5 Pemain Chelsea yang Bergabung dengan AS Roma sebelum Romelu Lukaku

Ada yang raih trofi dan tidak sedikit yang gagal

Menjelang penutupan bursa tranfer musim panas 2023, AS Roma mengumumkan kedatangan Romelu Lukaku. Striker berpaspor Belgia tersebut didatangkan dengan status pinjaman dari Chelsea. Ia akan berseragam I Giallorossi selama 1 musim dan mengenakan jersey bernomor punggung 90.

Sebelum Romelu Lukaku, sudah ada sejumlah pemain Chelsea yang juga memutuskan pindah ke AS Roma. Ada yang hijrah secara permanen, ada pula yang cuma dipinjam layaknya Lukaku. Siapa saja penggawa The Blues yang hengkang ke rival sekota Lazio tersebut dan seperti apa karier mereka di Italia?

1. Tammy Abraham mengakhiri dahaga trofi AS Roma di kompetisi Eropa

5 Pemain Chelsea yang Bergabung dengan AS Roma sebelum Romelu LukakuTammy Abraham (instagram.com/tammyabraham)

Tammy Abraham merupakan jebolan akademi Chelsea yang menembus tim utama pada 2016. Sayangnya, kariernya bersama The Blues memang tidak berjalan mulus. Meskipun menjadi anggota tim London Biru yang memenangi UEFA Champions League 2020/2021, striker Timnas Inggris ini bukan menjadi pilihan utama.

Sempat dipinjamkan ke Swansea City dan Aston Villa, Abraham setuju pindah ke AS Roma pada Agustus 2021. Jika dibandingkan masih di London, ia memang lebih sering turun menjadi starter saat berseragam I Giallorossi. Sejauh ini, Abraham bahkan bisa menggenggam trofi UEFA Europa Conference League 2021/2022 sebagai pemain utama.

2. Pedro akhirnya membelot ke rival sekota

5 Pemain Chelsea yang Bergabung dengan AS Roma sebelum Romelu LukakuPedro (twitter.com/_pedro17_)

Setelah meraih banyak trofi bersama Barcelona, termasuk treble winners 2008/2009 dan 2014/2015, Pedro bergabung dengan Chelsea pada Agustus 2015. Cuma butuh setahun beradaptasi, winger asal Spanyol ini membawa The Blues memenangi English Premier League 2016/2017. Musim berikutnya, ia merebut FA Cup, dilanjutkan dengan gelar UEFA Europa League 2018/2019.

Lima musim merumput di Inggris, Pedro setuju pindah ke AS Roma pada Agustus 2020 sebagai agen bebas. Sayangnya, kebersamaannya dengan I Lupi tidak berlangsung lama. Cuma 1 musim, ia membelot ke rival sekota, Lazio, sekaligus menjadi pemain pertama yang melakukannya sejak Astutillo Malgioglio pada 1985 silam.

Baca Juga: 4 Pemain Leverkusen yang Pindah ke AS Roma, Sardar Azmoun Terbaru

3. Davide Zappacosta gagal tampil maksimal di Kota Roma

5 Pemain Chelsea yang Bergabung dengan AS Roma sebelum Romelu LukakuDavide Zappacosta (chelseafc.com)

Chelsea mendatangkan Davide Zappacosta menjelang penutupan bursa transfer musim panas 2017. Pada musim perdana, bek berpaspor Italia tersebut bermain reguler dan langsung mengantarkan The Blues menjuarai FA Cup. Semusim berikutnya, walau sukses memenangi UEFA Europa League, posisinya di lini belakang Chelsea terus tergusur.

Sepanjang 2019/2020, Zappacosta dipinjamkan ke AS Roma. Sayangnya, cedera ligamen membuatnya gagal tampil maksimal. Musim berikutnya, ia dipinjamkan lagi, kali ini ke Genoa. Setelah itu, Chelsea melepas Zappacosta secara permanen ke Atalanta pada Agustus 2021, klub yang pernah dibelanya pada 2014 lalu.

4. Mohamed Salah temukan ketajamannya di Italia

5 Pemain Chelsea yang Bergabung dengan AS Roma sebelum Romelu LukakuMohamed Salah (twitter.com/ASRomaEN)

Bersinar bersama Liverpool, mungkin banyak yang lupa kalau Mohamed Salah juga pernah memperkuat Chelsea. Pemain asal Mesir tersebut sempat berseragam The Blues pada 2014 lalu. Sayangnya, kariernya di Kota London memang tidak berjalan mulus dan lebih sering dipinjamkan.

Nah, salah satu klub yang sempat meminjam mantan pemain FC Basel ini adalah AS Roma pada 2015/2016. Sepanjang masa peminjaman, Salah tampil moncer, membuat 14 gol dalam 34 pertandingan Serie A. Ia pun dikontrak secara permanen I Giallorossi sebelum akhirnya bergabung dengan Liverpool dan menggapai kejayaan di Anfield.

5. Ashley Cole cuma sejenak merumput bareng Serigala Roma

5 Pemain Chelsea yang Bergabung dengan AS Roma sebelum Romelu LukakuAshley Cole (twitter.com/asromaen)

Kepindahan Ashley Cole dari Arsenal ke Chelsea pada 2006 lalu sempat membuat heboh. Ia dianggap berkhianat fans The Gunners. Namun, Cole tidak menggubris situasi tersebut dan terus menggapai gelar bareng The Blues, termasuk titel juara UEFA Champions League yang tidak pernah diraihnya selama membela Arsenal.

Setelah 8 musim merumput di Stamford Bridge, Cole pindah ke AS Roma secara gratis. Pada usianya yang sudah mulai menua, ia praktis tidak menjadi pilihan reguler di tim asal Italia tersebut, cuma memainkan sebelas laga Serie A. Hanya 2 musim di Roma, Cole menjajal kompetisi Major Leage Soccer (MLS) Amerika Serikat dan bergabung dengan LA Galaxy.

Dari sederet pemain Chelsea yang memilih pindah ke AS Roma, sejauh ini memang baru Tammy Abraham yang sukses meraih trofi. Apakah Romelu Lukaku juga mampu mengikuti jejak striker asal Inggris tersebut? Sebaliknya, ataukah dia tampil di bawah ekspektasi?

Baca Juga: 5 Kesepakatan Transfer Terakhir antara PSG dan AS Roma

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya