5 Pemain Bintang yang Pernah Uji Coba dengan Klub Rival

Steven Gerrard di Manchester United

Pemain yang kini dikenal sebagai bintang maupun legenda ternyata pernah mengikuti uji coba bersama beberapa klub rival dari klub yang mereka bela. Seperti lima pemain bintang ini, yang dahulunya menjalani uji coba bersama klub rival saat muda. Akan tetapi, mereka batal bergabung dengan klub itu karena berbagai faktor.

Alhasil, lima pemain ini akhirnya memiliki perjalanan karier yang luar biasa bersama klub yang mereka bela. Bahkan, beberapa di antaranya menyandang status legenda klub.

1. Gabriel Martinelli hampir bergabung dengan Manchester United

5 Pemain Bintang yang Pernah Uji Coba dengan Klub RivalGabriel Martinelli (arsenal.com)

Gabriel Martinelli pernah empat kali menjalani uji coba di Manchester United. Dilansir The Athletic, ia mengikuti percobaan di sana saat usianya 13, 14, 15, dan 16 tahun. Martinelli pernah bertemu dengan para pemain bintang MU, seperti Zlatan Ibrahimovic, Paul Pogba, Wayne Rooney, dan Patrice Evra.

Martinelli ternyata tidak lolos seleksi untuk masuk ke tim junior Manchester United. Selain MU, ia sendiri pernah mengikuti uji coba bersama Barcelona selama 15 hari. Namun, Martinelli mengungkapkan, Barcelona tidak benar-benar menginginkannya. Akhirnya, ia kembali ke Brasil bersama klub divisi ke-4, Ituano, sebelum bergabung dengan Arsenal pada 2019.

2. Pedri sempat patah hati ketika ditolak Real Madrid

5 Pemain Bintang yang Pernah Uji Coba dengan Klub RivalPedri (fcbarcelona.com)

Dilansir Marca, Pedri mengungkapkan dirinya sempat kecewa ketika ditolak Real Madrid. Awalnya, ia dipanggil Real Madrid untuk mengikuti uji coba di pusat pelatihan mereka. Akan tetapi, Pedri urung uji coba karena salju turun cukup tebal sehingga lapangan tidak bisa digunakan.

Pedri baru bisa menjalani uji coba beberapa hari setelah itu. Sayangnya, Real Madrid memberitahu sang pemain bahwa dirinya tidak lolos seleksi karena dinilai tidak cukup bagus. Pedri yang kecewa akan kegagalan itu kemudian termotivasi untuk menjadi pemain yang lebih baik.

Pemain asal Spanyol itu akhirnya bergabung dengan Las Palmas U-19 pada 2018. Ia lalu masuk ke tim utama setahun berikutnya. Pedri tampil cukup impresif di sana sampai Barcelona tertarik mendatangkannya pada musim panas 2019. Ia kini menjadi salah satu pemain muda terbaik Barcelona. Pedri bahkan sempat mendapat penghargaan Golden Boy pada November 2021.

Baca Juga: 9 Pemain Barcelona dengan Klausul Rilis Fantastis Senilai Rp16 Triliun

3. Emile Smith Rowe tidak lolos setelah uji coba di Chelsea

5 Pemain Bintang yang Pernah Uji Coba dengan Klub RivalEmile Smith Rowe (arsenal.com)

Jebolan akademi Arsenal, Emile Smith Rowe, ternyata pernah ditolak Chelsea. Hal itu terjadi setelah sang pemain tidak lolos uji coba. Smith Rowe sempat kecewa dengan hasil itu, tetapi menjadikannya motivasi untuk menjadi lebih baik.

Smith Rowe lalu menjalani uji coba bersama klub London lainnya, Arsenal. Beruntung, ia lolos seleksi dan bergabung dengan akademi The Gunners. Kini, Smith Rowe menjadi salah satu pemain utama Arsenal di bawah kepelatihan Mikel Arteta. Ia bahkan diberi kehormatan mengenakan nomor 10 sejak kepergian Mesut Oezil pada 2021.

4. John Terry batal bergabung dengan Manchester United

5 Pemain Bintang yang Pernah Uji Coba dengan Klub RivalJohn Terry (chelseafc.com)

John Terry dikenal sebagai legenda Chelsea. Ia telah mengabdi kepada The Blues selama 17 tahun pada 2000—2017. Namun, Terry ternyata pernah nyaris bergabung dengan Manchester United jika tidak mendapatkan tawaran menarik dari Chelsea pada 1994.

Dilansir Sky Sports, Terry menceritakan dirinya menjalani uji coba bersama Manchester United di Old Trafford. Akan tetapi, Chelsea datang menawarkan sesuatu yang spesial. Mereka juga memiliki hubungan dekat dengan keluarganya.

Akhirnya, Terry memilih bergabung dengan akademi Chelsea dan meninggalkan The Blues sebagai legenda pada 2017. Ia telah memenangi semua trofi bergengsi bersama mereka. Penghargaan kolektif itu di antaranya 5 gelar juara English Premier League (EPL), 1 Liga Champions Eropa, dan 1 Liga Europa.

5. Steven Gerrard juga pernah ikut uji coba di Manchester United

5 Pemain Bintang yang Pernah Uji Coba dengan Klub RivalSteven Gerrard (liverpoolfc.com)

Steven Gerrard dikenal sebagai pemain yang sangat loyal kepada Liverpool. Tidak heran jika ia mendapat pengakuan sebagai legenda The Reds. Namun, siapa sangka Gerrard pernah menjalani uji coba di klub rival abadi Liverpool, Manchester United.

Dilansir Manchester Evening News, Gerrard mengungkapkan dirinya hanya ingin merasakan pengalaman berada di klub selain Liverpool. Tidak hanya menjalani uji coba bersama MU, ia juga pernah mengikuti masa percobaan di Everton, Crystal Palace, dan West Ham United. Pada akhirnya, Gerrard memilih Liverpool dan mencapai puncak kariernya bersama mereka.

Lima pemain di atas memiliki perjalanan karier yang cukup menarik. Kegagalan yang dialami Pedri, Gabriel Martinelli, dan Emile Smith Rowe saat menjalani uji coba menjadi titik balik bagi karier mereka saat ini. Di sisi lain, andai John Terry dan Steven Gerrard bergabung dengan Manchester United, tentu Chelsea dan Liverpool tidak akan memiliki legenda sehebat mereka.

Baca Juga: Liverpool Akhirnya Dapatkan Titisan Gerrard yang Asli

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya