Comscore Tracker

10 Bek Kiri dengan Nilai Transfer Termahal dalam Sejarah

Tidak ada Alphonso Davies dan Andy Robertson 

Bek sayap bisa dibilang sebagai salah satu posisi yang penting di era sepak bola modern. Mereka menjadi unsur terpenting dalam transisi bertahan dan menyerang. Sejumlah klub top Eropa saat ini memandang bek kiri sebagai kebutuhan utama. Klub-klub rela merogoh kocek yang cukup dalam demi mendapatkan bek kiri terbaik.

Saat ini, Liverpool dan Bayern Munchen memiliki bek kiri terbaik di dunia dalam diri Alphonso Davies dan Andy Robertson. Namun, kedua pemain itu ternyata tidak termasuk dalam jajaran transfer bek kiri termahal di dunia. Lantas, siapa saja bek kiri dengan nilai transfer tertinggi dalam sejarah sepak bola? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Brother Goals! 9 Potret Kompak Pesepak Bola Lucas dan Theo Hernandez

10. Kieran Tierney (27 Juta Euro)

10 Bek Kiri dengan Nilai Transfer Termahal dalam Sejarahfootball.london

Kieran Tierney didatangkan Arsenal pada musim panas tahun lalu dari klub Skotlandia, Celtic. Ia dibeli dengan harga 27 juta euro dan diikat kontrak hingga Juni 2024.

Pemain berusia 23 tahun itu terus menjadi andalan Arsenal di posisi bek kiri hingga saat ini.Walau posisi aslinya adalah bek kiri, Tierney juga bisa bermain di posisi bek tengah.

9. Ryan Sessegnon (27 Juta Euro)

10 Bek Kiri dengan Nilai Transfer Termahal dalam Sejarahskysports.com

Ryan Sessegnon digaet oleh Tottenham Hotspur pada musim panas tahun lalu dari Fulham dengan biaya transfer 27 juta euro. Harga Sessegnon sendiri terbilang cukup mahal untuk pemain berusia 19 tahun.

Sayang, ia hanya memainkan 12 pertandingan di musim lalu dan kini sedang dipinjamkan ke klub Jerman, Hoffenheim.

8. Leonardo Spinazzola (29,5 Juta Euro)

10 Bek Kiri dengan Nilai Transfer Termahal dalam Sejarahskysports.com

Leonardo Spinazzola menghabiskan sebagian besar kariernya bersama Juventus. Sayang, ia gagal mendapatkan tempat inti sehingga sering kali dipinjamkan.

Di musim panas tahun lalu, pemain berusia 27 tahun itu dijual ke AS Roma dengan biaya 29,5 juta euro. Sebagai kesepakatan, Luca Pellegrini bergabung dengan Juventus saat itu.

7. Fabio Coentrao (30 Juta Euro)

10 Bek Kiri dengan Nilai Transfer Termahal dalam Sejarahskysports.com

Mampu tampil apik bersama Benfica, Fabio Coentrao membuat Real Madrid jatuh hati. Biaya sebesar 30 juta euro dikeluarkan oleh Los Blancos demi mendatangkan pemain asal Portugal itu.

Bersama Real Madrid, Coentrao berhasil mempersembahkan banyak gelar, termasuk tiga trofi Piala Dunia Antarklub.

6. Sergio Reguilon (30 Juta Euro)

10 Bek Kiri dengan Nilai Transfer Termahal dalam Sejarahgoal.com

Sergio Reguilon merupakan pemain asli akademi Real Madrid. Sayang, ia tak mampu menembus skuat utama hingga akhirnya beberapa kali dipinjamkan.

Di musim panas tahun ini, pemain berusia 23 tahun itu dibeli oleh Tottenham Hotspur dengan biaya sebesar 30 juta euro.

Baca Juga: 8 Bek Kiri dengan Nilai Transfer Tertinggi, Gak Kalah dari Striker

5. Luke Shaw (37,5 Juta Euro)

10 Bek Kiri dengan Nilai Transfer Termahal dalam Sejarahgoal.com

Luke Shaw digaet oleh Manchester United dari Southampton pada tahun 2014. Pemain asal Inggris tersebut dibeli dengan biaya 37,5 juta euro. Angka yang sepadan dengan kualitas sang pemain saat itu.

Sayang, performa Shaw mulai menurun dalam beberapa musim terakhir. Akibatnya, Manchester United kembali mendatangkan bek kiri baru di musim panas ini, yaitu Alex Telles dari FC Porto.

4. Ferland Mendy (48 Juta Euro)

10 Bek Kiri dengan Nilai Transfer Termahal dalam Sejarahgoal.com

Pada musim panas tahun lalu, Real Madrid berhasil mendaratkan salah satu bek kiri terbaik di Ligue 1, yaitu Ferland Mendy dari Olympique Lyon. Los Blancos harus mengeluarkan biaya cukup besar untuk pemain berusia 25 tahun itu, yakni 48 juta euro.

Kedatangan Mendy sendiri diprioritaskan untuk menjadi penerus Marcelo yang sudah tidak lagi muda di posisi bek kiri.

3. Ben Chilwell (50,2 Juta Euro)

10 Bek Kiri dengan Nilai Transfer Termahal dalam Sejarahfootball.london

Chelsea di bursa transfer musim panas ini melakukan belanja jor-joran dengan mendatangkan banyak pemain baru. Salah satunya adalah pemain dengan harga mahal, yaitu Ben Chilwell.

Bek berusia 23 tahun tersebut diboyong dari Leicester City dengan biaya 50,2 juta euro. Di partai debutnya bersama Chelsea, ia mampu bermain cemerlang dengan menciptakan 1 gol dan 1 assist.

2. Benjamin Mendy (57,5 Juta Euro)

10 Bek Kiri dengan Nilai Transfer Termahal dalam Sejarahdailymail.co.uk

Manchester City memang dikenal cukup royal dalam mengeluarkan biaya untuk transfer pemain. Dalam beberapa kesempatan, Manchester City telah mendatangkan bek-bek termahal, salah satunya adalah Benjamin Mendy. Pemain asal Prancis itu diboyong dari AS Monaco pada tahun 2017 dengan biaya 57,5 juta euro.

Sayang, beberapa cedera mengganggu karier Banjamin Mendy di Manchester City.

1. Lucas Hernandez (80 Juta Euro)

10 Bek Kiri dengan Nilai Transfer Termahal dalam Sejarahas.com

Bek kiri dengan nilai transfer termahal di dunia adalah Lucas Hernandez. Ia dibeli oleh Bayern Munchen dari Atletico Madrid pada musim panas tahun lalu dengan biaya 80 juta euro. Sayangnya, pemain berusia 24 tahun itu masih kalah bersaing dengan Alphonso Davies di posisi bek kiri. Keadaan itu membuat Hernandez sering bermain di posisi bek tengah.

Dengan makin banyaknya pemain muda potensial yang berada di posisi bek kiri, bukan tidak mungkin daftar tersebut akan berubah di bursa transfer mendatang. Dari kesepuluh pemain tersebut, transfer mana yang memberikan dampak paling signifikan?

Baca Juga: 10 Bek Liga Top Eropa dengan Banderol Termahal Saat Ini, Siapa Saja?

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya