3 Bintang Ukraina yang Menorehkan Gol pada Paruh Pertama EPL 2023/2024

Mereka membuktikan kualitasnya

Tidak banyak pemain Ukraina yang bermain di English Premier League (EPL) pada 2023/2024. Meski begitu, mereka mampu menampilkan kualitas permainan terbaik bersama klubnya. Sebagian sudah menjadi pemain andalan yang secara reguler diturunkan dari menit pertama, sedangkan beberapa lainnya kerap kali dirotasi manajer tim.

Sejauh ini, pemain Ukraina sendiri sudah pernah menjebol gawang lawan. Ada tiga pemain Ukraina yang telah menorehkan gol pada paruh pertama 2023/2024. Siapa saja mereka?

1. Oleksandr Zinchenko baru sekali merobek gawang lawan

3 Bintang Ukraina yang Menorehkan Gol pada Paruh Pertama EPL 2023/2024Oleksandr Zinchenko (arsenal.com)

Oleksandr Zinchenko berhasil menunjukkan kualitas permainan terbaiknya sejak bergabung dengan Arsenal dari Manchester City pada musim panas 2022. Ia ditempatkan sebagai bek kiri The Gunners. Zinchenko sejauh ini baru sekali merobek gawang lawan pada paruh pertama EPL 2023/2024.

Satu-satunya torehan gol tersebut terjadi ketika Arsenal mengalahkan Burnley 3-1 pada pekan ke-12. Sebagai bek kiri, Zinchenko cukup aktif membantu serangan. Walaupun golnya baru satu, kontribusinya dalam melakukan mendistribusikan bola melalui operan pendek dan umpan matangnya cukup membantu lini serang Arsenal.

Dilansir laman resmi Premier League, Zinchenko telah memberikan 981 operan dan 24 umpan silang. Akurasi umpan silangnya mencapai 13 persen dan berhasil menciptakan 3 peluang emas. Dari 3 peluang emas tersebut, ia berhasil menghasilkan 1 assist saat mengalahkan Wolverhampton Wanderers 2-1 pada pekan ke-14.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal Pakai Nomor Punggung 35 sebelum Oleksandr Zinchenko

2. Vitalii Mykolenko menorehkan dua gol

3 Bintang Ukraina yang Menorehkan Gol pada Paruh Pertama EPL 2023/2024Vitalii Mykolenko (evertonfc.com)

Vitalii Mykolenko makin menunjukkan kematangan dan kedewasaan dalam permainannya sebagai bek kiri Everton pada 2023/2024. Ia mampu bermain sebagai starter sebanyak 14 kali dan tidak pernah ditarik keluar oleh Manajer Everton, Sean Dyche. Mykolenko menjawab kepercayaan manajernya itu dengan mencetak dua gol pada paruh pertama EPL 2023/2024.

Ia mencetak gol pertamanya ketika Everton bermain imbang 1-1 melawan Brighton & Hove Albion pada pekan ke-11. Di sisi lain, gol keduanya terjadi ketika Everton berhasil menaklukan Crystal Palace dengan skor 3-2 pada pekan ke-12. Uniknya, Mykolenko tidak mencetak gol dengan kaki kirinya. Menurut data situs resmi Premier League, ia merobek gawang lawan dengan kepalanya dan kaki kanannya. Padahal, Mykolenko merupakan pemain kidal atau lebih kuat menendang dengan kaki kiri.

3. Mykhailo Mudryk sejauh ini telah mencetak tiga gol

3 Bintang Ukraina yang Menorehkan Gol pada Paruh Pertama EPL 2023/2024Mykhailo Mudryk (chelseafc.com)

Permainan Mykhailo Mudryk selalu menjadi sorotan usai dibeli Chelsea dengan harga 88,5 juta pound sterling atau Rp1,7 miliar pada Januari 2023. Sebab, ia disebut-sebut sebagai wonderkid asal Ukraina paling menjanjikan. Mudryk awalnya mengalami kesulitan beradaptasi dengan sepak bola Inggris dan terbebani dengan nilai transfernya yang mahal. Akan tetapi, sang pemain perlahan-lahan mampu menunjukkan peningkatan dalam permainannya di skuad utama The Blues.

Ia membuktikannya dengan torehan 3 gol dari 17 pertandingan EPL pada paruh pertama 2023/2024. Dilansir Footystats, Mudryk memiliki expected goal 1,5 dari 4 kali keterlibatannya dalam proses terciptanya gol Chelsea. Salah satu momen terbaik Mudryk terjadi ketika dirinya berhasil merobek gawang Arsenal dengan tendangan spektakuler dari sudut kiri lapangan.

Perjalanan ketiga pemain Ukraina di atas masih panjang di EPL 2023/2024. Performa apik selama paruh pertama EPL 2023/2024 bisa menjadi motivasi bagi mereka saat menjalani paruh kedua musim. Akankah ketiga pemain Ukraina ini mampu tampil konsisten dan mengangkat prestasi tim? Menarik untuk memantau perkembangan permainan mereka. 

Baca Juga: 3 Klub yang Sudah Dibobol Mykhaylo Mudryk pada 2023/2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya