5 Kiper Terbaik di Liga Portugal pada Paruh Pertama 2023/2024

Mayoritas bukan berasal dari tim raksasa Portugal

Liga Portugal menjadi salah satu liga sepak bola yang patut diperhitungkan dalam beberapa tahun terakhir. Pasalnya, liga ini kerap menjadi awal mula karier sejumlah pemain bintang berkelas dunia sebelum memulai kiprahnya bersama klub raksasa di liga top Eropa.

Dalam beberapa musim terakhir, terdapat juga kiper di Liga Portugal yang mampu mencuri perhatian. Kini, mereka sudah menjadi andalan sejumlah klub besar Eropa, seperti Jan Oblak, Ederson Moraes, Rui Patrício, Odysseas Vlachodimos, dan lainnya. 

Pada paruh pertama 2023/2024, tercatat ada lima kiper terbaik di Liga Portugal versi Opta Analyst yang patut disorot. Menariknya, kiper terbaik itu kini tidak selalu datang dari tim-tim raksasa Portugal.

1. Marcelo Carne dipercaya sebagai andalan Estoril Praia

5 Kiper Terbaik di Liga Portugal pada Paruh Pertama 2023/2024Marcelo Carné saat membela Esoril Praia. (instagram.com/mhpcarne)

Marcelo Carne merupakan kiper yang sedang naik daun di Liga Portugal. Ia berhasil membuktikan kemampuannya ketika membela Estoril Praia sejak musim panas 2023. Sebelumnya, ia hanya dipandang sebagai pemain buangan karena tidak mendapat kesempatan bermain. 

Awalnya, kiper asal Brasil ini hanya dipilh sebagai pengganti dan baru diturunkan pada pekan kelima. Pada kesempatan itu, ia berhasil menunjukkan kemampuan yang sebenarnya meski tidak muda lagi. Carne mampu menggagalkan 2,4 gol dari nilai xgot conceded sebesar 11,4 yang dikurangi kemasukan 9 gol.

2. Anatolii Trubin dipasang sebagai kiper utama Benfica

5 Kiper Terbaik di Liga Portugal pada Paruh Pertama 2023/2024Anatoliy Trubin saat membela Benfica. (instagram.com/anatoliytrubin81)

Anatolii Trubin berhasil mencuri perhatian selama membela Benfica sejak musim panas 2023. Ia menjadi pilihan tepat Benfica untuk menggantikan peran Odysseas Vlachodimos yang hengkang ke Nottingham Forest. Sebelumnya, ia sudah menjadi penjaga gawang andalan Shakthar Donetsk sejak dipromosikan ke tim senior pada 2020/2021.

Dalam tiga pertandingan perdana, Trubin hanya didapuk sebagai kiper cadangan. Setelah itu, ia terus dipilih sebagai penjaga gawang utama As Aguias. Ia pun patut dimasukkan ke dalam kiper terbaik karena meraup skor menggagalkan gol sebesar 2,9 dari selusih nilai xgot conceded 6,9 dan kemasukan 4 gol. 

Baca Juga: 3 Kiper Amerika Serikat yang Berkarier di Premier League 2023/2024

3. Bruno Varela terpilih sebagai kiper andalan Vitoria SC

5 Kiper Terbaik di Liga Portugal pada Paruh Pertama 2023/2024Bruno Varela saat memperkuat Vitoria Guimaraes. (instagram.com/brunovarela12)

Bruno Varela bergabung ke Vitoria Guimaraes pada musim panas 2020 dengan status bebas transfer. Sebelum itu, ia hanyalah kiper buangan yang tidak memperoleh jam terbang tinggi bersama klub-klub lamanya. Ia tercatat pernah membela klub besar, seperti Benfica dan Ajax Amsterdam. 

Keputusan bergabung dengan Os Conquistadores begitu tepat. Kini, ia dipilih sebagai kiper utama timnya. Bahkan, pada 2023/2024, ia layak dimasukkan ke dalam salah satu kiper terbaik di Liga Portugal. Berdasarkan statistik, Varela memiliki skor menahan gol 4,9 yang berasal dari selisih nilai xgot conceded 17,9 dan kemasukan 13 gol.

4. Luiz Junior diandalkan sebagai penjaga gawang Famalicao

5 Kiper Terbaik di Liga Portugal pada Paruh Pertama 2023/2024Luiz Júnior ketika membela Famalicao. (instagram.com/luizjr_31)

Luiz Junior dipilih sebagai penjaga gawang utama Famalicao sejak 2020/2021 ketika masih berusia 19 tahun. Sejak saat itu, klub asal Vila Nova de Famalicão ini selalu mempercayakannya sebagai pengawal di depan mistar gawang. Sebelumnya, Junior sempat membela klub lokal di Brasil, Mirassol-SP. 

Kiper berkebangsaan Brasil ini belum pernah diturunkan sebagai cadangan sepanjang 2023/2024. Ia pun sudah mengantarkan 4 tanpa kebobolan atau clean sheet dalam 15 pertandingan Liga Portugal. Sedangkan, skor penyelamatannya sebesar 5,1 dari margin xgot conceded sebesar 19,10 dan kebobolan 14 gol.

5. Ricardo Velho didapuk sebagai kiper terbaik Liga Portugal 2023/2024

5 Kiper Terbaik di Liga Portugal pada Paruh Pertama 2023/2024Ricardo Velho saat memperkuat Farense. (instagram.com/ricardovelho_33)

Ricardo Velho layak didapuk sebagai kiper terbaik di Liga Portugal. Bahkan, kiper Farense ini terus menerus menjadi sorotan belakangan ini lantaran berulang kali mendapatkan penghargaan Man of the Match di Liga Portugal. Ia pun dikenal punya kecepatan dan refleks yang amat baik.

Berdasarkan statistik Opta Analyst, pemain jebolan akademi Sporting Braga ini punya skor penyelamatan sebesar 8,7. Hasil itu didapat dari nilai xgot conceded yang mencapai 21,7 dan hanya kebobolan sebanyak 13 gol. Selain itu, Velho pun sudah mengantongi rekor 4 clean sheet dari 14 laga. 

Kelima kiper di atas memiliki rekor penyelamatan yang begitu besar sehingga kerap membuat frustrasi penyerang lawan. Namun, dalam statistik Opta Analyst, diketahui bahwa penjaga gawang dari tim-tim kecil Portugal cenderung punya penyelamatan lebih tinggi. Sebaliknya, kiper tim raksasa justru punya xgol conceded yang lebih sedikit karena tak banyak mendapat serangan.

Baca Juga: 5 Pemain Skandinavia yang Bersinar di Liga Portugal pada 2023/2024

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya