaria)

Respect! 6 Stadion Ini Diberi Nama Legenda Sepak Bola!instagram.com/puskasarena

Nama Ferenc Puskas pastinya sudah tak asing lagi bagi penggemar sepak bola. Nama pemain Nungaria ini tak hanya diabadikan dalam penghargaan FIFA Puskas Award, tapi juga stadion. Tepatnnya di kota Budapest, namanya digunakan untuk nama stadion Puskas Arena. Stadion yang diresmikan pada tahun 2019 ini biasanya digunakan timnas Hungaria dalam menggelar laga kandang.

Puskas merupakan salah satu legenda sepak bola Hungaria yang mendunia. Ia membela Real Madrid selama 9 musim sebelum akhirnya gantung sepatu pada tahun 1966. Puskas telah meninggal dunia pada tahun 2006 lalu.

4. Johan Cruyff Arena (Ajax Amsterdam)

Respect! 6 Stadion Ini Diberi Nama Legenda Sepak Bola!instagram.com/worldbeststadium

Selama bertahun-tahun sejak diresmikan pada 1996, stadion milik Ajax ini dikenal dengan nama Amsterdam Arena. Pada musim 2018/2019, Ajax telah mengganti nama stadion Amsterdam Arena menjadi Johan Cruyff Arena. Hal tersebut untuk menghormati mendiang sekaligus legenda sepak bola, Johan Cruyff.

Saat aktif sebagai pesepak bola, Cruyff pernah berseragam Ajax selama 16 musim. Selain Ajax, klub top lain yang pernah dibela pemain Belanda ini adalah Barcelona. Cruyff memutuskan gantung sepatu pada tahun 1984 dan pada tahun 2016 lalu ia menghembuskan napas terakhirnya.

5. Estadio Diego Armando Maradona (Argentinos Juniors)

Respect! 6 Stadion Ini Diberi Nama Legenda Sepak Bola!instagram.com/superstadiums

Diego Armando Maradona menjadi salah satu legenda sepak bola yang namanya digunakan sebagai nama stadion. Sebelum Napoli, Argentinos Juniors sudah lebih dulu mengubah nama stadionnya dengan nama Estadio Diego Armando Maradona pada tahun 2004.

Sebelumnya, stadion yang diresmikan pada 2003 ini bernama Estadio de la Asociacion Atletica Argentinos Juniors. Pengubahan nama ini untuk mengenang Maradona yang melakukan debut sepak bolanya bersama Argentinos Junior pada tahun 1976. Sosok yang lekat dengan gol "Tangan Tuhan" itu membela tim ini selama 5 tahun.

6. Stadio Diego Armando Maradona (Napoli)

Respect! 6 Stadion Ini Diberi Nama Legenda Sepak Bola!instagram.com/officialsscnapoli

Stadion terbaru yang menggunakan nama legenda sepak bola adalah stadion milik Napoli. Sama seperti Argentinos Juniors, Napoli juga mengganti nama stadionnya menjadi Stadio Diego Armando Maradona. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan kepada Maradona yang belum lama ini meninggal pada 25 November 2020 lalu.

Penggantian nama stadion yang sebelumnya bernama San Paolo ini bukan tanpa alasan. Bintang asal Argentina itu merupakan legenda Napoli periode 1984 hingga 1992. Maradona berhasil membawa Napoli ke puncak kejayaan di kompetisi domestik hingga Eropa.

 

Penggunaan nama legenda sepak bola dalam penamaan stadion tentu saja sebagai penghargaan bagi sang legenda. Siapa pemain saat ini yang suatu saat nanti layak diabadikan sebagai nama stadion?

Baca Juga: 8 Pemain Paling Mematikan yang Pernah Membela Napoli, Adakah Maradona?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya