Calvin Stengs, Talenta Belanda yang Luput dari Sorotan Media

Siap bawa kejayaan bagi Timnas Belanda

Timnas Belanda memiliki pemain muda yang luput dari sorotan media. Sosok tersebut bernama Calvin Stengs, winger berbakat milik Feyenoord Rotterdam. Namanya melambung setelah berhasil mencatat hattrick dalam kemenangan Timnas Belanda 6-0 atas Timnas Gibraltar di Kualifikasi Euro 2024 pada 21 November 2023.

Performa gemilang Stengs membuatnya terpilih sebagai Player of the Match usai laga tersebut. Dilansir Eurosport, ia juga mendapatkan nilai sembilan. Stengs menjadi harapan baru bagi Timnas Belanda yang tengah melakukan regenerasi dalam skuad utamanya.

Lantas, sehebat apa Calvin Stengs yang disebut-sebut akan menjadi bintang Timnas Belanda? Inilah tiga fakta unik mengenai pemain Feyenoord tersebut!

1. Mengawali kariernya bersama akademi AZ Alkmaar

Calvin Stengs, Talenta Belanda yang Luput dari Sorotan MediaCalvin Stengs (instagram.com/calvinstengs)

Calvin Stengs bergabung dengan akademi AZ Alkmaar ketika usianya 11 tahun. Ia direkrut dari tim muda Haarlem pada Juli 2009. Stengs kemudian merintis kariernya di berbagai level usia muda, seperti AZ U-17, U-19, dan U-21.

Stengs menjalani debutnya di tim utama AZ Alkmaar saat melawan Excelsior di Eredivisie Belanda pada Maret 2017. Ia turun sebagai penyerang sayap kanan selama 45 menit. Itu merupakan posisi favorit Stengs. Sebab, ia memiliki kekuatan kaki kiri yang cukup mematikan. Stengs total tampil dalam 113 laga dengan mencetak 24 gol dan 24 assist di semua kompetisi bersama AZ Alkmaar pada periode 2016--2021.

Baca Juga: Dean Huijsen, Bek Muda Calon Bintang Juventus asal Belanda

2. Sempat flop di OGC Nice, tetapi bangkit bersama Royal Antwerp

Calvin Stengs, Talenta Belanda yang Luput dari Sorotan MediaCalvin Stengs (instagram.com/calvinstengs)

Permainan impresif Stengs membuatnya menjadi incaran sejumlah klub-klub Eropa. OGC Nice akhirnya berhasil mendapatkan tanda tangannya pada musim panas 2021. Nice menebus Stengs dari AZ Alkmaar seharga 15 juta euro atau Rp260 miliar.

Sayangnya, Stengs gagal menampilkan performa terbaiknya selama membela Nice. Ia hanya menorehkan 1 gol dan 1 assist dalam 26 penampilan di seluruh kompetisi pada 2021/2022. Nice memutuskan meminjamkan Stengs kepada Royal Antwerp pada 2022/2023. Pemain asal Belanda itu berhasil bangkit dari keterpurukan setelah mencatat 31 penampilan dan 3 gol serta 9 assist di semua kompetisi. Stengs bahkan turut berkontribusi saat Royal Antwerp meraih gelar juara Jupiler Pro League 2022/2023.

3. Mencetak hattrick untuk Timnas Belanda dengan kaki kirinya

Calvin Stengs, Talenta Belanda yang Luput dari Sorotan MediaCalvin Stengs mencetak hattrick saat membela Timnas Belanda. (twitter.com/KNVB)

Stengs kemudian memilih kembali ke Belanda bersama Feyenoord Rotterdam. Ia ditebus Feyenoord dari Nice dengan harga 6 juta euro atau Rp104 miliar pada musim panas 2023. Stengs berhasil bermain apik sampai November 2023. Ia total tampil dalam 17 laga dan mencetak 4 gol serta 7 assist di semua kompetisi.

Penampilan menawan Stengs bersama Feyenoord membuatnya mendapat panggilan dari Timnas Belanda pada jeda internasional November 2023. Ia menjawab kepercayaan Manajer De Oranje, Ronald Koeman, dengan menorehkan hattrick ke gawang Gibraltar pada 21 November 2023. Uniknya, pemain berusia 24 tahun itu mencetak semua gol tersebut dengan kaki kirinya.

Calvin Stengs menjadi salah satu pemain yang patut diperhitungkan pada 2023/2024. Ia bisa menjadi senjata rahasia Feyenoord dalam mempertahankan gelar juara Eredivisie Belanda. Selain itu, kemampuan Stengs beroperasi di sayap kanan akan menjadi kunci Timnas Belanda saat berlaga di putaran final Euro 2024 Jerman. Ia hanya perlu fokus dan menampilkan permainan konsisten agar mampu memberikan yang terbaik bagi klub dan negaranya.

Baca Juga: Legenda Belanda Marc Overmars Diskors Federasi Imbas Pelecehan Seksual

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya