Comscore Tracker

5 Negara yang Dijagokan Meraih Emas Sepak Bola di Olimpiade Tokyo 2020

Brasil saat ini berstatus sebagai tim juara bertahan

Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat dinantikan dalam Olimpiade Tokyo 2020. Ajang empat tahunan itu akan dimulai pada bulan depan dengan diikuti sebanyak 16 negara. Turnamen tersebut tercatat akan diselenggarakan pada 22 Juli hingga 7 Agustus 2021.

Ajang Olimpiade Tokyo 2020 sebenarnya tidak hanya mempertontonkan sepak bola pria, tetapi juga sepak bola wanita. Jika melihat aturannya, tercatat hanya pemain kelahiran 1 Januari 1997 yang boleh ikut serta. Selain itu, setiap negara juga boleh memasukkan maksimal 3 pemain yang berusia di atas 24 tahun.

Sedadar informasi, Brasil merupakan juara bertahan dalam turnamen sebelumnya. Termasuk Brasil, berikut ini lima negara yang dijagokan untuk memenangi emas di Olimpiade Tokyo 2020.

1. Jepang 

5 Negara yang Dijagokan Meraih Emas Sepak Bola di Olimpiade Tokyo 2020Takefusa Kubo. (managingmadrid.com)

Sebagai tuan rumah, Jepang tentu sangat dijagokan untuk bisa meraih medali emas dalam turnamen tersebut. Terlebih lagi, sejumlah pemain muda Jepang juga mulai menunjukkan aksinya di kompetisi Eropa. Salah satu nama yang diprediksi bakal menjadi andalan tim nasional Jepang adalah Takefusa Kubo.

Pemain berusia 20 tahun itu sudah sangat berpengalaman di kompetisi elite Eropa. Ia bahkan sempat bermain sebanyak 31 kali musim lalu di LaLiga. Selain itu, pelatih Jepang, Hajime Moriyasu, juga memanggil tiga pemain berpengalaman yang usianya lebih dari 24 tahun, yakni Maya Yoshida (Sampdoria), Hiroki Sakai (Marseille), dan gelandang serang Wataru Endo (Stuttgart).

2. Argentina 

5 Negara yang Dijagokan Meraih Emas Sepak Bola di Olimpiade Tokyo 2020Ezequiel Ponce (kiri) ketika melakukan selebrasi setelah menciptakan gol ke gawang Bolivia. (mundoalbiceleste.com)

Argentina sudah pernah meraih medali emas di ajang Olimpiade sebanyak dua kali. Dengan prestasi tersebut, tidak mengherankan jika Argentina dijagokan dalam edisi tahun ini. Meski skuad muda Argentina tidak terbiasa dengan kondisi cuaca di Jepang, hal tersebut sepertinya tidak terlalu mengganggu kualitas permainan mereka.

Argentina sendiri sudah mengumumkan skuad yang bakal dibawa ke ajang tersebut. Nama-nama seperti Ezequiel Ponce, Thiago Almada, hingga Hernan de la Fuente sepertinya sudah siap untuk menunjukkan performa terbaiknya.

Baca Juga: Petenis Serena Williams Resmi Absen di Olimpiade Tokyo 2020

3. Prancis 

5 Negara yang Dijagokan Meraih Emas Sepak Bola di Olimpiade Tokyo 2020Malang Sarr. (eurosport.com)

Prancis sudah cukup lama tak pernah meraih juara di Olimpiade. Terakhir kali Prancis meraih medali emas adalah pada tahun 1984. Walau begitu, kesempatan Prancis untuk kembali meraih gelar juara terbuka sangat lebar saat ini. Pasalnya, skuad Prancis yang disiapkan untuk Olimpiade Tokyo 2020 terbilang istimewa.

Malang Sarr dan Jonathan Ikone akan menjadi andalan di jantung pertahanan Prancis. Sementara itu, Prancis juga akan diperkuat oleh pemain berpengalaman seperti Florian Thauvin dan Andre-Pierre Gignac. Kylian Mbappe juga sangat berpeluang untuk membantu Prancis dalam ajang Olimpiade tahun ini.

4. Spanyol 

5 Negara yang Dijagokan Meraih Emas Sepak Bola di Olimpiade Tokyo 2020Pau Torres. (fotmob.com)

Meski memiliki nama besar, tim nasional Spanyol nyatanya hanya sekali meraih medali emas dalam turnamen Olimpiade, yaitu pada edisi 1992. Kini Spanyol memiliki banyak pemain muda berkualitas. Para pemain muda tersebut tentu saja diharapkan bisa tampil apik dan membawa medali emas.

Spanyol baru saja mengumumkan skuad yang bakal dibawa ke ajang tersebut. Nama-nama top seperti Unai Simon, Eric Garcia, Pau Torres, Marco Asensio, hingga Dani Ceballos sudah siap untuk tampil mengejutkan.

5. Brasil 

5 Negara yang Dijagokan Meraih Emas Sepak Bola di Olimpiade Tokyo 2020Dani Alves. (skysports.com)

Tugas berat tentu diemban tim nasional Brasil dalam Olimpiade tahun ini. Pasalnya, negara berjuluk Selecao itu harus bisa mempertahankan gelar juara. Modal berharga sebenarnya sudah dikantongi oleh tim muda Brasil itu. Mereka tercatat baru kalah dua kali dari 11 pertandingan terakhir.

Skuad tim nasional Brasil dalam turnamen tersebut tidak main-main. Brasil mengeluarkan komposisi pemain terbaiknya, seperti Malcom, Gabriel Magalhaes, Paulinho, hingga pemain berpengalaman, Dani Alves.

 

Dari kelima negara di atas, kira-kira, siapa yang bakal meraih medali emas dalam turnamen Olimpiade Tokyo 2020?

Baca Juga: Tak Ada Napas, 6 Pemain Spanyol Langsung ke Olimpiade Usai Piala Eropa

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya