5 Pemain LaLiga Spanyol yang Cetak Gol Kurang dari 1 Menit

Ada yang mencetak gol cepat saat laga debut

Marc Guiu tengah menjadi bahan perbincangan oleh media dan fans LaLiga Spanyol. Bukan tanpa alasan, ia baru saja mencetak gol dalam laga debutnya bersama Barcelona saat menang 1-0 atas Athletic Bilbao pada 22 Oktober 2023. Guiu menorehkan berbagai rekor lewat gol kemenangan Barcelona itu. Pemain yang masih berusia 17 tahun ini menjadi debutan dengan torehan gol tercepat sepanjang sejarah Barcelona. Selain itu, Guiu termasuk salah satu pemain yang berhasil mencetak gol dalam waktu kurang dari 1 menit di LaLiga Spanyol.

Tercatat, ada lima pemain yang mampu menorehkan rekor gol tercepat di LaLiga Spanyol kurang dari 1 menit. Dari 5 pemain itu, 2 di antaranya merupakan pemain asal Spanyol, sementara 3 lainnya berasal dari mancanegara. Siapa saja mereka?

1. Seydou Keita mencetak gol dalam waktu 7,6 detik

5 Pemain LaLiga Spanyol yang Cetak Gol Kurang dari 1 MenitSeydou Keita (uefa.com)

Seydou Keita membuat fans UD Almeria tersentak saat peluit pertandingan LaLiga melawan Valencia baru saja ditiupkan oleh wasit pada 2014/2015. Pemain asal Mali itu langsung memberikan pressing kepada para pemain Almeria begitu kick-off babak pertama dimulai. Ia memanfaatkan kesalahan bek Almeria saat memberikan operan pendek kepada kiper untuk mencetak gol dalam waktu 7,6 detik pada babak pertama.

Gol Keita itu menjadikannya sebagai pencetak gol tercepat dalam sejarah LaLiga. Meski begitu, Valencia gagal memetik kemenangan dalam laga tersebut. Valencia sempat unggul 2 gol pada babak pertama, tetapi Almeria membalas lewat 2 gol pada awal babak kedua. Alhasil, pertandingan berakhir dengan skor imbang 2-2.

Baca Juga: 5 Kapten di LaLiga 2023/2024 yang Paling Baru Bergabung dengan Timnya

2. Joseba Llorente sukses merobek gawang Espanyol 7,8 detik setelah kick-off

5 Pemain LaLiga Spanyol yang Cetak Gol Kurang dari 1 MenitJoseba Llorente (realvalladolid.es)

Joseba Llorente merupakan pemegang rekor gol tercepat dalam sejarah LaLiga sebelum dipecahkan oleh Seydou Keita. Pemain asal Spanyol itu sukses membawa timnya, Real Valladolid, unggul cepat lewat golnya dalam pertandingan melawan Espanyol pada 2007/2008. Llorente tercatat sebagai pencetak gol tercepat dalam sejarah LaLiga, tetapi rekornya berhasil dipecahkan oleh Seydou Keita.

Llorente menghabiskan seluruh kariernya sebagai pemain di LaLiga. Ia tercatat pernah memperkuat Real Sociedad, SD Eibar, Villareal, Real Valladolid, dan Osasuna. Llorente memutuskan pensiun setelah terakhir kali memperkuat klub masa kecilnya, Real Sociedad, pada Juli 2013.

3. Dario Silva membuka keunggulan Malaga dalam waktu 8 detik

https://www.youtube.com/embed/oRtxytDGTxg

Dario Silva mencatat rekor sebagai pencetak gol tercepat ketiga dalam sejarah LaLiga Spanyol. Ia melakukannya ketika membuka keunggulan Malaga atas Real Valladolid pada 2000/2001. Silva berhasil merebut bola dari pemain Valladolid lalu menggiring bola dan mencetak gol.

Pemain asal Uruguay itu membela Malaga selama 4 tahun medio 1999--2003. Ia kemudian bergabung dengan klub English Premier League (EPL), Portsmouth, pada Agustus 2005. Akan tetapi, ia memutuskan pensiun sebagai pemain 6 bulan kemudian tepatnya pada Februari 2006.

4. Florin Andone menorehkan gol cepat saat pertandingan baru berjalan 10 detik

5 Pemain LaLiga Spanyol yang Cetak Gol Kurang dari 1 MenitFlorin Andone (kanan) (laliga.com)

Florin Andone berhasil membuka keunggulan Cordoba saat pertandingan LaLiga 2014/2015 melawan SD Eibar baru berjalan 10 detik pada babak pertama. Andone dan Federico Cartabia berhasil merebut bola dari pemain Eibar dengan melakukan pressing begitu kick-off babak pertama dimulai. Umpan Cartabia kemudian berhasil diselesaikan dengan baik oleh Andone dan gol pertama Cordoba tercipta dalam waktu 9 detik.

Sayangnya, keunggulan cepat itu tidak mampu memberikan kemenangan bagi Cordoba. Pertandingan berakhir dengan skor 1-1. Cordoba akhirnya terdegradasi setelah finis di urutan ke-20 dalam klasemen akhir LaLiga 2014/2015.

5. Marc Guiu bikin sensasi setelah mencetak gol dalam waktu 23 detik

5 Pemain LaLiga Spanyol yang Cetak Gol Kurang dari 1 MenitMarc Guiu mencetak gol kemenangan Barcelona. (fcbarcelona.com)

Marc Guiu menjadi pemain teranyar yang mencetak gol kurang dari 1 menit dalam sejarah LaLiga Spanyol. Ia mencetak gol saat baru memasuki lapangan selama 23 detik pada babak kedua menit ke-79. Guiu menerima umpan matang dari Joao Felix, lalu memasukkan bola dengan akurat ke gawang Athletic Bilbao yang dikawal oleh Unai Simon. Gol tersebut membuat Barcelona unggul 1-0 atas Athletic Bilbao. Skor itu pun bertahan sampai akhir pertandingan.

Rekor yang Guiu torehkan sedikit berbeda dengan para pendahulunya yang mencetak gol ketika babak pertama belum berjalan sampai 1 menit. Akan tetapi, torehan Guiu tetap spesial karena ia melakukannya dalam laga debut untuk tim senior Barcelona. Ia menjadi jebolan akademi La Masia pertama yang mampu mencetak gol dalam laga debutnya saat usianya masih 17 tahun.

Lima pemain di atas sukses mencatatkan namanya dalam buku sejarah LaLiga. Mencetak gol cepat kurang dari 1 menit bukan momen yang bisa diulangi setiap tahun. Misalnya seperti rekor gol tercepat milik Seydou Keita belum ada yang berhasil memecahkannya hingga Oktober 2023. Menarik untuk melihat rekor-rekor unik apa lagi yang bakal hadir mewarnai LaLiga 2023/2024.

Baca Juga: 6 Pemain yang Tampil Gemilang pada Pekan Ke-10 LaLiga 2023/2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya