Comscore Tracker

10 Pesepak Bola Termahal dari 10 Negara Terkenal, Ada Pemain Chelsea 

Mayoritas transfer termahal terjadi satu dekade terakhir 

Dalam beberapa tahun terakhir, transfer dengan biaya besar sudah menjadi kebiasaan klub-klub elite untuk mendatangkan pemain bintang incarannya. Labih tepatnya dimulai ketika era Gareth Bale pindah ke Real Madrid pada musim 2013/2014. Saat itu, pemain asal Wales ini dibeli dari Tottenham dengan harga 101 juta euro.

Setelahnya, biaya transfer dengan ratusan juta euro sering kali terjadi. Bahkan kepindahan Neymar dari Barcelona ke Paris Saint-Germain membuat rekor transfer baru di dunia mencapai 222 juta euro. Dari sekian transfer termahal di dunia, berikut ini 10 pemain dengan rekor termahal dari beberapa negara yang terkenal akan sepak bolanya.

1. Neymar Jr. – Brasil (222 juta euro) 

10 Pesepak Bola Termahal dari 10 Negara Terkenal, Ada Pemain Chelsea goal.com

Penampilan apik Neymar bersama Barcelona membuat Paris Saint-Germain rela untuk mengaktifkan klausul pelepasan sang pemain yang berada di angka 222 juta euro. Transfer yang terjadi pada musim panas 2017 ini sekaligus menggeser biaya transfer milik Paul Pogba sebesar 105 juta euro, yang sebelumnya memegang rekor pemain termahal. Neymar sendiri berhasil mengantarkan PSG ke final Liga Champions untuk pertama kalinya musim lalu.

2. Kylian Mbappe – Prancis (180 juta euro) 

10 Pesepak Bola Termahal dari 10 Negara Terkenal, Ada Pemain Chelsea eurosport.fr

Rekan setim Neymar, Kylian Mbappe menjadi wakil dari negara Prancis. Pemain muda berusia 21 tahun ini diboyong PSG dari AS Monaco dengan biaya mencapai 180 juta euro pada musim panas 2018, setelah dipinjam selama semusim. Meski terbilang cukup mahal sebagai pemain muda, Mbappe mampu membayar semua itu dengan kualitas di atas lapangan.

3. Joao Felix – Portugal (126 juta euro) 

10 Pesepak Bola Termahal dari 10 Negara Terkenal, Ada Pemain Chelsea en.as.com

Setelah tampil gemilang bersama Benfica, Joao Felix didatangkan Atletico Madrid pada musim panas 2019. Biaya yang ditebus Atletico untuk mendapatkan wonderkid asal Portugal ini mencapai 126 juta euro. Ia diplot untuk menggantikan peran Antoine Griezmann yang memilih hengkang ke Barcelona. Meski sedikit kesulitan di musim debutnya bermain di LaLiga, Felix masih punya waktu untuk memperbaiki semua itu mengingat umurnya yang masih muda, yakni 20 tahun.

4. Eden Hazard – Belgia (115 juat euro) 

10 Pesepak Bola Termahal dari 10 Negara Terkenal, Ada Pemain Chelsea espn.co.uk

Eden Hazard menjadi pemain Belgia termahal dalam sejarah. Mantan pemain Chelsea ini diboyong oleh Real Madird pada musim panas tahun lalu dengan biaya 115 juta euro. Sempat diprediksi akan menjadi bintang di Santiago Bernabeu, Hazard malah mengalami musim perdana yang kurang berkesan karena sering diterpa cedera.

5. Gonzalo Higuain – Argentina (90 juta euro) 

10 Pesepak Bola Termahal dari 10 Negara Terkenal, Ada Pemain Chelsea fourfourtwo.com

Pemain Argentina dengan biaya transfer termahal saat ini dipegang oleh Gonzalo Higuain dengan harga 90 juta euro. Transfer tersebut terjadi pada musim panas 2016 ketika Juventus memboyongnya dari sesama klub Italia, Napoli. Juventus harus merogoh kocek cukup dalam karena Higuain berhasil meraih gelar top skor di musim sebelumnya. Kini ia bermain untuk klub Amerika Serikat, Inter Miami.

Baca Juga: 10 Pemain Belanda dengan Transfer Termahal, Matthijs de Ligt Teratas!

6. Harry Maguire – Inggris (87 juta euro) 

10 Pesepak Bola Termahal dari 10 Negara Terkenal, Ada Pemain Chelsea dailymail.co.uk

Sejak era Nemanja Vidic dan Rio Ferdinand, Manchester United terlihat sedikit kesulitan untuk mencari bek tangguh. Harapan tersebut sempat muncul ketika United merekrut Harry Maguire dari Leicester City dengan harga 87 juta euro pada musim panas 2019. Angka tersebut sekaligus menjadikan ia sebagai bek termahal di dunia. Namun kualitas yang ditunjukkan oleh Maguire sejauh ini masih belum sesuai harapan. Bahkan ia kerap kali dikritik karena performanya yang buruk.

7. Matthijs de Ligt – Belanda (85,5 juta euro) 

10 Pesepak Bola Termahal dari 10 Negara Terkenal, Ada Pemain Chelsea nu.nl

Matthijs de Ligt menjadi pemain Belanda dengan transfer termahal sejauh ini. Transfer tersebut terjadi saat ia memilih untuk bergabung bersama Juventus pada musim panas tahun lalu. Ia dibeli dari Ajax dengan biaya mencapai 85,5 juta euro. Nilai tersebut sekaligus menggeser Virgil van Dijk yang sebelumnya sempat menjadi pemain Belanda termahal. De Ligt sendiri diikat Juventus hingga Juni 2024.

8. Kai Havertz – Jerman (80 juta euro) 

10 Pesepak Bola Termahal dari 10 Negara Terkenal, Ada Pemain Chelsea worldsportstale.com

Transfer Kai Havertz dari Bayer Leverkusen ke Chelsea bukan hanya menjadikan sang pemain sebagai pembelian termahal Chelsea sepanjang sejarah, tetapi juga tercatat sebagai rekor di negara Jerman. Havertz sendiri tampil menjanjikan bersama Leverkusen musim lalu dan menciptakan beberapa rekor di Budesliga. Pemain berusia 21 tahun ini datang ke Stamford Bridge sebagai bagian dari jendela transfer paling boros Chelsea yang menghabiskan lebih dari 200 juta euro.

9. Kepa Arrizabalaga – Spanyol (80 juta euro) 

10 Pesepak Bola Termahal dari 10 Negara Terkenal, Ada Pemain Chelsea goal.com

Kepa direkrut Chelsea dari Atletic Bilbao pada musim panas 2018 dengan biaya 80 juta euro. Angka tersebut sekaligus menjadikan ia sebagai kiper termahal di dunia. Kiper berusia 25 tahun ini didatangkan untuk menggantikan peran Thibaut Courtois yang memilih pindah ke Real Madrid. Setelah musim debutnya yang relatif solid, Kepa mengalami musim yang cukup buruk pada musim lalu hingga awal musim ini. Sehingga Chelsea langsung bergerak cepat dengan mendatangakan kiper baru yaitu Eduoard Mendy dari Rennes.

10. Jorginho – Italia (57 juta euro) 

10 Pesepak Bola Termahal dari 10 Negara Terkenal, Ada Pemain Chelsea beinsports.com

Jorginho menjadi pemain ketiga Chelsea yang berada di daftar ini. Pemain berusia 28 tahun ini menjadi rekor transfer termahal dalam sejarah Italia setelah direkrut Chelsea pada musim panas 2018  dengan harga 57 juta euro. Saat itu, Chelsea dilatih oleh Maurizio Sarri yang merupakan pelatih Jorginho di Napoli. Musim ini menjadi periode ketiga Jorginho bersama The Blues. Ia masih memiliki kontrak hingga Juni 2023.

Itu tadi sepuluh transfer termahal dari sepuluh negara yang terkenal sepak bolanya. Chelsea mendominasi daftar dengan mencatatkan tiga rekor transfer untuk tiga negara berbeda.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Southampton, Jago Cari Untung!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya