5 Pencetak Gol Terbanyak Manchester United era Erik ten Hag

Performa mereka tengah dalam sorotan

Pencetak gol terbanyak Manchester United era Erik ten Hag tengah mengalami performa yang naik-turun pada 2023/2024. Beberapa di antara mereka berhasil tampil luar biasa pada 2022/2023, tetapi sebagian besar malah mengalami inkonsistensi performa musim ini.

Para pemain itu sebenarnya memiliki kualitas top dunia. Sayangnya, permainan mereka yang cenderung fluktuatif membuat prestasi Manchester United merosot pada paruh pertama 2023/2024.

Berikut lima pencetak gol terbanyak Manchester United era Erik ten Hag itu.

1. Scott McTominay secara mengejutkan mampu mencetak sembilan gol

5 Pencetak Gol Terbanyak Manchester United era Erik ten HagScott McTominay (premierleague.com)

Tidak ada yang menyangka Scott McTominay termasuk salah satu pencetak gol terbanyak Manchester United era Erik ten Hag. Pemain asal Skotlandia itu telah mencetak sembilan gol setelah MU ditangani Erik ten Hag. Padahal, posisi McTominay merupakan gelandang bertahan yang tugasnya menjaga stabilitas lini tengah tim.

Sang Pemain sempat santer dikabarkan akan hengkang pada bursa transfer musim panas 2023. Beberapa klub telah menawarinya, seperti West Ham United dan Bayern Muenchen. Akan tetapi, McTominay bersikeras ingin bertahan dan membuktikan bahwa dirinya layak bermain untuk klub sebesar Manchester United.

2. Anthony Martial mengoleksi total sebelas gol

5 Pencetak Gol Terbanyak Manchester United era Erik ten HagAnthony Martial (manutd.com)

Anthony Martial tidak pernah benar-benar bersinar sejak kedatangannya di Manchester United dari AS Monaco pada musim panas 2015. Performanya tindak konsisten dan beberapa kali absen karena mengalami cedera. Meski begitu, Martial tetap masuk sebagai pencetak gol terbanyak Manchester United era Erik ten Hag dengan koleksi sebelas gol.

Menurut data Transfermarkt, pemain asal Prancis itu mencetak 9 gol dalam 29 pertandingan pada 2022/2023. Martial lalu baru menorehkan 2 gol dalam 19 laga pada 2023/2024. Kualitas permainannya terlihat jelas dari statistiknya dalam 365 hari terakhir.

Menurut data Fbref, Martial hanya memiliki rata-rata ekspektasi gol 0,32 per 90 menit. Ia hanya menciptakan total 12 persen tembakan selama bermain dalam 1.389 menit. Kabarnya, Manchester United siap melepasnya jika ada yang berminat pada bursa transfer Januari 2024.

Baca Juga: 6 Pelatih Paling Sering Memainkan Harry Maguire, Ada Erik ten Hag

3. Casemiro memiliki catatan gol yang sama dengan Martial

5 Pencetak Gol Terbanyak Manchester United era Erik ten HagCasemiro (manutd.com)

Casemiro yang merupakan seorang gelandang bertahan mampu tampil produktif sejak bergabung dengan Manchester United pada musim panas 2022. Pemain asal Brasil itu memiliki catatan gol yang sama dengan Martial, yaitu sebelas gol. Casemiro beberapa kali mampu menciptakan peluang ketika tampil lebih menyerang.

Menurut data Fbref lagi, Casemiro memiliki rata-rata ekspektasi gol nonpenalti 0,22 per 90 menit. Ia melakukan tembakan 93 persen atau 1,98 per 90 menit. Sayangnya, Casemiro belum bisa tampil akibat mengalami cedera sejak Oktober 2023.

4. Bruno Fernandes (19 gol) salah satu pencetak gol terbanyak Manchester United era Erik ten Hag

5 Pencetak Gol Terbanyak Manchester United era Erik ten HagBruno Fernandes (manutd.com)

Bruno Fernandes menempati urutan kedua sebagai pencetak gol terbanyak Manchester United era Erik ten Hag. Pemain asal Portugal itu sejauh ini mampu merobek gawang lawan sebanyak 19 kali dalam 79 penampilan di bawah Ten Hag. Fernandes juga mampu menciptakan 20 assist.

Sayangnya, performa Sang Pemain beberapa kali naik-turun. Menurut data Footystats, Fernandes memiliki rata-rata ekspektasi gol di English Premier League 2,99 pada 2023/2024. Padahal, ekspektasi golnya di Premier League mencapai 7,62 pada 2022/2023. Meski begitu, Fernandes masih menjadi pemain andalan MU. Ia bahkan mengemban tanggung jawab lebih sebagai kapten tim.

5. Marcus Rashford menjadi pemain paling produktif dengan 32 gol

5 Pencetak Gol Terbanyak Manchester United era Erik ten HagMarcus Rashford (manutd.com)

Marcus Rashford tercatat sebagai pencetak gol terbanyak Manchester United era Erik ten Hag. Ia telah mengoleksi 32 gol sejak kedatangan Ten Hag pada musim panas 2022. Rashford merupakan pemain kunci MU pada 2022/2023. Ia mampu mencetak 30 gol dalam 56 laga di semua kompetisi.

Akan tetapi, penampilannya mengalami kemerosotan pada 2023/2024. Ia sejauh ini baru menorehkan 2 gol dalam 21 laga di semua kompetisi. Permainannya kerap mendapatkan kritik dari kalangan media karena dinilai terlalu sering membuang peluang mencetak gol.

Kelima pemain di atas masih menjadi pilar utama pada 2023/2024. Meski termasuk pencetak gol terbanyak Manchester United era Erik ten Hag, performa mereka tengah dalam sorotan tajam. Sebab, performa MU menurun pada paruh pertama 2023/2024. Akibatnya, The Red Devils tersingkir dari Liga Champions Eropa dengan menempati peringkat terakhir Grup A dengan raihan empat poin. 

Baca Juga: Wajah Girang Erik Ten Hag Usai MU Gak Kebobolan di Anfield

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya