5 Pemain yang Dilempar Uang selain Gianluigi Donnarumma

Dituding mata duitan

Gianluigi Donnarumma menjadi sorotan saat Paris Saint-Germain melawat ke kandang AC Milan pada 8 November 2023 lalu. Bukan karena klub yang dibelanya kalah 1-2, tetapi perlakuan fans Rossoneri terhadap dirinya. Penjaga gawang Timnas Italia tersebut dilempari uang palsu oleh suporter tuan rumah.

Donnarumma adalah jebolan akademi AC Milan dan mulai memperkuat klub tersebut pada 2015. Namun, pada 2021, ia menolak perpanjangan kontrak dan memutuskan pindah ke Prancis sebagai agen bebas. Loyalis AC Milan sontak marah dan menganggapnya sebagai pengkhianat sekaligus mata duitan.

Sebelum Donnarumma, ada beberapa pemain yang juga mengalami kejadian serupa. Rata-rata memang dituding mata duitan dan rela pindah klub semata-mata karena bayaran yang lebih tinggi. Siapa saja para pesepak bola yang menerima perlakuan tidak menyenangkan tersebut?

1. Jesse Lingard dilempar uang mainan karena tidak tahu terima kasih

5 Pemain yang Dilempar Uang selain Gianluigi DonnarummaJesse Lingard (twitter.com/JesseLingard)

Jesse Lingard mendapatkan perlakuan tidak mengenakkan dalam debut kandangnya untuk Nottingham Forest di pentas English Premier League pada Agustus 2022 lalu. Kala itu, ia dilempari uang mainan oleh pendukung West Ham United. Untung saja, eks pemain Manchester United itu bisa tersenyum pada akhir laga karena klubnya menang dengan skor 1-0.

Aksi lempar uang diduga karena fans The Hammers kecewa dengan keputusan Lingard. Klub asal London itu pernah menampung Lingard sebagai pemain pinjaman ketika terpinggirkan di Manchester United. Namun, saat Setan Merah melepasnya secara permanen, sang pemain justru memilih bergabung dengan Nottingham Forest.

2. Aaron Ramsdale malah mengumpulkan koin yang dilempar fans

5 Pemain yang Dilempar Uang selain Gianluigi DonnarummaAaron Ramsdale (instagram.com/aaronramsdale)

Kejadian pelemparan uang oleh fans juga menimpa Aaron Ramsdale. Momen itu terjadi saat klubnya, Arsenal, bertandang ke markas Leeds United pada Desember 2021 lalu. Ketika The Gunners mencetak gol, Ramsdale merayakannya di depan suporter tuan rumah. Merasa tersinggung, suporter Leeds United melakukan aksi pelemparan koin.

Alih-alih marah, Ramsdale justru mengumpulkan koin-koin yang dilemparkan fans kepadanya. Saat istirahat babak pertama, ia membungkusnya dengan handuk dan meletakkannya di ruang ganti. Kabarnya, setelah pertandingan berakhir, Ramsdale berhasil mendapatkan Rp327 ribu dari koin yang ia kumpulkan.

Baca Juga: 5 Kiper Italia yang Pernah Bermain di Liga Prancis Sebelum Donnarumma

3. Neymar Jr dilempar uang mainan dan mendapat ejekan dari suporter Bayern Munich

5 Pemain yang Dilempar Uang selain Gianluigi DonnarummaNeymar Jr (en.psg.fr)

Partai Liga Champions Eropa pada Desember 2017 lalu melawan Bayern Munich di Allianz Arena sangat tidak menyenangkan bagi Neymar Jr. Bukan cuma klub yang ia bela, Paris Saint-Germain, harus mengakui keunggulan tuan rumah 1-3. Pemain berpaspor Brasil tersebut juga mendapatkan perlakuan tidak mengenakkan dari suporter Die Roten.

Para pendukung tuan rumah melempari Neymar Jr dengan uang kertas 500 euro. Bukan uang asli, tetapi sudah dipalsukan. Fans menaruh gambar mantan pemain Barcelona itu di tengahnya. Hal tersebut diduga menjadi cara suporter untuk menyindir harga selangit Neymar Jr ketika dirinya pindah dari Spanyol ke klub Prancis.

4. Joey Barton justru berterima kasih karena dilempari koin oleh fans lawan

5 Pemain yang Dilempar Uang selain Gianluigi DonnarummaJoey Barton (premierleague.com)

Dalam laga Queens Park Rangers kontra Stoke City pada 19 November 2011 silam, Joey Barton mengaku dilempari uang oleh fans Stoke City. Peristiwa itu terjadi saat kapten QPR tersebut hendak mengambil tendangan pojok. Bukannya marah, Barton malah berterima kasih sambil berseloroh bahwa ia akan memberikan koin itu ke lembaga amal.

Di Premier League, nama Barton memang cukup terkenal. Bukan karena prestasi yang sudah ditorehkan, tetapi sejumlah kontroversi yang sering ia lakukan. Mantan pemain Newcastle United dan Burnley tersebut bahkan pernah dihukum larangan berlaga di kompetisi resmi selama 18 bulan oleh FA karena terlibat judi.

5. Luis Figo dilempari uang mainan karena meninggalkan luka untuk pendukung Barcelona

5 Pemain yang Dilempar Uang selain Gianluigi DonnarummaLuis Figo (twitter.com/ChampionsLeague)

Hengkangnya Luis Figo dari Barcelona ke Real Madrid pada Juli 2000 silam adalah salah satu transfer paling mengejutkan dalam sejarah sepak bola. Pasalnya, kala itu pemain asal Portugal tersebut sedang menjadi idola fans Barca. Kepindahannya ke seteru klasik otomatis membuat suporter marah besar dan menudingnya sebagai pengkhianat.

Saat El Real bertandang ke Camp Nou pada Oktober 2000, fans meluapkan amarah mereka. Bukan cuma botol dan jeruk, tetapi juga kepala babi melayang ke lapangan. Sementara itu, meski tidak dilemparkan, suporter tuan rumah juga membawa uang palsu bergambar kepala dirinya dengan kalimat sindiran "Figo Pestero" yang bisa diartikan 'Figo mata duitan'.

Dalam partai LaLiga Spanyol antara Athletic Bilbao kontra Barcelona pada 13 Maret 2023 lalu juga memunculkan kejadian unik. Saat itu, suporter Athletic Bilbao melakukan aksi pelemparan uang palsu ke lapangan. Bukan ditujukan untuk satu pemain, tetapi seluruh anggota tim Barca seiring kabar skandal korupsi yang melibatkan klub asal Catalan tersebut.

Baca Juga: Donnarumma Disawer Uang Palsu di San Siro, Kok Bisa?

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya