4 Pemain Akademi Manchester City Tampil Bareng Tim Utama 2023/2024

Mampu bersaing dengan para pemain bintang

Manajer Manchester City, Pep Guardiola, telah beberapa kali menurunkan pemain muda dari akademi Manchester City dalam pertandingan resmi 2023/2024. Tercatat, ada empat pemain akademi Manchester City yang sudah tampil untuk skuad utama The Citizens musim ini.

Sayangnya, ada satu pemain yang memutuskan meninggalkan klub demi mendapatkan menit bermain lebih. Meski begitu, keempat pemain ini menandakan bahwa jebolan akademi Manchester City mampu bersaing dengan para pemain bintang di skuad utama. Siapa saja keempat pemain muda Manchester City yang dimaksud?

1. Oscar Bobb tampil solid dalam laga debutnya

4 Pemain Akademi Manchester City Tampil Bareng Tim Utama 2023/2024Oscar Bobb (kanan) (mancity.com)

Oscar Bobb menjalani debutnya sebagai pemain utama saat Manchester City melawan Newcastle United dalam laga babak ke-3 Carabao Cup, 27 September 2023. Pemain berusia 20 tahun itu mengisi posisi gelandang serang bersama Mateo Kovacic. Sayangnya, Manchester City kalah 1-0 atas Newcastle United dalam laga tersebut.

Dalam laga itu, Bobb bermain selama 90 menit penuh. Dilansir Manchester Evening News, ia melakukan 50 sentuhan dan sempat membuat peluang untuk Julian Alvarez yang sayangnya masih mampu diantisipasi oleh kiper Newcastle United. Penampilan Bobb kala itu mendapat pujian dari rekan setimnya, Stefan Ortega. Ortega mengatakan bahwa Bobb dapat menerima dan menahan bola dengan baik sehingga aliran serangan Manchester City lebih cair.

Baca Juga: Manchester City Panen Cuan dari Tim Akademi pada Musim Panas 2023

2. Rico Lewis masih minim menit bermain

https://www.youtube.com/embed/gDHXTWcQqjU

Rico Lewis debut di tim senior Manchester City saat meraih kemenangan 4-0 atas Bournemouth pada laga English Premier League (EPL) 2022/2023. Hingga kini, ia tercatat telah tampil dalam 23 pertandingan dengan catatan 1 assist. Guardiola menaruh kepercayaan kepada Lewis untuk bermain sebagai pelapis Kyle Walker atau Nathan Ake di posisi full back.

Meski begitu, Lewis baru tampil 5 kali pada 2023/2024. Ia dua kali menjadi starter, tepatnya saat laga pertama EPL melawan Burnley pada Agustus 2023 dan pertandingan babak ketiga Carabao Cup versus Newcastle United pada September 2023. Meski begitu, masa depan Lewis masih panjang karena saat ini ia masih berusia 18 tahun.

3. Cole Palmer sempat tampil apik sebelum pindah ke Chelsea

https://www.youtube.com/embed/nrHgbVxRH-Q

Cole Palmer sudah bergabung dengan akademi Manchester City sejak usianya masih 8 tahun pada 2008. Ia menjalani debutnya bersama skuad utama Manchester City dalam pertandingan babak ke-4 Carabao Cup melawan Burnley pada September 2020. Terbaru, Palmer mencetak dua gol penting pada awal 2023/2024.

Palmer mencetak satu-satunya gol kemenangan Manchester City 1-0 atas Arsenal pada laga Community Shield 2023. Ia juga menjadi man of the match ketika mencetak gol penyeimbang di babak kedua dalam pertandingan Piala Super Eropa 2023 melawan Sevilla. Manchester City sukses meraih gelar juara Piala Super Eropa 2023 setelah menang adu penalti 5-4 atas Sevilla.

Namun, Palmer memutuskan menyeberang ke Chelsea pada hari penutupan bursa transfer musim panas 2023. The Blues menebus Palmer dari Manchester City dengan nilai transfer sebesar 45 juta pound sterling atau Rp851 miliar. Palmer mengungkapkan bahwa ia menginginkan menit bermain lebih banyak untuk mengembangkan permainannya.

4. Phil Foden mantap sebagai tumpuan lini tengah Manchester City

https://www.youtube.com/embed/j-GX_D2o7nQ

Phil Foden makin memantapkan posisinya sebagai gelandang andalan Manchester City. Terlebih setelah Kevin De Bruyne absen panjang akibat cedera. Foden mendapat kepercayaan dari Pep Guardiola untuk menggantikan posisi pemain asal Belgia itu.

Sejauh ini, Foden telah tampil dalam 228 penampilan bersama Manchester City dengan torehan 61 gol dan 45 assist. Ia juga telah meraih banyak trofi bergengsi bersama The Citizens, seperti 5 kali titel juara English Premier League (EPL), 1 Liga Champions Eropa, 2 kali FA Cup, 4 kali Carabao Cup, dan 1 Piala Super Eropa. Di level internasional, Foden sudah mengoleksi 27 caps dan 4 gol serta 8 assist bersama Timnas Inggris sejak debut pada September 2020.

Keempat pemain akademi Manchester City di atas membuktikan bahwa The Citizens tidak selalu mengandalkan pemain bintang yang dibeli mahal. Manajemen Manchester City menunjukkan dukungannya terhadap perkembangan pemain muda, terutama mereka yang mengemban pendidikan langsung bersama tim akademi milik mereka sendiri. Selain Phil Foden, siapa kira-kira yang bakal menjadi langganan starter di skuad utama Manchester City dalam beberapa tahun ke depan?

Baca Juga: 3 Jebolan Akademi Manchester City yang Langsung Pindah ke Chelsea

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya