9 Trik Ikonik dalam Sepak Bola yang Diambil dari Nama Pemain

Siapa yang bisa menirunya?

Ada banyak trik dalam sepak bola. Kamu pasti sudah familier dengan rabona kick yang pernah dilakukan Erik Lamela. Ada pula the elastico yang identik dengan Rivelino dan Ronaldinho atau Marseille roulette yang kerap diperagakan Zinedine Zidane semasa jayanya.

Nah, dari sekian banyak trik yang ada dalam olah kulit bundar, beberapa di antaranya dijuluki sesuai dengan nama pemain yang pertama kali memopulerkannya. Di kemudian hari, trik ini akhirnya dipakai oleh banyak pesepak bola masa kini. Lalu, apa saja trik tersebut?

1. Panenka Kick

Seperti namanya, istilah panenka kick diambil dari nama legenda Cekoslowakia (saat ini Republik Ceko), Antonin Panenka. Ia adalah orang pertama yang melakukan teknik mencungkil bola tersebut saat mengeksekusi sepakan penalti di partai final Euro 1976 kontra Jerman Barat.

2. The Pele Runaround

https://www.youtube.com/embed/-UzRsvCsC4c

Ini adalah gerakan mengecoh lawan yang pertama kali diperagakan Pele pada pertandingan Piala Dunia 1970 antara Brazil melawan Uruguay. Pele runaround bahkan pernah dibahas dalam buku Scientific Soccer of the Seventies yang ditulis sejarawan sepak bola, Kenneth MacDonald.

3. The Garrincha Feint

https://www.youtube.com/embed/qOwE-S6cJBc

Teknik ini dilakukan oleh legenda Brazil, Garrincha, yang 'menggerakkan' tubuh seseorang, bukan bola, ke satu arah sebelum berlari tajam ke arah yang berlawanan. Clarence Seedorf pernah menghidupkan lagi gaya tersebut saat ia berseragam Botafogo pada tahun 2013 silam.

4. Cruyff Turn

https://www.youtube.com/embed/SbYV0g0r0NU

Gerakan ini pertama kali dipamerkan legenda Belanda, Johan Cruyff, dalam gelaran Piala Dunia 1974. Memungkinkan perubahan arah yang tajam untuk mengelabui lawan, Cruyff turn akhirnya kerap diaplikasikan dalam permainan sepak bola modern, termasuk oleh kiper.

5. La Cuauhteminha

Trik ini memang identik dengan mantan penyerang Timnas Meksiko, Cuauhtemoc Blanco. Sering juga disebut dengan blanco hop. pemain itu menjepit bola lalu meloncat untuk menghindari kepungan bek lawan. Walau mungkin terlihat sangat kartun, itu cukup efektif.

Baca Juga: 5 Pemain Sepak Bola Era Modern dengan Ciri Khas Kaus Kaki Pendek

6. Berba Spin

https://www.youtube.com/embed/KKNZDP-iRE4

Cristiano Ronaldo memang membuat dua gol saat MU bersua West Ham pada tahun 2008 silam. Namun, Dimitar Berbatov mencuri atensi karena melahirkan jurus baru saat mencegah bola keluar sekaligus melewati lawan. Akhirnya, skill tersebut dikenal sebagai Berba spin.

7. Ronaldo Chop

https://www.youtube.com/embed/95uKj_rBcjg

Ini adalah trik yang identik dengan Cristiano Ronaldo. Berlari lurus, biasanya di sisi lapangan, Ronaldo lantas melakukan chop untuk membantunya menuju gawang dengan mengubah arah berlari tanpa melambat. Ia pun sering mencetak gol yang diawali dengan teknik ini.

8. McGeady Spin

Trik cerdik ini dilakukan pemain berpaspor Irlandia, Aiden McGeady. Variasi dari Marseille turn, ia memainkan bola dari satu kaki ke kaki berikutnya, lalu membalikkan seluruh gerakan ke dalam dan berputar. Teknik ini bahkan telah dimasukkan dalam seri video game FIFA EA Sports.

9. Bolasie Flick

Trik ini diambil dari nama pemain Crystal Palace asal DR Congo, Yannick Bolasie. Ia menarik bola ke belakang, lalu memindahkannya ke kaki lainnya dengan sekejap. Setelah itu, bola dicungkil melewati hadangan lawan. Sebuah teknik yang pasti sangat sulit ditiru pemain lainnya.

 

Sepak bola memang bukan sekadar angka, menang, atau kalah. Ada keindahan di baliknya, termasuk melalui olah bola yang diperagakan oleh para pemain.

Baca Juga: 6 Suka Duka Menjadi Penggemar Sepak Bola, Fans Bola Pasti Paham!

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya