5 Pemain Ini Juara Liga Champions setelah Pindah dari Tottenham

Apakah Harry Kane juga mampu melakukannya?

Tottenham Hotspur merupakan klub menjanjikan di kancah sepak bola Inggris. Klub asal London Utara tersebut dihuni pemain-pemain berbakat. Sayangnya, mereka belum bisa memenangi kompetisi domestik pada era English Premier League. Trofi terakhir di pentas Eropa pun sudah sangat lama tidak hadir ke Tottenham Hotspur Stadium, yakni sejak 1983/1984 saat menjuarai UEFA Cup.

Tidak heran jika kemudian banyak pemain yang memilih hengkang dari klub berjuluk The Lilywhites tersebut. Beberapa akhirnya meraih trofi bergengsi. Tidak hanya liga domestik, tetapi juga UEFA Champions League. Siapa saja mantan pemain Tottenham Hotspur yang sukses merebut Si Kuping Besar bersama klub barunya?

1. Teddy Sheringham merengkuh treble winners bareng Manchester United

5 Pemain Ini Juara Liga Champions setelah Pindah dari TottenhamTeddy Sheringham (twitter.com/ManUtd_ID)

Teddy Sheringham cukup lama membela Tottenham Hotspur, yakni pada 1992—1997. Selama 5 musim di London Utara, ia menciptakan 75 gol dalam 166 pertandingan di liga domestik. Sayangnya, mantan penyerang Timnas Inggris tersebut gagal meraih gelar bergengsi bersama The Lilywhites.

Pada Juni 1997, Sheringham setuju pindah ke Manchester United. Diplot menggantikan Eric Cantona yang pensiun, ia cuma membawa MU menjuarai Charity Shield pada musim perdananya. Namun, pada musim selanjutnya, pemain kelahiran London tersebut sukses memberikan treble winners untuk Setan Merah, termasuk titel juara UEFA Champions League.

2. Michael Carrick mengikuti jejak Teddy Sheringham yang sukses di Old Trafford

5 Pemain Ini Juara Liga Champions setelah Pindah dari TottenhamMichael Carrick (twitter.com/ChampionsLeague)

Michael Carrick datang ke Tottenham Hotspur dari West Ham United pada medio 2004. Gelandang kelahiran Wallsend ini langsung menjadi salah satu pilar klub London Utara. Tidak mengherankan jika kemudian Manchester United kepincut dan meminangnya pada musim panas 2006.

Bermain bersama nama-nama top, seperti Cristiano Ronaldo, Ryan Giggs, dan Wayne Rooney, tidak butuh waktu lama bagi Carrick untuk meraih trofi bergengsi. Pada musim perdana, ia langsung merebut titel juara Premier League. Musim berikutnya, Carrick menjadi bagian klub Setan Merah yang menjuarai UEFA Champions League.

Baca Juga: 6 Klub Kejutan yang Mentas di Liga Champions Eropa 2023/2024

3. Luka Modric merebut Si Kuping Besar lebih dari sekali

5 Pemain Ini Juara Liga Champions setelah Pindah dari TottenhamLuka Modric (twitter.com/ChampionsLeague)

Luka Modric cukup lama membela Tottenham Hotspur, yakni pada 2008—2012. Gelandang asal Kroasia ini sebenarnya tampil sangat baik dan menjadi motor serangan klub asal London Utara. Sayangnya, selama kurun waktu tersebut, ia gagal meraih trofi bergengsi.

Tidak heran jika Modric langsung mengiyakan tawaran Real Madrid pada musim panas 2012. Bersama raksasa Spanyol tersebut, ia akhirnya meraih banyak gelar, termasuk lima kali juara UEFA Champions League. Bahkan, pada 2018, dirinya dinobatkan sebagai pemenang Ballon d'Or.

4. Gareth Bale langsung mencetak gol di final Liga Champions Eropa

5 Pemain Ini Juara Liga Champions setelah Pindah dari TottenhamGareth Bale (twitter.com/ChampionsLeague)

Nasib Gareth Bale kurang lebih sama dengan Luka Modric. Ia cukup lama memperkuat Tottenham Hotspur (2007—2013). Sayangnya, winger asal Wales tersebut hanya meraih trofi Football League Cup 2007/2008 selama mengabdi di White Hart Lane, kandang lawas Tottenham Hotspur.

Setelah 6 tahun bermain di London, Bale setuju hengkang ke Real Madrid dan mencetak rekor transfer kala itu. Pada musim perdana, ia langsung mengantarkan Los Blancos merebut trofi UEFA Champions League. Bahkan, Bale turut membuat sebiji gol saat El Real menghabisi Atletico Madrid di laga final.

5. Kyle Walker memberikan titel juara Liga Champions perdana kepada Manchester City

5 Pemain Ini Juara Liga Champions setelah Pindah dari TottenhamKyle Walker (twitter.com/ChampionsLeague)

Kyle Walker pertama kali tiba di Tottenham Hotspur pada Juli 2009. Pada awal kedatangannya, bek asal Inggris ini lebih sering dipinjamkan, termasuk ke Sheffield United dan Queens Park Rangers. Setelah itu, ia berkembang menjadi salah satu bek kanan tangguh di pentas Premier League.

Sayangnya, Walker tidak mendapatkan satu pun trofi selama berseragam Tottenham Hotspur. Ia pun memutuskan hengkang ke Manchester City pada Juli 2017. Bersama The Sky Blues, pemain Timnas Inggris ini akhirnya merebut banyak gelar, termasuk titel juara UEFA Champions League 2022/2023. Itu merupakan trofi Eropa pertama untuk Manchester City.

Pada bursa transfer musim panas 2023, Harry Kane yang telah menjadi ikon Tottenham Hotspur juga memutuskan angkat koper setelah membela klub tersebut mulai pada 2009. Ingin mendapatkan gelar juara menjadi alasan ia setuju hengkang ke Bayern Munich. Biasakah kapten Timnas Inggris itu merebut trofi bergengsi, termasuk Liga Champions, bersama Die Roten?

Baca Juga: 5 Tim Kuda Hitam Siap Beri Kejutan di Liga Champions 2023/2024

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya